The Psychology Of Selling

Posted by on Dec 18, 2010 in marketing | 50 comments

Ternyata banyak hal yang apabila kita “renungkan“ secara mendalam, bisa menjadi sesuatu yang “ berharga“ dan menjadi sesuatu yang memorable.  Disetiap  Penghujung  tahun akan ada dua kelompok besar, yang pertama kelompok yang “bersorak” karena pencapaian-pencapaian nya tahun ini berlangsung secara gemilang dan bersiap kembali menyambut tahun baru dengan beragam “cita-cita“ baru. Lalu,kelompok kedua yaitu yang tidak terlalu peduli dengan prestasi nya yang belum tercapai ,malah akan di deklarasikan kembali agar tercapai di tahun depan. Saya tidak mengatakan bahwa kelompok kedua tidak lebih baik dari kelompok pertama,semua orang punya “kekuatan” dan “keterbatasan”  nya sendiri. Setelah kemarin kita bicara banyak mengenai Marketing Conversation dan Engagement Marketing ,kali ini kita akan bicara mengenai sesuatu yang lebih Practical. Saya lebih senang menyebutnya sebagai  The Psychology Of Selling.

Saya banyak juga membaca tentang sejarah perkembangan The Psychology Of Selling dari waktu ke waktu. Perkembangannya semakin kesini mengarah kearah yang lebih baik – terlepas apakah Persuasive atau malah Hard selling technic – . Dengan banyak bermunculannya Business School di Indonesia maka semakin baik menurut Saya, disamping berpeluang menciptakan banyak entrepreneur muda tapi juga mengubah banyak Teknik Marketing yang di eksekusi oleh banyak perusahaan dan pelaku bisnis di Indonesia. Belum lagi bicara dalam scope yang lebih kecil, di Bali saja saat ini saja perkembangan The Psychology Of Selling Saya amati sangatlah baik. Ada timbul kesadaran yang sangat besar bahwasanya, Bisnis dan Produk haruslah Eco-friendly, kalau tidak memenuhi kriteria tersebut akan sangat susah menembus pasar dan bertahan lama. Kesadaran semacam ini yang saya harapka pula agar berkembang di atmosfer Bisnis Indonesia. Tentang bagaimana  mengembangkan sistem manajemen pelanggan yang canggih untuk melacak perilaku konsumen, dan adanya upaya terus-menerus dan mulai disempurnakan agar sesuai dengan pasar  yang terus berubah secara cepat. Mari kita bahas satu persatu Point perubahan ini :

Perubahan Demografi

Demografi umumnya dijadikan salah satu varian oleh seoran Pebisnis atau Marleter untuk melakukan segmentasi pasar agar lebih jelas tentang target mana yang akan diraih. Tapi kini Analisa itu sudah mulai tidak relevan lagi,  Meningkatnya pendapatan disposable, berakhir-nya pandangan keluarga inti tradisional, perubahan peran Gender, meningkatkan waktu senggang, penerapan teknologi dan peningkatan kemakmuran dan harapan telah menyebabkan “Pasar Potensial” tidak hanya memiliki Uang tunai saja namun juga ada kemungkinan memiliki uang Non tunai.  Tapi ini juga berbanding lurus dengan pola pikir konsumen yang saat ini jauh lebih informatif dan menjadi “pemilih” untuk apa yang akan mereka membeli daripada sebelumnya.

Jaringan Internet

Saya rasa ini menjadi salah satu point yang sangat kuat dan “memaksa” para Pebisnis dan Marketer memodifikasi Psychology Of Selling yang mereka terapkan. Ingat bahwa Internet memungkinkan sebuah informasi berkembang secepat kilat dan ini menjadi dua mata pisau, kalau Marketing Style Anda baik dan Produk Anda juga inspiratif maka Pebisnis ataupun Marketer akan meraup profit yang besar dari sini,sebaliknya berhati – hatilah terhadap praktek Marketing yang terkesan “ mencurangi “ konsumen. Internet telah menjadi salah satu “pembalap” paling kuat dalam benak konsumen yang terus berubah trend-nya. Pelanggan menjadi lebih terdidik daripada sebelumnya, dan memiliki sumber tak berujung untuk mencari informasi di ujung jari mereka. Misalnya, situs perbandingan harga menyebabkan Pelanggan untuk memilih dan menganalisa secara sadar terhadap suatu produk.  Dan sisi baiknya adalah konsumen dapat dengan segera membuat kesempatan mengenai produk mana yang akan dibelinya,dari Produsen yang mana dan dengan metode pembayaran yang bagaimana pula. Semua bisa dikerjakan dengan waktu singkat. Inilah yang harus disadari oleh para Pelaku Bisnis dan Marketer,mau masuk kedalam Pasar yang lebih canggih,harus segera memperbaiki juga pelayanan dan Psychology Of Selling Anda !

