Beauty Marketing Strategy

Posted by on Apr 14, 2011 in marketing | 40 comments

Beauty Marketing Strategy

Hello teman-teman, maaf saya terlalu lama belum update artikel lagi. Akhir-akhir ini Denpasar masih saja diguyur hujan dengan intensitas yang lumayan tinggi.  Untungnya memang di Bali, daerah resapan air nya masih sangat banyak sehingga seberapapun hujannya, hampir bisa dipastikan tidak akan ada banjir. Belum lagi juga pekerjaan offline yang cukup menyita waktu dan energy saya. Baiklah, untuk menebus keterlambatan saya mengupdate artikel, kali ini kita akan bicara sebuah topic Marketing yang sangat menarik. Kali ini, kita akan bicara dengan Judul “Beauty Marketing Strategy “.

Minggu lalu saya tiba-tiba di email oleh seorang teman lama yang kini menetap di Rusia,Beliau dengan semangat banyak bercerita tentang sisi lain Marketing. Kalau selama ini kita hanya membahas sisi luar dan lebih berorientasi profit, ternyata justru banyak Bisnis besar didunia yan besar karena banyak “bersedekah” dan menempatkan profit sebagai nomor selanjutnya. Lantas apa kaitannya dengan judul pembahasan kita kali ini ? mari kita uraikan satu per satu. Pernah dengar bahwa seorang Pebisnis kelas dunia yang kemudian Menjadi seorang Philanthrophis ? itu sudah biasa,khan  ? lalu bagaimana kalau seorang Pebisnis pemula seperti Anda sudah menjadi Philantrophis ? Apa yang saya maksud disini bukan hanya melulu tentang berderma dengan harta dan uang. Memulai Bisnis dengan Mindset dan motivasi “berderma” pun sudah merupakan Point sendiri yang bernilai tinggi, baik dimata manusia maupun di hadapan sang Pencipta.

Perhatikan Selera dan Trend Pasar

Saya pernah secara tersirat membahas di artikel artikel sebelumnya kalau Pemasaran tidak boleh berjalan terlalu jauh dari fenomena-fenomena sekitar kita. Ingat, bahwa yang disebut “Pasar” adalah sekumpulan orang yang mempunyai ; Keinginan,Kebutuhan dan Daya beli. Tanpa satu hal ini maka belum bisa dikatakan sebagai “ Pasar” .  Maka sudah tugas kita untuk terus membaca dan mempelajari “Trend Pasar” yang sedang berkembang saat ini.   Setelah itu , bangun sebuah mindset yang sangat menakjubkan ! orientasikan tujuan Pemasaran Anda pada meraih sebanyak banyaknya “kebaikan” yang bisa dirasakan manfaat nya oleh sebanyak – banyak nya orang. Ingat, Niat awal itu sangatlah penting. Ketika Anda hendak membangun pabrik Sandal,misalnya. Maka “taruh” hati Anda tentang bagaimana memberikan sandal kualitas terbaik sehingga para konsumen Anda bisa melindungi Telapak kakinya dari segala hal yang mungkin tidak baik atau malah menyakiti kaki. Disinilah salah satu Point “ Beauty Marketing “ yang saya maksud. Kalau sudah begitu, biarkan Tuhan membantu tujuan-tujuan kebaikan Anda .

Perluas Jangkauan Distribusi

Kalau mau menjangkau Pasar yang lebih luas makan tidak ada pilihan yang lain kecuali memperluas Jaringan Distribusi. Banyak Produk hebat yang kemudian menjadi “slow moving” karena jaringan distribusinya tidak luas dan kurang menjangkau pasar terluar. Akibatnya, Konsumen harus menempuh jarak yang cukup jauh misalnya ,untuk mendapatkan produk tersebut. Teman, Perluasan jangkauan Distribusi benar benar sangat penting. Berdirilah tepat didepan pintu “target pasar” Anda jika ingin terus memenangkan hatinya. Jaringan Distribusi juga terkait langsung dengan “ Sales Volume”, bagaimana mau mendapatkan volume tinggi kalau Jaringan Distribusinya saja terbatas. Kecuali memang, strategi Distribusi Anda menggunakan strategi tunggal dan tertutup ( Kita akan bahas di artikel Saya yang lain)

