Inbound Marketing

Posted by on Feb 19, 2011 in marketing | 36 comments

Inbound Marketing

Baru kali ini Saya menyempatkan diri untuk update artikel, padahal banyak pemikiran,ide dan beberapa point yang datang dan hinggap dikepala Saya namun belum berkesempatan untuk menuliskannya.  Kali ini kita akan bicara satu topic menarik juga dari serangkaian disiplin ilmu Pemasaran. Pembahasan kita Kali ini saya beri judul Inbound Marketing, Sebuah strategi yang bukan lagi baru namun sudah banyak sekali di adopsi oleh banyak unit Bisnis besar didunia. Jika Anda menemukan adanya “missing link” dari artikel Saya kali ini, maka Saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu Persuasive Marketing, The Psychology of Selling , Engagement Marketing dan beberapa artikel terkait lainnya supaya Anda  dapat memahaminya secara komprehensif.

Beberapa hari lalu, saya sempat berdiskusi dengan salah satu teman yang juga seorang Exporter untuk beberapa produk furniture di Bali. Kami sampai pada sebuah pembahasan menarik mengenai semakin maraknya dan semakin terlihat geliat bisnis yang besar dari beberapa organisasi bisnis yang berangkat dari status UKM dan kemudian cukup besar dan kuat untuk bisa terus berkembang dan mendeklarasikan diri mereka sebagai sebuah unit Bisnis yang mapan dan siap bersaing dengan produk produk serupa dalam Industri tersebut. Apa yang hendak saya sampaikan dari hasil kesimpulan saya beberapa hari ini mengenai kaitannya dengan Inbound Marketing adalah sebagai berikut :

Bagaimana Mekanisme Inbound Marketing ?

Inbound Marketing dapat saya katakan cukup mewakili hirarki “Modern Marketing” sedangkan lawan dari Inbound Marketing tentu saja adalah Outbound Marketing atau “Traditional Marketing”.  Bagian terhebat dari Strategi Inbound Marketing ini adalah tentang bagaimana Menciptakan sebuah “content” Pemasaran yang sangat baik dan benar-benar menarik Pasar untuk tahu lebih lanjut tentang Produk yang Anda tawarkan. Apa yang Saya maksud dengan Content ini adalah tentu saja terkait dengan berbagai komponen penyusun Strategi Marketing Anda. Memang Inbound Marketing ini, bukanlah sebuah Basic Strategi, namun sebuah Advanced strategi yang cukup baik diterapkan dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Ingat pembahasan kita minggu lalu , bahwasanya profit adalah hal ketiga yang baru akan terjadi kalau kita sudah punya dua komponen sebelumnya, Yaitu ; Market Share dan Efisiensi. Tujuan akhir dari penerapan Stategi Inbound Marketing ini adalah tentang bagaimana jumlah “Pelanggan” Anda bisa terus tumbuh melalui peningkatan kualitas dan loyalitas pelanggan, Marketing Conversation yang baik dan tentang Inovasi hebat dengan menhasilkan Produk Produk baru yang memenuhi kriteria Kualitas yang sesungguhnya. Sehingga cerita akhir dari Strategi Inbound Marketing ini adalah tentang bagaimana sebuah Bisnis itu benar-benar “ditemukan” oleh pelanggan nya dengan mudah dan efisien dan bukannya berpromosi secara massive namun tidak ter-target dan tidak secara signifikan  menghasilkan.

Relevansi Inbound Marketing dengan Saluran Distribusi dan Promosi

Inilah dua hal menarik yang layak kita bahas secara cepat namun tetap mengena essensinya. Kalau strategi dasar Ilmu Pemasarn adalah 4P yang kemudian terus berkembang dan mengalami banyak modifikasi dan penyesuaian dengan trend pasar yang ada, maka Inbound Marketing tetaplah memenuhi persyaratan berlangsungnya dan berkolaborasinya strategi 4P tersebut dengan memaksimalkan fungsi “Place = Distribution Channel” dan “Promotion = Conversation “ .  Banyaknya saluran Distribusi yang tersedia dan semakin mudahnya  menemukan sarana berpromosi , di satu sisi memang menambah marak persaingan Bisnis dan semakin cepatnya Product Life Cycle berlangsung. Namun ini sekaligus juga menghadirkan sebuah kesempatan untuk terus menciptakan sebuah Produk yang Inspiratif dan bagaimana menyajikan sebuah Creative Customer Attraction sehingga tujuan akhir dari sebuah Bisnis yaitu mencapai “Long term Profitable Growth” benar-benar bisa tercapai secara maksimal.

“Change with your business or be left behind. “It is not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the one most responsive to change.”

36 Comments

  1. Mencoba memahami bahwa inbound ini advance bukan basic lagi. Berarti sudah naik kelas strateginya ya… Yang saya tangkap adalah strategi promosi agar efisien dan tepat sasaran. Bener gitu ya Bli?

    • Simple nya memang itu yang mau saya sampaikan. Kalau mau menemukan pemhaman yang lebih komprehensif, silakan baca juga artikel terkaitnya. Sebab disiplin ilmu marketing memang sangat kompleks dan saling terkait. Semoga Ibu guru dapat mudah memahaminya….

  2. dapat istilah dan ilmu baru lagi nih dari bli Andry :)

    • Akan selalu ada istilah atau definisi-definisi baru di artikel-artikel berikutnya, so jangan bosan untuk main ke rumah sederhana saya ini,Kang….

