Appearance Marketing

Posted by on Feb 5, 2011 in Bisnis | 66 comments

Sengaja Saya berpikir lama untuk menentukan Judul apa yang paling tepat untuk Artikel saya kali ini. Tidak terasa kita sudah memasuki bulan kedua ditahun 2011 ini. Keluarga, Teman, dan kolega saya di Bali pun mulai terlihat sibuk mempersiapkan banyak hal . Sebab Hari Raya Nyepi hanya tinggal beberapa minggu lagi. Satu hari dalam setahun yang begitu menakjubkan dan memberi berbagai suguhan menarik. Namun bukan itu yang penting, yang penting adalah bagaimana pelaksanaan Tapa Brata dan menjaga keharmonisan dengan alam dan isinya. Kali ini kita akan membahas salah satu aspek penting dalam Ilmu Pemasaran , sengaja saya pilihkan ;  Appearance Marketing santapan kita kali ini .

Kalau merujuk pada asal kata Appearance itu sendiri bermakna sebagai “Penampilan”. Lalu kalau bertemu kata kedua maka sudah jelas ini menjadi seberapa menariknya “Penampilan Bisnis” Anda. Mari kita bahas point point apa saja yang terkait ;

Business Mindset

Kemarin kita juga bicara tentang The Entrepreneurial Mindset , maka sekali lagi saya menempatkan ini dipoint pertama sebab memang inilah hal fundamental yang harus kita “analisa” dan kita “revisi” apabila ada anomali-anomali dalam proses Bisnis yang berjalan. Mindset adalah sebuah asset yang perawatannya dilakukan secara kontinyu dan harus benar-benar berhati-hati menjaganya. Saya tidak mengatakan bahwa ini adalah tugas berat. Apa yang ingin saya katakan adalah tentang pentingnya kita meyakini sesuatu secara positif sehingga apa yang kita pancarkan juga bersifat positif.

Deliver better Customer Attraction

Silakan baca kembali artikel saya sebelumnya yang berjudul Creative Customer Attraction. Appearance Marketing yang ingin saya sampaikan disini adalah tentang prinsip-prinsip atau point apa saja yang membuat “Penampilan Bisnis” kita lebih menarik dan membuat Pembeli menjadi pelanggan dan membuat pelanggan tidak memiliki alasan untuk mendapatkan produk yang kita jual dari competitor kita. Ingat, saya menitikberatkan pada pembangunan kualitas internal Bisnis kita dibandingkan membangun kesibukan “menganalisa pesaing”. Memang analisa pesaing itu sangat penting dan harus ada dalam sebuah unit Bisnis, Namun saya tidak nyaman jika menempatkan ini dalam Top Lists yang harus diprioritaskan. Point ini mengahruskan kita untuk bisa menghadirkan bentuk-bentuk pelayanan konsumen yang lebih baik dari yang dilakukan Unit Bisnis lainnya. Dalam ilmu pemasaran modern juga dikenal tentang sbuah Konsep yang sangat Powerful bila Anda terapkan, konsep ini dikenal dengan nama Marketing Utility Concept . Ada empat hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menerapkan Konsep ini

Form :   Maksimalkan nilai guna “bentuk” produk Anda supaya memenui kebutuhan pasar dan memecahkan masalah mereka  selama ini.

Time : Nilai guna waktu, perhatikan baik-baik kapan waktu yang paling tepat supaya produk Anda benar – benar “dicari” dan bisa diserap oleh Pasar secara maksimal.

Place : Semakin mudah produk Anda didapatkan , maka akan semakin meningkat pula Sales Volume nya. Maksimalkan point ini, buatlah Produk Anda benar benar hadir di Bentuk yang Tepat,Waktu yang tepat dan mudah untuk dibeli.