Private Label

Setelah semua tahapan diatas terpenuhi, maka tugas Anda selanjutnya adalah melakukan “Branding”, Sebuah tugas Marketing yang tidak pernah selesai adalah “Branding” kenapa demikian ? Jelaslah bahwa ini terkait erat dengan “wajah” Bisnis Anda di mata konsumen,Pesaing maupun di mata calon Pasar yang tertarik dengan Produk-Produk Anda. Apalagi sekarang pertukaran Informasi seudah sangat cepat dan realtime ,Brand bisa saja dibangun dengan cepat (bukan Instant ) namun ada juga yang  malah sebuah berakhir dengan cepat juga,karena sebuah beberapa kesalahan atau malah  Unfair Business Technique yang diterapkannya.  Beauty Marketing Strategy adalah sebuah gagasan menarik tentang bagaimana kolaborasi dalam takaran yang tepat tentang bagaimana membangun sebuah Bisnis yang berkarakter baik,mensejahterakan dan yang paling penting adalah fair.

The golden rule for every business man is this: “Put yourself in your customer’s place”.Orison Swett Marden

40 Comments

  1. Beauty marketing. Bener sekali mas, berbisnis haruslah dari hati.. Jika nafsu yang menguasai lambat laun orang pasti akan mengetahui karakter kita dan akan meninggalkan produk kita selamanya… Semoga bisnis makin menyenangkan dengan sedekah ya mas…

    • Thanks Dany –
      Bisnis yang dijamin bertahan lama adalah bisnis yang jujur dan “berhati “. ini formula yang hebat jika bisa konsisten..

  2. melalui pemasaran yang penuh perhatian dan elegan akan bisa mendatangkan banyak pelanggan.
    SALAM…

    • Betul bangett,Bli..semoga sukses selalu… sampai jumpa lagi di artikel-artikel saya selanjutnya..

  3. salam..
    saya baca dari awal sampai akhir gak terlalu paham juga hehe.. seperti istilah bermainlah dengan cantik gitu ya? perlu trik-trik juga agar tak terkesan profit aja yg dicari?
    *maap awam dalam dunia bisnis*

    • Yes,that’s the point.. semoga bisa diambil manfaatnya dan bisa seringsering Blogwalking ke Blog yang sederhana ini..

  4. Wah tapi saya kok ragu,pak kalau pembahasan ini sungguh-sungguh dijalankan dalam ketatnya persaigan saat ini. Maaf, ya kalau komentarnya agak sinis.
    Ini ungkapan salam perkenalan dari bangngangan, Pak.hehee (piss)

    • Justru itu, meski persaingannya ketat. Kalau bisa bermain dalam ” Beauty Marketing “, maka Anda akan keluar sebagai pemenang yang paling elegant. Silakan dicoba :D !

  5. Ini kunjungan balasan pertama saya. Dan, aku langsung terpesona dengan artikel-artikel “marketing” yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kemauan menjalankan bisnis atau ber-enterpreuner. Aku setuju dengan kekuatan sedekah yang justru membuat kita kaya, sebab secara rasional, kita telah menciptakan ketenangan diri dalam berbisnis. Dalam Islam, jika kita mendapat harta berlebih, berarti mesti disucikan hartanya, karena mengandung atau sebagian adalah milik fakir miskin. Dengan sedekah, kepercayaan terhadap usaha kita pun meningkat, sehingga lebih banyak yang akan bermitra kepada kita.

    Masalah trend pasar, sesungguhnya produsenlah yang membentuk. Akan tetapi, produsen memang bukan hanya kita, banyak pesaing. Oleh karena itu, kreatifitas pembentukan pasar menjadi sangat penting.

    Terimas kasih telah mampir di blog saya. Salom…

    • Terimakasih telah bersedia mampir ke rumah saya yang sederhana ini, Alhamdulilah, konsep Sedekah sebenarnya tidak hanya ada di Islam tapi juga ada dihampir seluruh ajaran agama. Perbedaannya mungkin hanya pada takaran dan tata cara nya. sedangkan Trend Pasar yang Anda uraikan,sangatlah tepat ! hanya saja kewajiban “memilih” target pasar, bukanlah sesuatu yang mudah dan instant namun juga perlu riset dan observasi yang panjang dan detail. Satu hal lagi, Trend Pasar selalu bersifat dinamis. Disinilah para Produsen “ditantang” untuk terus melakukan Product Development, jika tidak maka Market Share yang tadinya dikuasai, bisa saja berpaling kelain hati..

