Effective Customer Education

Posted by on May 27, 2011 in marketing | 33 comments

Effective Customer Education

Dari sisi pemilik bisnis setelah inovasi produk untuk memenangkan differensiasi dan penentuan pricing yang tepat, kiranya ada sisi lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Sisi itu adalah edukasi (calon) pembeli. Secanggih dan seunggul apapun suatu produk seringkali tidak serta merta meningkatkan penjualan. Dari sisi pembeli sendiri harus dilengkapi dengan pengetahuan tentang kelebihan produk yang ditawarkan.

Kita tidak berbicara tentang bahasa iklan yang tidak akan signifikan efeknya bagi masyarakat dengan latar belakang pendidikan relatif tinggi, salahkan bahasa iklannya yang lebay. Kita berbicara tentang edukasi berlatar pendidikan yang memberikan informasi ringan namun mengandung unsur ilmiah kepada masyarakat tentang pentingnya memperhatikan kualitas dari suatu produk. Untuk kemudian diakhir segmen edukasi bisa diselipkan iklan tersamar untuk menggiring opini masyarakat bahwa produk yang kita tawarkan memiliki kualitas tinggi.

Saya tertarik dengan iklan salah satu air minum dalam kemasan yang memberikan informasi tentang pentingnya mengkonsumsi air bersih untuk keluarga. Dalam iklan tersebut diterangkan betapa tubuh manusia yang lebih dari 90%-nya adalah cairan membutuhkan suplai air bersih yang berkualitas. Bersih saja tidak cukup tapi harus mengandung mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu kemudian ‘sequel’ iklan tersebut mengklaim telah memilih sumber mata air yang terbaik dengan sekain banyak prosedur ilmiah yang dilewati untuk memastikan kualitasnya. Pintar bukan?

Contoh yang sama bisa dilihat pula pada beberapa iklan lain. Obat anti masuk angin, pasta gigi, sikat gigi dan banyak lainnya. Kedepannya  metode iklan ‘pintar’ ini akan semakin sering kita lihat, sepertinya.

Saya juga pernah mengikuti pelatihan dari Microsoft tentang suatu produk khusus bagi dunia pendidikan, mirip dengan Google Applications-lah. Tidak ada keharusan untuk membeli produk, tapi setidaknya saya jadi tahu bahwa Microsoft juga punya produk setara punya Google.

Apa Manfaatnya Bagi Klien?

Edukasi yang tepat akan membuat klien ataupun calon klien akan mendapatkan nilai tambah dari produk yang mereka beli. Kita tahu bahwa budaya masyarakat Indonesia yang sangat sensitif terhadap harga. Dengan bertambahkan pengetahuan klien tentang nilai tambah yang ditawarkan, maka klien tidak lagi merasa sayang membayar lebih mahal untuk suatu produk yang telah diyakini memiliki mutu lebih baik. Jangan lupa ada nilai gengsi yang ditawarkan oleh produk-produk berharga tinggi. Mungkin masih lekat diingatan kita betapa booming smartphone keluaran vendor asal kanada yang membuat produknya sangat laris meskipun sebenarnya teknologinya tidak baru-baru amat. Meskipun serbuan handphone bertata letak keypad QWERTY dari China membludak, tidak sanggup menggoyahkan masyarakat untuk membeli produk keluaran RIM itu. Ada edukasi yang cukup tentang ‘teknologi mutakhir’ bernama BBM yang tidak terdapat di handphone ‘blackberry-wannabe’.

Apa Manfaatnya Bagi Vendor?

Mengedukasi calon klien tentu akan menjadi cost tambahan. Tapi sebenarnya ini tergantung sudut pandang. Saya sendiri melihatnya sebagai ‘investasi’. Edukasi secara langsung memberi tahu bahwa suatu vendor memiliki product knowledge yang kuat. Otomatis brand image akan terkatrol, ujung-ujungnya penjualan akan naik. Make sense?

Jadi, kualitas produk yang tinggi dan pricing yang menarik harus diimbangi dengan edukasi di sisi pembeli. Edukasi berbeda dengan bahasa iklan yang vulgar dimana anda terang-terangan menggembar-gemborkan kualitas, tapi lebih dari itu anda memberikan informasi berbasis ilmiah untuk kemudian meningkatkan brand awareness dari sisi pembeli tentang kualitas dari produk anda.

Bagaimana? Setujukah anda tentang pentingnya edukasi pembeli?

