Persuasive Marketing

Posted by on Jan 20, 2011 in marketing | 38 comments

Saya merasa akhir  – akhir ini cuaca sangat sulit diprediksi. Begitu juga yang terjadi di Denpasar,Bali. Seringkali datang hujan secara tiba-tiba. Ada beberapa teman yang mengatakan “kurang maksimal” Bisnis nya atau tingkat produktivitasnya terganggu karena hal tersebut. Normalnya memang hal ini bukanlah alasan yang  yang kuat dan valid untuk membenarkan  “kerugian” yang di terima nya. Sebab teman saya ini mengelola sebuah unit produksi garam di bagian barat , pulau Bali. Maka memang cahaya matahari merupakan modal yang sangat diperlukan utnuk bisa menghasilkan garam dalam kualitas dan kuantitas yang memadai. Dilain sisi, seorang teman yang mengelola Bisnis Jasa Photography Pre-wedding justru mulai berfikir agak “melebar”, dari hasil pembicaraan singkat inilah Saya tiba-tiba ingin membahas topik menarik ini.  Di postingan kali ini, kita akan bicara tentang pentingnya Persuasive Marketing. Pernah dengar istilah ini ? An action is only as powerful as the intention behind it.


Saya banyak juga menyarankan kepada teman teman Saya yang sudah dalam tahapan “mengelola “ Bisnis nya secara professional agar supaya benar benar menaruh “tanggung jawab” yang besar terhadap apa yang diniatkan sebagai “perbuatan baik “ sebab itu merupakan pondasi utama dalam membentuk “kenyataan” yang baik juga. Perhatikan baik baik sales letter Anda, pilih kata – kata yang “menjual” namun tetap menjaga integritas . Eksekusikan Strategi Pemasaran Anda dengan baik,fokus dan  bertujuan untuk “long term profitable growth” .  Marketing Plan yang sudah sejak lama di-ikrarkan merupakan sebuah “peta” yang menuntun Anda “mendekati” kesuksesan. Kalau sudah dekat, berharaplah “kemurahan “ Tuhan untuk menyampaikan Anda dititik kesuksesan tersebut. Mungkin kita juga sudah terlalu sering dihadapkan pada situasi yang memaksa kita harus bersikap sangat reaktif terhadap banyak “pilihan” produk yang setiap saat ditawarkan oleh banyak sekali dan beragam unit Bisnis. Apa kaitannya dengan bahasan kita kali ini ? perhatikanlah, tentang seberapa “elegant” nya sebuah Teknik Marketing menerapkan Persuasion Marketing mereka. Semakin canggih dan menginspirasi ( meningkatkan produktivitas pemakainya ) maka hampir bisa dipastikan bahwa produk tersebut akan sangat besar peluang nya untuk segera “diburu” dan dibeli oleh target marketnya.

Persuasi vs Manipulasi

Secara signifikan, Persuasi sangatlah berbeda dengan Manipulasi. Kalau manipulasi adalah sebuah kepalsuan dan pasti akan cepat berakhir, maka Persuasi dianggap lebih “menunjukkan” orisinalitas dan bersifat “mengajak” target pasar Anda untuk mengenal dan membeli produk Anda. Sales letter yang Anda buat dengan teknik copywriting yang sangat elegant dan bersifat ; story telling. Inilah yang ideal Saya sebut sebagai “Persuasive Marketing “.

Konsep 5 C dalam Persuasive Marketing

Jika memang Marketing communication yang selama ini Anda terapkan sudah memenuhi standart “Conversation” maka sepertinya Anda sudah berada dijalur yang benar untuk kemudian selangkah lagi melengkapinya dengan  5C dalam kaitannya dengan Persuasive Marketing,sebagai berikut :

  • Content
  • Character
  • Confidence
  • Concrete
  • Check

Akan sangat panjang artikel ini kalau Saya bahas satu-satu penjelasan component 5C tersebut. Semoga Saya bisa mebahas secara terinci apa yang dimaksud dengan kelima komponen “C” tersebut di artikel tersendiri. Apa yang Saya dapat simpulkan dari pembahasan kali ini adalah :

Marketing itu sedikit banyak mirip dengan “kontes mencari jodoh”, keberhasilan sebuah Strategi Marketing bisa direfleksikan dengan sebarapa besarnya “kue pasar” yang bisa menyerap produk kita. Marketer yang sukses tidak akan memaksakan produknya untuk masuk disemua lini pasar. Sebaliknya, kita haruslah secara “cerdas” dan konsisten , mengidentifikasi “prospect” atau target market yang mana yang benar benar bisa Anda raih dan bisa memberikan keuntungan , kemudian sampaikan lah pesan pesan Marketing Anda secara persuasive dan elegant.

38 Comments

  1. pertamax dalam genggaman

  2. pertamax aman. goyang kakung dulu ah

    • saya setuju dengan pentingnya persuasive dalam marketing karena memang itulah kenyataannya saat service dan kualitas itu sendiri mendapatkan suatu masalah teknis maupun non teknis.

      tanggung jawab benar-benar di uji saat itu. namun pada prakteknya sendiri antara persuasive dan manipulasi beda tipis. menutupi kekurangan dengan alasan yang hal masuk diakal sehingga di maklumi.

      saya melihat memang dalam marketing online dan offline di bagian ini lah perbedaan terbesarnya. sebab Marketing communication secara langsung membutuhkan kepiawaian yang lebih seperti dalam konsep 5c di atas.

