Menentukan Nilai Bisnis

Posted by on Feb 7, 2012 in Bisnis | 19 comments

Menentukan Nilai Bisnis

Menjadi sangat menarik ketika seorang Pebisnis ataupun seorang Marketer dihadapkan pada pertanyaan ; “ Bagaimana Anda menggambarkan nilai Bisnis Anda?” . Pertanyaan ini menjadi sulit atau lebih tepatnya tidak mudah dijawab adalah karena memang situasi sekarang secara umum berada pada keadaan ekonomi yang tidak pasti. Secara analitis, ada sejumlah factor yang dapat membantu kita untuk menentukan berapa besar cakupan “Business Value” dari bisnis yang kita kelola (jalankan).

 

Ini dalah artikel pertama saya di awal tahun 2012. Setelah seprti tidak punya waktu luang, Saya benar-benar menyempatkan diri untuk menulis topic ini. Seorang teman lama tiba tiba terlibat diskusi hangat dengan saya di awal minggu. Ini sekaligus membangkitkan semangat menulis dan inspirasi yang tak terbendung untuk saya bagikan kepada Anda semua.

 

Saya tidak akan berbicara Business Valuation secara akademis, Saya hanya akan berusaha menyampaikan beberapa ilustrasi  sekaligus perbincangan awal tentang pentingnya sebuah Business Valuation atau lebih sering disebut dengan Business Appraisal.

 

Mengukur berapa nilai bisnis Anda tidak dapat dilakukan dengan rumus sederhana, namun dibutuhkan  beberapa kriteria pertimbangan  antara lain :

– Tim di balik bisnis. Tanpa tim yang hebat dan manajemen yang besar, laba bersih, marjin laba atau pendapatan tahunan hanya nomor, dengan tidak ada nilai riil.

– Keuntungan dan pendapatan yang ber-evolusi. Jika Anda memiliki pendapatan sebesar $ 100.000 tahun pertama, $ 300.000 tahun kedua dan $ 700.000 tahun ketiga, mungkin akan lebih menarik daripada bisnis dengan $ 800.000 dalam pendapatan tahun pertama, namun kemudian terjadi penurunan tiba-tiba pada setengah tahun kedua.

– Ukuran pasar dan pangsa pasar. Jumlah pesaing pada setiap pasar dan pangsa pasar yang mereka pegang adalah juga penting meskipun; terlalu banyak pesaing mungkin berarti margin keuntungan yang lebih rendah dan biaya pemasaran yang lebih besar.

Salah satu tujuan besar dari Business Valuation ini adalah  Untuk memahami dimana letak Unit Bisnis Anda berdiri dalam industry yang di geluti. Hasil ini akan digunakan oleh Marketer untuk sekaligus mengukur apakah Bisnisnya sudah sesuai dengan Pangsa Pasar yang diraih, atau apakah harga yang ditawarkan sudah yang terbaik di industry tersebut. Kalau sudah begitu, bisa segera diambil maneuver-manuver bisnis yang tepat dan keuputusan-keputusan yang cerdas. Bisa saja dengan me-rencanakan ulang strategi pemasaranya, re-invest asset yang sudah ada atau malah benar-benar beralih pada industry lain dan merubah target market nya dengan harapan tetap tercapai long term profitable growth.

19 Comments

  1. Tim. keuntungan dan ukuran pasar ya mas… Setiap bisnis haruslah selalu direview baik harian mingguan bulanan dan tahunan… Kalau udah ketemu angka2 memang bikin mumet.. lebih enak baca grafik langsung :D

    • Betul sekali Dhanny. Pemasaran merupakan pekerjaan tiada henti. Benar-benar mengharuskan pelakunya untuk selalu ber-inovasi atau akan segera tenggelam oleh manuver pesaing dan perubahan pasar maupun teknologi.

  2. menambah wawasan untuk berani mulai berbisnis nih.. :)

    • Betul Mas… semoga menjadi terinspirasi dan menjadi berani memulai.

  3. Berarti secara ngga langsung kita harus mencermati trend pasar dulu sebelum memulai suatu bisnis ya Bli?

    Btw, rumah barunya keren :D Cuman warna teks-nya terlalu abu-abu Bli. Saran saya sih agak dihitamkan :)

    • Mencermati trend pasar bisa saja di awal, ditengah atau pun diakhir ( Supaya bisa melakukan product development) berjalannya sebuah unit bisnis. Hanya saja yang membedakan motif dibalik analisa trend tersebut. Saran diterima Kang.. Saya akan hitamkan font-nya. Terimakasih Kang.

  4. blogwalking bung Andry,, thanks udah mampir di blog sy,, wah wah ku sama sekali ga paham soal bisnis..

  5. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

  6. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses sukses

  7. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

  8. Nilai bisnis itu sangat penting, selain menjadi ukuran seberapa besar upaya yang harus kita investasikan. tentu saja akan menjadi perencanaan besar saat nilai itu dapat di membuat kita memperoleh gambaran dalam pelaksanaan perencanaan.

    • Betul sekali. Penilaian Bisnis tidak hanya memberikan gambaran jelas tentang sedang berada dimana Bisnis kita, namun juga sebagai panduan tentang strategi atau langkah selanjutnya yang harus diambil untuk mempertahankan/menambah tingkat pertumbuhan profit.

  9. benar sekali kita perlu menentukan nilai bisnis kita

  10. Uda lama ga maen ke tempat pak Andry.. .
    Kalau saya cenderung menentukan nilai bisnis jauh2 hari sebelum melakukannya lebih dalam

    • Betul. Itu sah saja, namun kedepannya (dengan segala perkembangan yang terjadi) harus juga dilakukan penilain Bisnis diakhir periode tertentu (semester/tahunan) agar supaya hasil penilaian lebih Valid dan up-todate.

  11. Menentukan bisnis dengan melihat trend yang sedang berkembang apakah lebih baik dari pada memunculkan sesuatu yang masih fresh ?

    • Jika kaitannya dengan “Penentuan Nilai Bisnis” maka referensi yang tepat dalah melihat track record Unit Bisnis pada periode tertentu. Namun jika bicara mengenai “Menentukan Potensi Nilai Bisnis” dalah benar jika hal tersebut dapat diraih dengan memunculkan sesuatu yang baru bagi pasar.

  12. Yup, sepakat..menentukan nilai bisnis itu sangat penting sebelum menentukan bisnis yang akan ditekuni. tidak salahnya coba lihat peluang bisnis yang satu ini http://info.onlinebisnis.net/ bernilai tinggi dengan modal yang terjangkau.

  13. betul gan..
    dalam berbisnis, sangat penting kita melakukan riset terlebih dahulu.
    Pastikan bisnis tersebut bisa bertahan lama, salah satunya dengan memilih produk yang banyak dicari. Gunakan Google trends untuk urusan riset meriset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>