  3. Saya japri via contact us ditunggu baliknya

    • Oh ya ? Koq saya sudah double checked dan tidak ada email yang masuk,Bli ?
      kalau tidak berkeberatan silakan di kirim ulang ke: andry@andrysianipar.com

  4. baru denger nih.. terima kasih penjelasannya.. :D

    • Semoga bermanfaat dan memperluas pengetahuan Anda..

  5. cocok sama yg tengah saya pelajari akhir2 ini mas..
    baru tau manfaat dari bewe nih mas.. jd lagi tahap memulai..

    • Semoga bisa diambil manfaatnya dan menginspirasi Anda. Silakan juga baca artikel-artikel terkait lainnya…

      • berarti secara tidak langsung,, tujuan utama dari sebuah bisnis adalah meningkatkan value perusahaan dunk yach..??
        hehehe…

        • Tujuan utamanya adalah “mengantarkan” nilai kepada pelanggan sehingga bisa memenuhi kebutuhan keinginannya… sebuah produk yang baik haruslah “memberikan” nilai pada penggunannya dan nilai ini haruslah lebih besar dari harga yang mereka bayarkan. kalau sudah mencapai titik ini, maka loyalitas pelanggan , bukan lagi hanya sebuah konsep belaka…

  6. Wah dapat tambahan baru nich tentang marketing, terima kasih…

    • Silakan dipelajari lebih lanjut…semoga bisa diambil manfaatnya…

  7. jujur bli saya kalau sering mampir kesini tp gak berkomentar… soalnya bener2 bingung mau nulis koment apa :D
    #bloggermalam gmn bli ?

    • #bloggermalam- nya sedang lesu tampaknya..mungkin juga karena disibukkan pekerjaan-pekerjaan offline…

      • lah bli dah pulang dari UK blm? :D
        mgkn juga sih bli.. saya kalau malam jg jarang online sekarang.. badan pegal ol 8 jam dari pagi mpe sore karena kerjaan

  8. Wah saya belum terlalu mengerti nih dengan Inbound Marketing

    • Silakan dibaca kembali dan juga artikel terkaitlainnya, semoga bisa dipahami dan diambil manfaatnya…

  9. Hemmm… Nice post bro, tambah lagi pengalaman

    • Wah,Mas Joko ini justru jam terbangnya lebih lama daripada saya tentu lebih berpengalaman…semoga semakin menambah semangat setelah membaca artikel saya….

  10. mantap nih tambahan ilmu buat yang menggeluti bisnis

    • Semoga bisa di ambil pelajarannya…jangan lupa juga subscribe untuk update artikel-artikel terbaru dari saya…sukses selalu untuk Anda…

  11. Istilah baru lagi nih dalam marketing…
    Marketing modern sekarang memang tidak lepas dari peran social network, mulai terpangkas total sekat antara marketer dengan pelanggan ataupu calo pelanggannya…
    Jika masih memberlakukan outbound marketing tentu akan lebih lambat perkembangannya dibandingkan menggunakan inbound marketting ini..
    Penciptaan sebuah consep yang unik dalam pemasaran maupun tampilan produk mutlak harus selalu dilakukan untuk menciptakan hal2 baru agar pelanggan selalu merasa diperhatikan dan dimanjakan…

  12. Alhamdullilah akhirmya bisa ketemu website sampean,dari tadi muter terus jaringanya di komputer saya,kemungkinan lemoot yaah?Salam jumpa balik mas

  13. terus terang saya sangat senang main kesini, karena dapat ilmu marketing yang saya rasa memang sangat sesuai dengan keadaan sekarang ini. tapi kendala saya ya memang saya yang lemot jadi mesti dibaca berulang ulang.
    Thanks Bli

  14. wah manteb deh mass
    makasih ilmunya, sekalian nih belajar bisnis dari muda.
    udah lama gg ke blog mas http://andrysianipar.com
    nyari alamat nya eh ternyata kete mu lagi :)

  15. Mekanisme Inbound marketing akan bisa dilakukan jika dan hanya jika kita sudah tahu market kita itu di “level” mana..apakah demikian, Bang?

    Hani makin penasaran…tapi hal kek gini memang lebihbaik belajar sambil mempraktekkan sehingga kita menemui contoh-contoh kasusnya yah…..

  16. BTW, sudah mendaftarkan email tapi tetep gak dapet berita uodatednya lho…. :(

    • Coba Double check dech… coba cari email dengan subject “Blog Bisnis dan Pemasaran” kalau ada , itulah update nya…

  17. wah2, artike bisnis yang menarik, lebih terlihat advance dan muatan yang berbobot. sip.

    • Silakan di baca dan dipahami secara baik. semoga bisa bermanfaat..

  18. bagaimana konsep secara nyata tentang strategi inbound marketing ini jika dipergunakan untuk bisnis jada bukan produk..?
    Mohon penjelasannya.. terimakasih :)

  19. ups..sory Mas Andry… salah ketik
    saya maksudkan adalah Bisnis Jasa

  20. wah, ilmu baru lagi buat saya. terima kasih. salam

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Inbound Marketing | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Arief Rizky Ramadhan, Andry Sianipar. Andry Sianipar said: New Blog Post : …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>