      • Betul banget Kang, sebagai marketer akan sangat elegan kalau kita tidak melakukan manipulasi, disaat komunikasi semakin mudah dan murah seperti saat ini, siapa yang melakukan manipulasi pasti akan cepat teridentifikasi. Lebih baik melalui jalan persuasi saja. lebih terhormat dan mengundang rahmat Tuhan..

  3. Wah kalah jauh ni,

    • Harus dicoba ni,persuasive marketing,biar bisnisnya gk cepat gulung tikar kyk penyanyi2 indo yg cuma lewat gtu aj,hehe

      • Harus dicoba donk…jangan sia-sia kan kesempatan. segera eksekusi dan evaluasi,setelah itu ambil teknik Pemasaran terbaik sesuai dengan karakteristik Pasar dan Niche yang Anda pilih … semoga sukses…

        • uke uke bli,siap laksanakan perintah,hehe

  4. Teknik marketing memang harus dicoba seperti halnya dalam memulai bisnis, teknik marketing yang sukses untuk pengusaha A belum tentu sukses juga untuk pengusaha B. Seperti halnya ukuran sepatu. Belum tentu kita nyaman memakai sepatu orang lain. Kita harus mencari dan memakai sepatu yang cocok dan nyaman untuk kita.

    • Terima kasih Dhanny atas tambahannya. sampai jumpa lagi
      di timeline #bloggermalam.

  5. Sepertinya, saya mendapatkan banyak ilmu baru di web in. Terima kasih banyak.

    • Silakan di baca dan semoga bisa mengambil manfaat adri apa yang Saya tulis. sukses selalu untuk Anda !

  6. Saya tertarik dengan penggunaan story telling dalam marketing. Ya, sering kita mendengar ada acara demo memasak, misalnya. Di situ ada produknya dan ada orang yg menceritakan kelebihan2nya, dan langsung dipraktekkan di depan customer. Inilah saya kira yang paling efektif dalam persuasive marketing. Jadi bukan hanya sekedar iklan media yang bombastis namun tak menyentuh sisi personal dari costumer, persuasive marketing memang lebih efektif.

    • Story telling memang saya yakini saat ini masih menjadi The Most Powerful Technique sebagai bagian dari Marketing Persuasion. Banyak Korporasi raksasa didunia yang “menghadirkan” story telling dengan luar biasa baiknya dan ini juga berimbas pada sales revenue yang bergerak menanjak secara signifikan juga.

  7. Kunjungan Balik
    salam kenal mas Andry >_<

  8. bahasannya serius :D
    perlu juga ne sebagai acuan, tapi sekarang sepertinya yang online lebih bagus
    bisa maksimal juga…

    salam…

  9. wah serasa kuliah saja. thanks for sharing

  10. mantab sekali gan analisanya….!!!
    moga sukses bisnisnya yach :D

  11. Saat baca paragraf akhir, saya jadi ingat ucapan Ahira: semakin spesifik niche, semakin baik. :)

  12. Salam kenal Bli , tulisannya meninspirasi saya untuk belajar marketing lebih dalam lagi, sukses

  13. saya tunggu pembahasan yg lebih terperincinya ya.. hehe.. master tentang marketing nih kayanya :D

  14. salam kenal…
    sangat inspiratif…

    Recommended Blog ^_^

  15. klo character apa mas ?

  16. saya sangat setuju dengan konsep story telling, saya selalu menggunkan itu bukan hanya dalam bisnis tapi juga dalam menyentuh perasaan kekeasih saya…. hehehhe….

    bagaimna kalau menjadikan pelanggan anda seperti kekasih anda…!!! tentunya akan terjadi harmonisasi antara anda dan pelanggan anda.. :D

    • Wah,,kayaknya muridnya Ronald Frank neeh..semoga sukses selalu..

  17. amiennn mas… sama – sama sukses….

  18. cahaya matahari selain untuk garam juga untuk menarik wisatawan yang mau lihat sunset ya ? hehehehe.. sori OOT mas..

    saya nyimak aja :)

  19. persuasive marketing, tentang marketing ya, wah cocok banget,
    saya juga lagi mencoba menggeluti dunia marketing. makasih artikelnya.
    salam sukses selalu.

  20. Informasi & ilmu yang berguna sekali. Terutama bagi saya yang sedang menekuni bisnis sendiri.
    Terima kasih yah Mas. Dan salam kenal :)

    Dian

  21. “Marketer yang sukses tidak akan memaksakan produknya untuk masuk disemua lini pasar” bagaimana dengan mencoba melebarkan sayap? atau dengan kata lain mengambil peluang yang ada?

    Selalu membuat saya exciting bang, walaupun ilmu yang saya dapat saya terapkan di perusahaan tempat saya bekerja…

    Saya sedang belajar untuk melakukan “long term profitable growth” story telling or telling story ni? he he he he

    Keknya saya semakin banyak tanya yah???

  22. Apakah pelayanan publik seperti kantor saya perlu marketing? Menurut mas Andry gimana?

    Saya jawab sendiri saja perlu! tapi mungkin bukan marketing tapi lebih pada sosialisasi ya!

  23. terima kasih infonya Pak, jadi punya pengetahuan baru.

  24. saya paling suka dengan teknik persuasif marketing karena biasanya hasil yang didapatkan jauh lebih cepat

  25. menurut saya persuasif marketing sangat bagus sekali dalam meningkatkan penjualan produk maupun jasa saya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Persuasive Marketing | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by ibrahim harly, Andry Sianipar. Andry Sianipar said: RT @Andry_Sianipar: Persuasive Marketing - …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>