Marketing Innovation

Posted by on Mar 28, 2011 in marketing | 23 comments

Marketing Innovation

Kira-kira apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar sebuah kata yang sangat powerful – Inovasi – ? pastilah Anda berpikir tentang sebuah terobosan baru atau sebuah penemuan baru yang menakjubkan dan bisa “memperbaiki” kekurangan dari sebuah produk sebelumnya. Inovasi memang sebuah kata yang ajaib dan haruslah melalui sebuah proses yang panjang untuk kemudian sebuah Binis mendeklarasikan bahwa mereka ber-inovasi. Yang dikhawatirkan adalah dengan sedikit melakukan perbaikan maka sebuah Bisnis sudah merasa ber-inovasi. Bukan itu yang sebenarnay dimaksud dengan Inovasi. Lebih dari itu Inovasi dapat diartikan sebagai sebuah hasil kerja kreatif yang mampu memberikan solusi baru dan  komprehensif sehingga penciptaan “nilai” produk benar-benar bisa dirasakan secara maksimal oleh pengguna nya.

Saya baru saja menghadiri sebuah acara tahunan yang sangat special yang diberi nama Bali Spirit Festival. Sebuah acara yang dikemas secara baik dan cukup meng-akomodir konsep multi cultural dari berbagai “konsep pemikiran” baik budaya,musik maupun agama. Saya bertemu teman-teman lama dari berbagai Negara yang memang rajin mengunjungi Bali .  Ada berbagai konsep marketing yang mereka bagikan kepada Saya,salah satunya adalah mengenai bahasan kita kali ini ; “Innovation in Marketing”.  Langsung saja kita bahas point-point nya :

Diferensiasi Produk

Sudahkah Anda paham betul dengan definisi Produk ? kalau belum, mari Saya jabarkan apa saja yang termasuk dan bisa dsebut sebagai Produk . Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan

  • Barang fisik
  • Jasa
  • Pengalaman
  • Peristiwa
  • Orang
  • Tempat
  • Properti
  • Organisasi
  • Informasi
  • Ide/gagasan

Dan jumlah ini masih akan terus bertambah seiring kompleksnya perkembangan ilmu Bisnis dan Pemasaran. Apa yang menarik dari titik ini adalah bahwa, bahwa inovasi di marketing tidak terbatas pada produk saja melainkan juga bagaimana mencari saluran yang baru, menemukan proses marketing yang efektif, menciptakan segment,hingga kepada penciptaan konsep yang sesuai dengan tuntutan pasar. Itu artinya, Inovasi Produk bukan lah sebuah elemen yang berdiri sendiri, ada komponen-komponen Bisnis dan Pemasaran lainnya yang sangat berperan dan sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Inovasi bisa memberikan “nilai lebih” jika sang innovator mampu menyediakan sesuatu yang berbeda dimomentum yang tepat kepada segment pasar yang tepat pula.

Berikut ini adalah tips jitu untuk teman-teman pembaca Blog Bisnis dan Pemasaran ini jika berhasrat ( dan memang harusnya ) menelurkan sebuah Inovasi yang membuat Bisnis Anda makin kuat dan menghasilkan Long term Profitable Growth yang baik dan berkelanjutan sebaiknya mempelajari hal berikut ini :

1.      Temukan Laggards ( kelompok tingaktan terendah dalam klasifikasi tingkat konsumen ) lalu, buat mereka terstimulus dengan penawaran Inovasi Anda. Perhatikan ! Kalau mereka menolak, maka perbaiki dulu “infrastruktur” Bisnis Anda sebelum Anda benar-benar me-launch produk baru Anda . Kenapa demikian ? karena dengan analisa ini Anda bisa tahu seberapa besar “kedalaman” pasar yang bisa Anda raih. Berarti ada Infrastruktur komunikasi yang perlu dibenahi.

2.      Temukan Late Majority ( satu tingkat lebih baik dari Laggards ) lalu,beri mereka perlakuan yang berlawanan dengan laggards. Maka Anda akan menemukan sebuah pola “tanggapan” yang cukup berbeda,sehingga Anda punya gambaran jelas tentang seberapa besar nya Potensi Pasar terhadap Produk Inovasi Anda.

3.      Lalu, dari kedua hasil riset diatas makan rumuskanlah, sebuah konsep atau sebuah Strategi Pemasaran yang bisa membuat Produk Inovasi Anda “meraih” kedalaman yang cukup untuk membuat kelompok Early Adopter “menyerap” produk Anda tersebut. Kalau kemudian hasil analisa ini tidak sesuai dengan “nilai investasi” yang Anda korbankan, maka  yang wajib diperhatikan adalah dukungan dari aspek lingkungan terhadap inovasi kita. Selain itu juga segmentasi inovasi harus jelas ditujukan kepada siapa. Terakhir, pandailah melihat momentum sehingga inovasi yang terlahir tidak menjadi sia-sia . Ini artinya si inovator harus jeli melihat kesesuaian antara budget dengan inovasi yang hendak diusungnya.