Penulis adalah blogger pemilik www.bloghery.info yang memiliki ketertarikan dalam bidang marketing meski tidak mengenyam pendidikan marketing formal. Suka mengamati fenomena marketing semenjak sering menenangkan istri yang seorang counter sales salah satu merek mobil niaga dari Jepang.


33 Comments

  1. Keren, wawasan saya bertambah nih. Edukasi pada kedua belah pihak (konsumen dan vendor) memang seharusnya terus dijadikan prioritas. Maklum, kini konsumen sudah lebih ‘melek’ pada kualitas sebuah produk, dan tidak lagi mempermasalahkan harga. Ya, itu bisa tercipta bila edukasi dari pihak vendor tersampaikan.

    • betul mas. Edukasi Customer berbuah loyalitas terhadap brand

  2. Tips yang menarik mas Hendry, saya sangat setuju jika edukasi adalah investasi untuk bisnis kita nantinya.. Jika pembeli sudah mengetahui banyak tentang mana produk yang baik, pasti persaingan bisnis bisa lebih sehat…

  3. Kalau customer sudah merasa nyaman dengan layanan dan pengalaman yang diberikan, biasanya akan terikat secara emosional untuk menjadi pelanggan loyal. Misalnya Starbucks yang menawarkan pengalaman bersosialisasi dengan rekan lain hanya dengan duduk manis sambil menikmati segelas kopi.

    • Customer yang sudah nyaman tentu tidak perlu ditanyakan lagi loyalitasnya. Yang menjadi tantangan berat adalah menggaet calon customer untuk kemudian bisa menjadi loyal terhadap brand yang ditawarkan.

  4. Layanan yg baik ^^
    seperti apa sih yg terbaik itu ??
    saya tunggu share nya ^^

    • Kata baik dan terbaik itu sendiri tidak memiliki standar yang sama bagi tiap customer, karena tiap customer adalah unik.

      Hal yang umum dilakukan untuk memberi layanan terbaik adalah dengan mau mendengarkan tanggapan atau feedback dari customer sehubungan dengan layanan yang kita tawarkan. Lalu kemudian dari feedback yang sudah terkumpul bisa dinilai apakah layanan yang sudah diberikan sudah baik atau masih bisa diperbaiki lagi.

      Begitu menurut saya.

  5. aha, saya nangkap maksudnya. iklan yang mendidik ? betul kan. emang dari iklan kita bisa dapat edukasi yang terkadang ga didapat di sekolah, haa

  6. berarti iklan yang tidak mendidik dan memberi nilai tambah itu nantinya akan mudah tergerus jaman ya pak? intinya begitu kan? hehe

    • Tidak ada yang tahu secara definitive kapan suatu model iklan bisa bertahan.

      Namun dari pengamatan saya, umumnya masyarakat dengan level pendidikan yang baik lebih menyukai iklan yang mempunyai nilai tambah daripada sekedar menjual kata-kata sales.

      Apakah mas hanif melihat hal yang sama?

  7. klo costumer di beri penjelasan pasti mempermudah dalam memilih dan memkai jasa ya mas… btw disini menyediakan buat guest blogger juga ya mas…

  8. Saya beruntung diberi ijin menulis di blog paten khusus marketing ini :)

  9. Luar Biasa, Bang…

    Saya hampir lupa, dan mencari-cari tidak sengaja terjebak ke blog ini…tapi sayang kok gak ada update ya…padahal masih butuh ilmu-ilmunya :)

  10. Dengan mengetahui nilai tambah yang di dapatkan pengguna pasti merasa produk yang di beli lebih bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang fungsi produk tersebut juga tentunya,karena saya merasa banyak juga pengguna yang lebih mengedepankan gengsi dari pemaksimalan penggunaan produk itu sendiri.

  11. sepertinya ini yang lagi saya cari2…kereen bgt ne, akan saya praktekkan
    semoga bisa menaikkan penjualan saya :)
    thx for sharing

  12. benar sekali saya setuju sekali bahwa edukasi sangat penting sekali dalam meningkatkan penjualan produk

  13. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  14. Baru nyadar ini tulisan bang Herry. Hehehe.

  15. Edukasi memang sangat penting sekali dalam mengembangkan bisnis kita sehingga konsumen lebih memahami produk yang dipakai

  16. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

  17. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

  18. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

  19. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  20. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  21. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  22. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

  23. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

  24. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

  25. http://www.caramenghilaArtikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam suksesngkanbekasjerawat.org

  26. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

  27. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

  28. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

  29. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>