Konsumen yang lebih cerdas

Ini adalah efek dari kedua point diatas,perubahan cara “menyimpan “ dan arus informasi yang sedemikian mudahnya untuk didapat dan dianalisa membuat konsumen kita semakin cerdas dan pemilh. Lalu bagaimana dengan loyalitas terhadap sebuah merk tertentu ? tentu saja masih akan sangat berpeluang, Saya masih yakin kalau semakin cerdas konsumennya maka dia akan menjadi demakin fanatic terhadap sebuah produk , Menarik ya ?

Pemberdayaan Pelanggan

Ingat bahwa ! Senjata promosi yang paling dahsyat adalah : Pelangan Anda yang puas dengan produk atau jasa Anda ! Kalau dia puas, tidak perlu diragukan lagi dia akan melakukan “word of mouth marketing “ meski tanpa diminta. Kalau begitu,pemberdayaan pelanggan sangatlah penting, Psychology Of Selling yang baik haruslah mempertimbangkan point penting ini. Buat apa biaya promosi yang besar kalau pelanggan Anda tidak puas dan menyebarkan berita ketidakpuasannya melalui berbagai media informasi. Harapan saya , kita akan terus berada dalam sebuah kondisi dan atmosfer dunia bisnis yang semakin menarik,tidak hanya “menguntungkan” beberapa pihak namun juga akan memberi keuntungan balik kepada Pasar nya. Bukankah sekarang ini juga sedang trend konsep  “Corporate Social Responsibility ? “ Kita bahas di artikel artikel saya selanjutnya . Hope it would help !

50 Comments

  1. Kalau ada Psychology Of Selling, berarti semakin lengkap saja disiplin ilmu ini.

    • Memang semakin kesini, Ilmu pemasaran berkembang dengan sangat pesat dan bisa mengakomodir beberapa ilmu lain yang terkait.

  2. Pemberdayaan Pelanggan ya ? saya juga terapkan itu dengan cara pemberian reward kepada member get member .

    • Semoga sukses dengan member get membernya. silakan terus berkembang ke teknik teknik pemasaran yang lain,dengan harapan terus memperbesar harapan long term profitable growth.

  3. Konsumen yang semakin cerdas pasti lebih selektif dalam memilih produk yang akan dibeli.

    • Betul sekali, tapi ini juga berbanding lurus dengan para Investor kita yang juga semakin cerdas memilih media dan cara berinvestasi.

  4. perubahan-perubahan di atas memang terjadi dan begitu nyata sekarang ini. mungkin itulah Psychology dalam marketing ikut berperan.

    hmm… engga sabar pengen tahu kelanjutan artikel selanjutnya

    • Terimakasih Mas Andi, bagaimana ternak ikan nya? masih lancar khan ? silakan ditunggu artikel artikel menarik berikutnya..

      • ikan ternak kolomnya belum ada malah ternak blog dulu kali ya :D

  5. jadi harus lebih mengenal lebih detail lagi, bagaimana karakter kepuasan pelanggan ya Mas…makasi inspirasi bisnisnya…salam…

    • Semoga Bli bisa mengambil manfaat nya. sampai jumpa di artikel artikel saya selanjutnya Bli , dan selamat hari Raya Kuningan untuk saudara dan teman teman umat Hindu di Bali..

  6. hrus bsa mnjadi lbih baik tentunya :D

  7. Tampilan semakin oke mas Andry..
    Jujur mas Andry..begitu membaca artikel disini, jiwa saya menjadi tertarik untuk melangkah ke jalan bisnis, untuk diketahui hal ini pernah kami perbincangkan dalam acara kopdar, kalau blog mas andry…sangat2 inspiratif dalam dunia bisnis… terima kasih banyak mas…atas kerendahan hantinya untuk berbagi.”Salam super”

    • Dengan Hani tentunya ya Bli, heeeee

    • Headernya memang hadiah dari seorang teman di perbincangan twitter, saya juga masih harus banyak belajar dari para senior ilmu Marketing lainnya, namun jga saya tidak akan lelah untuk terus berbagi pengetahuan dengan teman-teman semua. salam sukses juga untuk Bli dan selamat Hari Raya Kuningan untuk segenap keluarga di rantau..

  8. Saya sendiri sadar bahwa word of mouth marketing sangat ampuh..sering saya mendengar pelanggan berkata mengetahui sebuah product karena orang lain….

    Maka dari itu, peningkatan kualitas dan yang terpenting jangan membohongi konsumen sangatlah penting….

    Orang diri kita aja bisa jadi media marketing kok, dan jadilah word of mouth marketing tadi….

    saluuuteeee…

    Makin keren aja artikel2nya..

    • Terimakasih atas suportnya,semoga bisa terus berbagi dan menghadirkan manfaat yang baik untuk teman teman blogger semua.Word of mouth marketing bisa jadi “senjata andalan” yang cukup efektif untuk meraih pasar. Biarkan konsumen yang “bercerita” mengenai betapa hebatnya produk Anda, asalkan Inovasi yang terus menerus harus dilakukan agar Pelanggan tidak punya alasan untuk pindah ke lain Produsen.