Posession : Kepemilikan,point ini sudah banyak sekali di terapkan oleh banyak Unit Bisnis didunia, adalah tentang bagaimana mengupayakan Konsumen untuk “memiliki” produk yang kita jual secara mudah. Dan Bank serta berbagai perusahaan Finance sebagai intermediary, benar-benar melihat peluang ini . Maka muncul lah berbagai tawaran cicilan dan kemudahan-kemudahan pembayaran lainnya.

Do things differently

Cara terburuk dan terkonyol dalam Berbisnis adalah : Melakukan Strategi dan teknik pemasaran yang sama dengan Kompetitor Anda dengan harapan mencapai kesuksesan yang sama besarnya. Mengapa saya katakan Konyol ? sebab tidak mungkin kita menyelesaiakn masalah dengan tingkat kesulitan yang semakin kompleks namun dengan cara yang sudah terpakai sebelumnya. Maka diperlukanlah Inovasi-inovasi Bisnis yang dinamis sehingga benar-benar semakin ramai dan Anda semakin yakin bahwa Anda memiliki peluang yang sama besarnya untuk meraih kesuksesan atas Bisnis yang Anda jalankan. Hope it would help !

Remember the two benefits of failure. First, if you do fail, you learn what doesn’t work; and second, the failure gives you the opportunity to try a new approach.

66 Comments

  1. Ciaaaat

    • Pasang kuda-kuda dulu

      • Selamat Kris…pertamax nya sudah ditangan tuh…

        • Hehe,permak nya ternyata berhasil bli,

  2. Wew,tips tips bisnis disini komplit bget nih,mantabb.
    Bisa buat pelajaran kalau bsok sdh mulai memasuki dunia perbisnisan

    • Semoga tambah semangat,Kris….jangan mau kalah sama si Arif Rizky Ramadhan..semakin muda, semakin baik untuk memulai Bisnis..

      • Hahai,oke bli,tapi mgkn jalan saya untuk memasuki dunia bisnis ada sendiri bli,hehe #sokbijak

        • tp ya pasti bli bisa untuk motivator saya kelak nii :D

  3. keren.. ilmu marketing begini memang mutlak harus di miliki kalau mau berbisnis,, :D

    • Semoga bermanfaat dan bisa diambil pelajarannya,Pak.
      sukses juga untuk Anda…

  4. Posting ini ‘in time’ banget! just what i need. bookmark~

    • Kalimatnya kayak spammer di Blog sebelah neeh…modusnya sama ya ?
      semoga bisa bermanfaat,Kang..silakan dibookmark dan diprint kalo perlu…

  5. Bisnis tanpa kegagalan ibarat masakan tanpa garam ya mas… Kita akan tau karakter yang tepat untuk kita, sepatu yang pas untuk kita melalui proses kegagalan tersebut…
    Calon Pelanggan yang sudah mengenali karakter unik kita, peluang besar untuk menjadi pelanggan. Yang penting 4 hal yang dijelaskan mas Andry tersebut selalu dijaga..
    Makasih banget sharenya mas….

    • Semoga kita bisa selalu belajar dan bangkit dari kegagalan kita ya mas… Salam

      • Wah..Danny Blogcepot nya bangkit lagi neeh…
        jadi tambah banyak teman teman saya yang jadi peternak Blog..
        semoga bisa terus bersemangat dan meraih kesuksesan..

  6. Selamat mempersiapkan hari raya Nyepi. Masih sempat menulis artikel nih… :)

    • Waduuuh… OOT gak minta izin dulu neeh…

      • Sorry bli… soalnya di pikiran nggak ada yang terlintas selain ucapin itu.
        hehehe…

  7. Kegagalan tidak selalu buruk ya dalam bisnis. Mesti intropeksi. Tapi bisnis juga berubah terus ya, mesti inovasi… (sok ngomongin bisnis nih..,)

    • Betul bangettt Ibu Guru , Inovasi adalah salah satu fokus Bisnis yang tidak boleh dianggap remeh dan dipandang sebelah mata..