Kesimpulan Akhir yang hendak saya sampaikan kepada teman-teman sebagai Pebisnis dan Marketer adalah agar Jangan Takut dalam ber-inovasi. Saya sangat menyarankan untuk melakukan Inovasi secara keseluruhan ;  elemen marketing mix, termasuk proses dan strategi, serta engineering. Karena bila sebuah perusahaan sukses berinovasi diproses dan teknologi, maka akan ada inovasi produk yang baru dan berkualitas pula. Hope it would help dan sampai jumpa lagi di Artikel menarik saya selanjutnya.

23 Comments

  1. Manteb nih tipsnya mas Andry, bisnis akan menemukan jalannya jika dicoba dan dilaksanakan. Saat perjalanan akan tercipta dan ditemukan inovasi marketing yang tepat untuk produk kita. Tips ini merupakan rambu utama untuk meraihnya…

    • Dhany- Silakan dipahami dan diambil manfaatnya dari artikel sederhana ini, semoga menjadi amal baik yang membaikkan semua pembaca Blog ini. sukses juga untuk Dhany !

  2. Apa kabar Bli ? benar juga main kesnini, saya jadi belajar tentang ilmu pemasaran. harus pelan-pelan bacanya, takut gak paham. :D

    • Silakan saja, mau jadi “pembaca gelap” juga tidak apa. semoga tetap bisa mengambil manfaat dari apa yang bisa saya bagikan ini….

  3. Inovasi. Satu kata ajaib yang mampu memberi kemajuan signifikan di dunia ini, di berbagai bidang. Dengan inovasi, apa yang dicapai puluhan tahun lalu kini dapat direalisasikan hanya dengan hitungan bulan. Siapa tau dgn adanya inovasi juga apa yg kita kuasai kemarin tak ada artinya di hari ini. Dahsyat memang.

    Dan di dunia marketing, inovasi ini juga berlaku. Bli Andry komprehensif sekali menjelaskan ttg hal ini. I like it. Wawasan saya jadi makin bertambah! :D

    • Kemaja aja ,Kang ? baru nampak neeh ? semoga karirnya lancar ya…cuma ini yang bisa saya bagikan, maklum saya belum terlalu ahli…

  4. pelajaranya pak edi nih :)

    jd kangen msa2 kuliah dengan pak edy

    • Puji Tuhan, kalau kamu masih ingat sama tingkatan atau level of demand ini. sekarang harus lebih aplikatif lagi ya…bukan hanya sekedar “mencari” nilai di atas kertas, tapi juga nilai dalam pengembangan kualitas dan kapasitas pribadi maupun Bisnis..

  5. salah satu yg saya suka dr blogger adalah diakhir tulisan menyimpulkan apa yg sudah ditulisnya :D dan salah satunya saudara. Inovasi dan eksekusi :D

  6. mas andry terima kasih atas artikelnya yang bagus ini, sangat menginspirasi saya, terutama dalam paragraf terakhir. yang terpenting buat saya saat ini adalah “saya harus bangkit dari keadaan saya sekarang”

  7. Tapi kita kadang-kadang takut gagal dalam berinovasi, Gan… gimana triknya?

  8. Yang terlintas dalam pikiran saya saat ini adalah differensiasi produk tidak harus selalu berupa penciptaan produk baru. Differensiasi produk juga bisa dilakukan dengan cara membuat back end product (produk pelapis) yang mensupport produk utama.

  9. Saya masih mempelajari tentang marketing mix beserta rahasia2 yang bisa dimaksimalkan mas. Memang inovasi dalam marketing itu sangat perlu supaya customers juga tidak jenu dan merasa selalu menarik didengar dan dirasakan oleh orang lain.

  10. Sorry kalau mau Inovasi lebih, silakan klik :www.younginnovator.blogspot.com ada banyak Inovasi dari Kota Pahlawan Surabaya Jawa Timur untuk Indonesia dan Dunia sesuai KASIH Tuhan dan Pancasila…contoh : Inovasi Gergaji Otomatis JOWO, Inovasi starter Motor JOWO, Inovasi PEngetikan Suara JAWA, Inovasi TEmbok tanpa paku JAWA, Inovasi kipas angin tenaga PAnas JOWO Surabaya dan Jogjakarta Jawa Tengah…karya Raden Mas Bagus PErmono Imanuel bersama Tuhan dan PArachletos….setuju?? monggo…Gusti memberkahi inggih..!!!muah…muah…muah…

  11. marketing innovation sangat penting sekali karena kita dapat melakukan tolak ukur produk yang kita jual

  12. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  13. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

  14. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

  15. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

  16. Artikel yang sangat Amazing,,,

  17. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  18. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  19. thank share nya….

    salam kenal n sukses selalu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>