  9. Kok Commentku ilang yah??

    • Maaf, comment nya tertangkap Akismet. lain kali coba lagi ya ! semoga beruntung…

      • Nggak cuma diblog ini….kenapa yah ketangkep si AKI mulu..

  10. Selling memang butuh pendekatan psikologi ya? Saya pernah denger juga konsep soft dan hard-selling. Hmm, jadi banyak belajar tentang bisnis di sini :D

    • Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas hadiah headernya Mas. semoga sukses selalu di perantauan . sampai jumpa lagi di artikel artikel saya berikutnya…

      • Saya yg justru berterimakasih Bli, hasil karya saya yg tak seberapa ternyata mendapat apresiasi :D

        Yup, betah baca2 artikel di sini :)

        • Headernya cukup representatif dengan apa yang saya inginkan “secercah cahaya dibalik awan” seperti mewakili kalimat ” inspirasi bagi para Pebisnis “. setuju ?

  11. sementara ini saya menyimak artikelnya mas, untuk bisa nyambung komentarnya blm begitu memahami karena blm terjun ke marketing, paling tidak ada ilmu menarik n baru buat saya yang bisa saya serap

    • Silakan saja Mas Tony, siapa tahu nanti memperoleh tambahan semangat yang luar biasa dan bisa menghasilkan bisnis yang sangat profitable suatu saat.

  12. bener mas.. kalau pelanggan puas pasti akan langsung memberitahukan dan promosi ke orang lain…
    tp kalau sekali gak puas, ya nanti pasti koar2 yang jelek :D

    • Yes, itu salah satu point yang ingin saya sampaikan. semoga bisa diambil manfaat nya…

  13. marketing is an art. Dinamis, selalu berkembang. Itu sebabnya saya suka. Memaksa kita berada dalam kondisi untuk selalu kreatif dan inovatif, terutama dalam strategi marketing.

    Termasuk psikologi penjualan. Karakter market share yg selalu berubah mengikuti trend tertentu, jelas akan mempengaruhi psikologi penjualan. Disinilah teruji, siapa-siapa marketer yg mampu bertahan dengan adaptasi yang cepat.

    • Setuju banget Mas , Creativity is number one in Marketing. Siapa yang kreatif dan peka terhadap perubahan trend pasar,maka ia sangat berpeluang untuk mendapatkan “kue pasar” yang lebih besar persentasenya..

  14. wah, menarik sekali belajar ilmu kek gini..
    sepertinya ini ilmu wajib jika ingin menjadi entrepreneur sukses!
    Mau ah,,

    • Silakan diambil pelajarannya Mas. semoga bisa bermanfaat untuk teman teman semua.

  15. Kunjungan balik nih. Psychology of Selling memang menyentuh hampir semua sisi marketing kayaknya ya. Sebagai mantan sales di perusahaan tekstil, saya cukup beruntung sempat mempelajari ilmu ini meski kemudian tidak dipergunakan lagi karena berganti pekerjaan. hehehe.

    thanks for sharing

    • Selamat menjalani profesi baru Anda dan semoga bisa terus sukses.

  16. siang mas,, bagi2 ilmu nih .. makasih y :)

    • Semoga bermanfaat dan bisa diambil pelajarannya.

  17. wah, ahli marketing nih… :) Saya sih gak terlalu ngerti, jadinya malah belajar disini :) Makasih mas. salam kenal.

    • Saya bukan Ahli , Mas..cuma sekadar berbagi saja..silakan ikuti terus perkembangan artikel artikel terbaru saya…

  18. thx post
    saqlam persahabatan

    • Terimakasih telah berkunjung…

  19. membaca ttg marketing yg makin beragam perkembangannya di blog ini, makin menambah wawasan baru bagi saya .
    terimakasih krn sudah berbagi, Andry
    salam

  20. Alhamdulillah, pagi-pagi hadir ke sini sudah disuguhkan pada ilmu yang baru. Denuzz juga tertarik dengan topik psychology of selling ini, terkait juga dengan kemajuan jaman yg pesat seperti ini… Secara Denuzz anak ekonomi juga :D

    Sukses, Kakak! tetap semangat dalam berbagi…

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  21. menjual adalah sebuah seni
    seni yang indah akan menarik peminat
    salamm sukses..

    sedj

  22. Wiks! Tampilan baru nih. Lebih seger dan nggak bikin ngantuk.

    • Semoga jadi semakin betah , berlama -lama dirumah saya ini..

  23. Met pagi Bli Andry, saya lagi banyak nyari ilmu tentang marketing neh. Tapi keseringan sambil ngendap-ngendap di sini hehe… :D

    • Hati hati…saya sebentar lagi akan menerapkan kebijakan baru,siapa yang mengendap-ngendap akan dikenakan extra cost…he he he..

      • Wah… gawat, harus segara pake wig ato kaburrrr :D

  24. I like psychology – dan memang benar konsumen sekarang sudah semakin cerdas. Untuk yang berbisnis harus pintar-pintar membacanya..

  25. Banyak strategi penjualan yang kami dapat dari blog ini..
    mantaaaaab..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>