  8. Selamat pagi Pak Andry, saya mahasiswi fakultas ekonomi disalah satu Universitas di Sulawesi. dan saya sudah lama mengikuti perkembangan tulisan-tulisan Pak Andry. Dosen saya merekomendasikan Blog Pak Andry untuk belajar kami. kalau Bapak berkenan, saya ingin sekali mengundang Pak Andry untuk menjadi dosen tamu. mohon respon bapak apabila berkenan saya tunggu di email saya ini. terimakasih sebelumnya.

    • Terimakasih yang tak terhingga atas apresiasi nya. Saya sama sekali tidak menduga kalau Blog yang sederhana ini bisa jadi sebuah rujukan . Saya sudah mengirimkan email mengenai penawaran menjadi dosen tamu,nya. semoga bisa terlaksana dan bisa berbagi isnpirasi dan manfaat.

      • Mantaf bli, kalo ada kesempatan berbagi ilmu seluas2nya, rejeki akan menyertainya

  9. Pemasaran produk apapun harus memiliki ciri khas yang berbeda dengan pesaingnya..
    Sukses dengan inspirasi bisnisnya.
    SALAM Hangat dari Kendari. :)

    • Keunikan atau ciri khas sebuah unit Bisnis memang sangat berperan besar terhadap kekuatan Apprearance Marketingnya. semakin unik, maka akan semakin mudah diserap oleh benak konsumen..

  10. hal rentan dalam berkompetitor yaitu mereka mengetahui strategi pemasaran kita. kalo bisa resep pemasaran kita di perhalus sehingga mereka tidak mengetahui gerakan bawah tanah kita :D

    • Bagaimanapun memang ada komponen strategi yang harus dirahasiakan. Disinilah diperlukan adanya flexibiltas dan cepat tanggap nya sebuah Bisnis terhadap perubahan – perubahan yang sifatnya Controlable ataupun yang un-controlable…

  11. Hmmm, kunjungan pertama langsung membuat saya terhenyak. terperanjat. Tips-tips bisnisya sangat mantap, Bung. Rasanya saya harus kembali lagi utnuk membacai tips-tips bisnis yang lain yang saya rasa tidak kalah menarik dari yang satu ini.

    Salam.

    • Selamat datang Bung Eko, di rumah saya yang sederhana ini. Semoga bisa menambah warna khazanah berpikir Anda…

  12. tiap pengusaha haruslah memiliki bisnis dan triknya sendiri.. saya setuju mas.. bukannya mengikuti dan menjiplak lalu mengharapkan mendapat laba yg sama, namun harusnya bisa membaca pasar dan lebih bijak… mungkin pelayanannya lebih di tingkatkan dan lain-lain…

    • Semoga semakin bisa mendapatkan pemahaman yang komprehensif setelah membaca artikel saya diatas dan juga ada beberapa artikel terkait lainnya..
      terimakasih..semoga sukses selalu untuk Anda..

  13. berarti memang musti menganalisa dulu kompetitor sebelum bisnis itu berjalan? atau sembari berjalan menganalisa? hehe, yang penting jangan pantang mundur kalau berbisnis.

    • Keduanya bisa jadi benar Mas.. Salah satu point penting yang ingin saya sampaikan disini adalah bukan pada seberapa “repot-nya ” kita menganalisa pesaing tapi lebih kepada membangun mindset Bisnis yang benar lalu berfokuslah membangun pelayanan yang baik dan menghadirkan inovasi produk yang terus seiring dengan kebutuhan target pasar yang hendak kita tuju..

  14. Met malam Bang….

    Berusaha meresapi setiap kalimat yang di paparkan di sini, sepakat jika business mindset di taruh di posisi teratas karena aura yang terpancar akan berbedah dengan mereka yang tidak punya mindset positive.

    Think positive, positive life will be :)

    Karena merasa telat dapat infokeknya harus berlangganan dech…..

    Nggak bisa disharing di FB biar team bisa baca juga….

