The Surprising Power !

Posted by on Jan 8, 2011 in marketing | 64 comments

Ini adalah postingan pertama Saya di awal tahun 2011 ini, Sebuah era baru yang buat sebagian besar orang adalah tahun penuh optimisme. Kita semua tentu berharap bisa melewati tahun ini dengan sangat gemilang dan menghasilkan banyak hal yang membanggakan. Seminggu belakangan ini memang waktu Saya banyak tersita di pekerjaan offline. Beruntung nya saya masih punya kesempatan untuk terus berkomunikasi dengan teman teman , baik sesama blogger  ataupun teman teman penggiat Marketing dan beberapa teman Pebisnis di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti biasa, dari sekian banyak email di inbox ,perbincangan atau malah hanya sekedar guyon semata dari beberapa teman akhirnya saya mendapatkan pelajaran baru yaitu tentang arti : The Surprising Power.

Saya jadi teringat tentang salah satu koleksi buku  saya  yang berjudul “A Negotiator’s Secret” karya William James . Ada satu kalimat  yang cukup relevan dengan judul pembahasan kita kali ini, William James berkata : “ The deepest principle in human nature is the need to be appreciated”.  Kalimat ini terasa sangat natural dan benar benar mewakili sisi “manusia” kita semua. Saya yakin tidak ada yang membantah kebenaran pernyataan ini.  Lantas apa kaitannya dengan Bisnis dan Pemasaran ? Nah, inilah dia beberapa point yang Saya  rangkumkan untuk Anda :

Marketing Power bukanlah segalanya

Pasang surut dalam sebuah Bisnis adalah hal yang sangat biasa,wajar lumrah atau apalah istilahnya. Jangan mudah berkecil hati dan putus asa.  Perhatikan kalimat berikut : Tidak penting,apakah gelas Anda setengah penuh atau setengah kosong. Yang jelas Anda masih punya gelas khan ? Marketing Power yang Anda bangun dan Anda eksekusi pada subuah level pasar mungkin tidak atau belum menjangkau “kedalaman” yang Anda rencanakan dan harapkan. Dan memang tidak ada kerajaan bisnis yang dibangun dalam waktu satu malam. Maka , Syukuri dulu bahwa Anda punya Marketing Power  sebagai modal dasar. Lalu setelah itu Maksimalkan Marketing Conversation ke target pasar Anda. Dan lihat bagaimana ini bekerja, setelah itu evaluasilah titik “kurangnya”.

Memaksimalkan Sumber Daya

Setelah paradigma marketing Anda kita perbarui, maka mulailah dengan memaksimalkan Sumber Daya Marketing yang Anda miliki, jangan menambah cost pada hal hal diluar sumber daya yang memperparah kondisi Cash Flow Anda. Hampir setiap hari saya menerima email dari beberapa temn Pebisnis yang dari isinya saja tercermin kalau ia seperti mengalami sesuatu yang Saya sebut sebagai “kegagalan untuk berdamai dengan konflik konflik penghargaan atas usaha nya sendiri “.  Sejak awal teman teman Pebisnis dan Marketer pastilah menyadari kalau bidang ini termasuk yang paling cepat manuver perubahannya ( Daily Basis ). Belum lagi,perkembangan teknologi juga sangat erat mempengaruhi Trend Pemasaran dan Trend Pengambilam Keputusan Konsumen untuk memilih produk yang paling “sesuai” dengan diri mereka…

Observasi  dari Banyak Sisi

Saya juga jadi teringat salah satu ungkapan bagus dari Mother Theresa : Adalah penting untuk segera bangkit dari kegagalan,sebab jika berlama –lama perasaan ini akan bermutasi menjadi “trauma emosional”.  Mental pribadi sebagai Pebisnis dan Marketer haruslah manjadi pribadi yang tangguh dan mudah bangkit jika terjatuh.

Ciptakan terus Peluang Kreatif

Kreativitas disertai konsistensi yang tinggi, inilah dua modal dasar yang harus dimiliki untuk mencapai Surprising Power of Marketing. Kesadaran akan pentingnya membangun community,disertai kemampuan marketing conversation yang baik dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan hanya bisa diciptakan dengan cara cara yang inovatif hasil dari sebuah kreativitas yang terus berkembang. Belum lagi,jika ita bicara soal Branding, kreativitas yang mendorong Surprising Power sangatlah besar perannya. Kalau begitu bersiaplah menjalani tahun ini dengan Surprising Power yang  telah Anda formulasikan dan kemudian eksekusi kedalam tindakan nyata yang gemilang. Hope it helps !

Formerly,when great fortunes were only made in war, war was Business ; but now when great fortunes are only made by Business ; Business is war… !


64 Comments

  1. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

  2. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>