Creative Customer Attraction

Posted by on Jan 15, 2011 in marketing | 89 comments

Mudah mudahan ini bukan hanya fenomena sesaat, Saya merasa dan mendapati teman teman Saya yang memang sudah memutuskan untuk jadi Pebisnis full time terlihat sangat bersemangat dan sangat cepat sekali manuver-manuver Bisnisnya. Entah memang ini pengaruh awal tahun atau mungkin  karena teman teman banyak mengambil manfaat dari banyak artikel yang saya tulis sehingga benar-benar menjadi inspirasi bagi mereka ( Amin ). Saya juga sebenarnya tidak kalah bersemangat, Saya benar-benar sedang “menikmati” penggarapan Blog baru saya di lovingjazz.com Saya benar benar “kesengsem”  dengan “mainan” baru ini. Sambil berharap bisa memenuhi “hasrat” beberapa teman dari luar negeri yang juga sesama jazzlovers. Baiklah,kali ini kita akan membahas sebuah topic yang tidak kalah menarik juga dibandingkan dengan pembahasan musik Jazz.Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana kita “meng-attract “ Target market agar bisa benar-benar menjadi real customer dengan teknik tekni yang kreatif.

Saya banyak sekali berteman dengan “Solopreneur” atau juga bisa di istilahkan sebagai “single fighter” dalam menjalankan Bisnisnya. Apakah ini baik atau buruk ? Saya Tidak bisa menjawab dan tidak mau menjustifikasi apakah ini bernilai plus atau minus. Yang akan kita bahas kali ini bisa saja diterapkan oleh “Solopreneur” ataupun oleh Unit bisnis tingkat Corporate .

Berkomitmen tinggi untuk Menarik pelanggan baru

Tidak hanya tentang bagaimana mempertahankan loyalitas pelanggan, tapi juga harus terus dipikirkan tentang upaya “taktis” menghadirkan pelanggan baru demi kelangsungan sebuah unit bisnis. Lalu,bagaimana cara nya ? Saya suka sekali menggunakan istilah ini : Just carve out time on your calendar by noting: Creative Customer Attraction Time. Sediakan setidaknya,Delapan jam dalam seminggu untuk “menyambangi” target pasar Anda secara lebih dekat dan lebih intim. Observasi tentang seberapa “tidak menariknya “ produk Anda sehingga mereka belum membelinya. Atau memang mereka belum tahu eksistensi produk yang Anda jual ?

Ketahui Problem target market Anda

Setelah point pertama , kita akan sampai pada tahapan “meng-evaluasi” tentang problem apa yang menyebabkan mereka belum “mencari” produk Anda. Ingat !!! bahwa idealnya yang disebut Potential Customer adalah : sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan,keinginan dan daya beli. Jika salah satu dari syarat ini belum terpenuhi , ya jelas saja mereka tidak membeli produk Anda. Meskipun butuh dan ingin,tapi kalau tidak punya daya beli , belum bisa dikatakan Potential customer sepenuhnya.

Tentukan Unique Selling Proposition Anda

Buatlah questioner yang bisa Anda sebarkan pada potential target market Anda. Kirimkan melalui email,surat atau alat komunikasi lainnya. Mudahkan mereka dalam menjawab questioner dengan hanya menawarkan jawaban “ya” atau “tidak” dan bukannya menggiring mereka pada jawaban yang kita inginkan. Saya rasa juga sah saja jika sedikit menyelipkan kalimat iklan di akhir questioner. Setelah data ini kita pegang,mulailah tentukan Unique Selling Proposition Anda. Caranya adalah dengan mentabulasi data jawaban dan bandingkan dengan sejauh mana “nilai tambah” produk Anda bisa benar benar memenuhi kebutuhan mereka.

Buat Rencana Aksi Pemasaran

Sekarang Anda sudah punya “puzzle” yang cukup untuk dirangkai dan di utak-atik sebagai modal dasar menyusun Marketing Action dan formulasi strategi yang diharapak bisa meningkatkan sales volume. Saya juga masih berpendapat kalau “perencanaan“ itu sendiri adalah “keputusan” jadi sebenarnya siklus management itu dimulai dari pengambilan keputusan baru perencanaan ( kita akan bahas lebih detail di artikel-artikel selanjutnya ).

Loverage – Bisnis Anda

Saya juga baru dapat istilah ini,kalau selama ini kita hanya kenal istilah leverage,ternyata ada yang lebih dahysat dan terkesan powerful, yaitu ; Loverage. Cintai apa yang Anda lakukan dan lakukan apa yang Anda cintai, disanalah Tuhan akan memperhatikan Anda secara special dan memberikan bantuan tanpa diminta.

Closing – Turn Prospects Into real Customer

Setelah point point diatas benar benar terpenuhi, segara ambil keputusan dan “jemput bola” pada mereka yang benar benar menaruh minat terhadap produk Anda. Hubungi mereka dan mulailah menjual. Hope it  would help !

89 Comments

  1. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

  2. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

  3. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

  4. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

  5. Ilmu yang sangat membangun cuma di Wibesite ini di dalamnya banyak Kumpulan Artikel dan Tipsnya, boleh dicoba. salam sukses

  6. Terimakasih untuk Info yang Bagus dan Menarik, Boleh dicoba. semoga berhasil

  7. Baru kali ini saya temukan Wibesite yang sangat Amazing, boleh dicoba Tipsnya. semoga berhasil

  8. Postingan yang berguna terutama Tipsnya boleh dicoba. salam sukses

  9. Terimaksih sekali atas Motivasi dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  10. Artikelnya bagus sekali, boleh dicoba Tipsnya. sukses selalu

  11. Amazing , sangat Amazing Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  12. Tips dan Saran yang bermutu, Amazing Artikel, boleh dicoba. salam sukses

  13. Ilmu yang bermanfaat untuk dicoba Tipsnya, Artikelnya Menarik. Terimaksih

  14. Artikel yang sangat Infomatif,boleh dicoba.sukses selalu

  15. Terimakasih untuk Tips dan Artikel yang sanagt berguna.boleh dicoba.sukses selalu

  16. Artikel yang sangat berguna, boleh dicoba tipsnya.semoga berhasil

  17. mempertahankan pelanggan perlu trik dan cara khusus agar tetap mau berlangganan dengan produk maupun jasa kita

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Creative Customer Attraction | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Puguh Kris Killjoys. Puguh Kris Killjoys said: RT @Andry_Sianipar: Creative Customer Attraction …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>