    • Sementara ini Link ke FB dan FB comments saya close karena kurang efektif. Mungkin suatu saat akan saya pasang lagi kalau sudah ready..
      Ingat , di artikel kemarin kita bicara tentang Zero Mind Process ?
      nah , ini adalah salah satu bentuk aplikasi nyata nya..
      Hope it would help !

  15. Mencoba mendaftarkan e-mail untuk berlangganan artikel di sini tapi gagal…. :cry: gak bisa baca captcha

    • Apa karena koneksi yang lambat ? atau memang Captha nya sulit dibaca ?
      coba aja di re-fresh dan ulangi lagi process nya.
      Sampai jumpa di artikel-artikel saya selanjutnya..

  16. keren ini bli, jadi pengen coba dunia bisnis

    • Silakan di aplikasikan secepatnya…sukses selalu untuk Anda..

  17. Marketting adalah ujung tombak dari segalanya, sehingga ilmu marketting harus sangat kita kuasai

  18. Hampir kabur aku tadi,krn saya melihat judulnya bhs inggris,krn saya memang kurang tau bhs inggris,tapi setelah saya baca isinya coock buat saya yg masih baru memulai bisnis di dunia maya,walaupun bisnisnya blm muncul.
    Selamat malam lae sianipar.

  19. Artikel yang mantap bli. Betul, penampilan memang dapat mempengaruhi mind set. Jika penampilan kita baik, tentu pendangan orang lain akan ‘kena’ dulu. Beda kalau dari awal saja penampilan kita sudah awut-awutan, wah, mana ada costumer yang percaya :)

    • Thats the Point , Sir….
      sampai jumpa lagi di TL #bloggermalam…

  20. Makasih Bang….akhirnya bisa submit e-mail, hehehhe

    • Oke. selamat menikmati artikel-artikel saya. semoga bermanfaat dan jadi tambah semangat, menghadapi segala tantangan Bisnis…

  21. Musti bener2 punya inovasi dalam beraksi, gak cuma memakai metode yang sudah terpakai sebelumya. :D

    • Itu hanya salah satu point yang ingin saya sampaikan..
      terima-kasih,Kim…

  22. Semoga tambah sukses dengan lebih meningkat lagi usahanya mas, bagus itu tips-tips nya dapat menambah pengetahuan usi dalam berbisnis.
    Salam kenal dan terima kasih mas.

    • Semoga bisa mengambil manfaat dari apa yang saya tulis dan menjadi dorongan semangat tersendiri bagi Anda dalam menjalani segala aktivitas…

  23. halo Bli pa kabar:)

    • Alhamdulillah Baik Mas…
      gimana Bisnis nya ? semoga Lancar jaya Selalu…

  24. makasih tip-tip nya, sangat bermanfaat. ok sekali . semua memang harus dipikirkan dulu ya.
    wah. makin sukses ya, dan harus tetep semangat.

  25. Saya menyangka appearance berarti penampilan berarti menyangkut kemasan fisik. Tapi kelihatannya saya salah sangka. Setelah membaca artikelnya ternyata lebih kepada kemasan pola pikir.
    Tampaknya saya bisa belajar banyak tentang pemasaran/marketing di sini.
    Salam kenal.

  26. mantab bener dah ilmunya
    saya sedot pake disel ya mas, biar cepet dapetnya
    hehehehe

  27. Cukup lumayan bagus juga deh!
    Keren, Sukses untuk semuanya yah!

    Salam Kenal Semua Na…

  28. untuk mindset harus tetap diperhatikan dalam pemasaran karena sangat menentukan keberhasilan di tahap selanjutnya

  29. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  30. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

  31. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

  32. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

  33. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  34. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

  35. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

  36. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Appearance Marketing | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Puguh Kris Killjoys and Andry Sianipar, Andry Sianipar. Andry Sianipar said: Appearance …
  2. Andry Sianipar.Com: Referensi Belajar Ilmu Marketing dan Bisnis | Catatan Motivasi Blogging Indonesia - [...] Appearance Marketing [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>