  6. Benar sekali mas dengan adanya Beauty Marketing Strategy kita akan mengerti pemasaran, salam kenal dan terima kasih mas atas informasinya :)

  7. Niat mulia di awal bisnis memang selayaknya dilakukan. Kalo niat hanya berorientasi profit semata, saya rasa manfaat (kepuasan) yang didapat konsumen nggak jauh lebih baik dibanding dengan produsen yang mengawali usaha dengan niat mulia.
    Konsep sedekah itulah yang saya sangat setujui. :)

  8. Aku tertarik dengan kata ‘trend pasar’. Trend selalu bersifat tentatif, sedangkan semua orang pasti berharap bisnisnya berkelanjutan dan memiliki grafik menaik.

    Tentu sangat menarik jika dihubungkan dengan marketing yang bernilai holistik, dalam artikel ini bernama ‘Beauty Marketing Strategy’. Aku masih berupaya menemukan relevansinya dengan bisnis yang aku jalani.

  9. Ada lagi sih ..
    ide yang bagus kalo bisa kita jebak buyer agar tak kemana2..
    dan selanjutnya kita beri sentuhan lembut untuk buyer sehingga buyer tak terasa kalo mereka teringkat dengan kita heheeh .. (dalem pembahasannya)

  10. Cuma mengangguk-angguk baca artikel ini :)

  11. Hihihi ahirnya mampir ke blognya mas andry.. mas viki sehat mas? :D *loh*

    Btw sekarang orang kebanyak di twitter lebih sering menonjolkan personal brandingnya ya mas :D karna bisa dapet twit berbayar katanya.. *eh

  12. Kalau mas lama gak updet artikel, saya lama gak berkunjung :)

    bisnis yang didasarkan berderma dan bersedekah itu sudah merupakan ilmu valid untuk mendapatkan penghasilan dengan maksimal.

    tapi memang sulit bagi para pemula, bahkan expert sekalipun karena hanya didasarkan pada kecerdasarn IQ tanpa SEQ.

  13. Wah walau masih anak SMA seperti saya gak ada salahnya baca artikel marketing seperti ini, untuk membuka wawasan kedepannya, sapa tau jadi pengusaha.. :), salam kenal Bli

    • Wew,ndak nyangka bisa ketemu mas theogepy disini :D

  14. bisnis dengan konsep ‘beauty marketing’ sebetulnya sudah melakukan branding.
    Jika kita melakukannya dengan konsisten maka brand kita akan semakin kuat dan akan mendapat kesan positif si benak konsumen….

    di artikel terbaru saya ada membahas sedikit tentang brand dan sejarahnya

  15. wah, berarti bisnis harus dari hati juga, jangan ngejar profit melulu
    thx berat ilmunya om :D

  16. bukan fashion aja ya, marketing juga ada beauty-nya :)

  17. ehem,cek cek,,sepertinya saya sudah lama nggak nongol di blog ini ya? :D
    ehm,waktu membaca judulnya, langsung mengena dihati,,dan setelah membaca isinya juga nggak mengecewakan,salut. .
    Ehm,jadi inti nya itu bisnis yang bersih n jujur gtu ya bli?

  18. Tren pasar sekarang apaan ya, Bli? *halah malah nanya*

  19. beauty marketing strategy itu bisnis berorientasi kepada kostumer ya bli ? bagaimana memenangkan hati kostumer dengan memberikan segala kebaikan dan kejujuran…..

  20. Ada kemiripan dengan apa yang telah saya bahas 2 minggu yang lalu di blog saya mas. Memang dengan menerapkan sistem berderma atau bersedekah adalah konsep marketing yang ampuh untuk menggait hati customers.

    nice article

  21. informatif sekali pak, jadi lebih dalam mengenal marketing dari sini. semakin humanis marketing tidak hanya dari sisi profit, tapi dari sisi kemanusiaan juga.

  22. mengetahui kondisi pasar dan juga tingkat persaingan adalah hal penting dala dunia bisnis, entah offline maupun online…

  23. :)

  24. harus pandai dalam mengatur strategy dalam dunia pemasaran semacam ini

  25. berderma adalah point yg menarik dlam bisnis,
    bgmn qt tidak melulu mengejar materi sj, nmn bgmn qt bs sharing,
    memberikan kehidupan lebih baik bg sesama – salam kenal mas :)

  26. benar sekali trend pasar perlu kita pelajari agar kita bisa memenuhi kebutuhan konsumen

  27. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  28. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

  29. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

  30. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

  31. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

  32. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

  33. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

  34. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>