Reputation Management

Posted by on Dec 30, 2010 in marketing | 48 comments

Saya tiba tiba terinspirasi untuk membahas topik ini setalah beberapa hari yang lalu,saya sempat berdiskusi ringan dengan seorang Pebisnis yang juga seorang teman baik saya di Bali. Awal perbincangan bermula ketika kita membahas tentang Marketing Ethics yang saat ini kami nilai sudah sangat berkembang dan mulai menunjukkan trend positif. Konsumen yang semakin pintar dan kritis, seperti “memaksa” para pelaku Bisnis dan Pemasaran agar lebih luwes dan lebih elegant dalam melakukan praktek praktek Pemasaran . Sehebat apapun produknya,kalau “Integrated Marketing-nya” tidak solid akan cepat “dilupakan” juga oleh Pasar. Lalu,apa yang membuat sebuah Brand bertahan (bisa)begitu lama di benak konsumen dan mendapatkan “kue Pasar” yang cukup besar ? maka sesuatu itu disebut dengan : R-E-P-U-T-A-S-I

Apakah Anda pernah berhenti untuk berpikir tentang bagaimana perspektif pelanggan atau klien melihat bisnis Anda? Kata-kata apa yang akan mereka gunakan untuk menggambarkan Bisnis Anda?  Melihat dan membahas Marketing sebagai satu kesatuan utuh – Holistic Marketing – berarti menganggap segala sesuatu yang terkait dengan inti dari Marketing Operational Goal maka, akan menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan diberi perhatian serius. Terutama  menyangkut  Reputasi Bisnis Anda. Berikut ini ada beberapa point yang cukup menjadi representasi tentang apa dan bagaimana seharusnya Pebisnis dan Marketer mengambil keputusan atas  Reputation Management-nya.

Kurangnya “Publicity”

Ingat… bahwa betapa hebat pun Produk Anda jika Marketing Campaign nya tidak bagus maka, Pasar tidak akan “melirik” produk Anda. Disinilah awal mula nya Reputasi sebuah bisnis bisa terbentuk. Jika Marketing Campaign nya bagus,gencar dan mendarat di target pasar-nya secara baik maka kemungkinan besar juga,Reputasinya akan mulai dikenal dan mulai “mendapat” ruang dipasar. Lalu,bagaimana dengan Bisnis yang Publicity nya kurang atau minim ? saya tidak dapat menentukan secara pasti apakah dia akan bertahan lama di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Saya juga menaruh perhatian yang cukup serius terhadap beberapa praktek “Black Marketing Campaign” , memang cara ini bisa “meroketkan” daya promosi Anda dengan sangat cepat dan dalam tempo yang singkat. Namun, kita juga harus berpikir tentang pentingnya menjaga etika dan kejujuran.

Reputasi adalah Akibat

Kalau kita lihat dan analisa, maka secara hiraki, Reputasi adalah faktor yang terkhir dari rangkaian Marketing Operational Goal itu sendiri. Berarti,Reputasi adalah memang buah dari seberapa baiknya Marketing Operational Goal saling terkait dan solid satu sama lain. Berikut ini akan Saya buktikan kalau Marketing Operational Goal nya terkait dengan baik maka Reputasinya juga akan baik.

Marketing Operational Goal:

1. Market Share

2. Efficiency

3. Profit

4. Good Will/Reputation

Sehingga dari point diatas kita akan mendapatinya sebagai berikut :

Sebuah Bisnis haruslah memperoleh Market Share yang besar, kalau Marketnya sudah bisa “diraih’ maka,barulah kita bisa melakukan Efficiency,dan kalau dua kombinasi ini berjalan baik barulah Bisnis akan Mancapai Profit-nya. Dan kalau bisa mendapatkan profit,barulah Bisnis akan bisa “membangun” good image atau good reputation.

Mengelola Reputasi

Mengelola Reputasi sebuah Bisnis adalah sebuah tugas yang tidak mudah,Jangan dulu berfokus kepada “pencitraan” yang terlalu menyita energy. Lebih baik focus dengan Marketing Operational Goals nya dulu. Mempertahankan Pelanggan harus mendapatkan perhatian yang lebih maksimal.Lantas bagaimana kalau Reputasi Bisnis Anda sudah terlanjur “buruk” di mata Pasar ? Maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan recovery dengan teknik marketing yang agak rumit, sebab membutuhkan energy yang cukup besar dan alokasi Marketing Cost yang tidak sedikit, Teknik ini disebut dengan Brick Marketing. Sebaiknya dan idealnya memang Pebisnis dan Marketer tidak boleh “mengotori” reputasinya ke titik negatif sebab ini akan berdampak cukup signifikan terhadap Kredibilitasnya dan memungkinkan Pesaing-pesaing  “mengalahkan” Anda dengan mudahnya.

PS : Saya Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2011. Semoga segala kesuksesan menjadi milik kita di tahun yang baru ini.

48 Comments

  1. Menurut saya Soal karir karyawan di perusahaan juga perlu Reputasi yang baik,bukan hanya para pelaku bisnis saja. setuju bli ?

    • Setuju,Reputasi pribadi sebagai seorang yang mengabdi bagi sebuah Unit Bisnis juga sangatlah penting untuk diperhatikan dan dipertahankan kebaikannya.

  2. soal kehidupan juga banyak yang terkait dengan seberapa baiknya reputasi seseorang sehingga orang itu bisa mendapatkan kedudukan yang terhormat di masyarakat.

    • Betul sekali,Reputasi banyak tercermin dalam berbagai lini kehidupan kita.

  3. Reputasi apakah sama dengan Integrity? Sepertinya setali tiga uang ya bli? Tingkat kepuasan konsumen atas suatu produk dapat meningkatkan reputasinya di mata konsumen lain. Yah, publisitas itulah yang manjur. Getok tular, kalau kata orang Jawa sih. Dari mulut ke mulut maupun lewat media lain, reputasi bisa melonjak naik, bisa pula anjlok turun.

    • Integrity atau kesetiaan kepada kebenaran merupakan salah satu “benih” untuk pembentukan Good Reputation, dan memang benar,konsumen yang puas adalah “media promosi” yang paling efektif untuk sebuah Bisnis.apalagi sekarang informasi dapat dengan mudahnya menyebar, maka sudah seharusnya sebuah Bisnis benar benar berusaha menghadirkan produk yang sangat berkualitas dan inspiratif sehingga konsumen dengan sendirinya akan menjadi “mouth of marketing” yang menguntungkan.

  4. Selamat tahun baru aja bli,artikelnya bagus banget.

    • Selamat tahun baru juga untuk Anda,semoga lebih sukses dan gemilang ditahun 2011.

  5. Reputasi memang punya peranan penting di bidang apapun, bukan hanya di marketing. Dimulai dari sikap, hingga melahirkan kepercayaan. Ini menurut saya Bli. Salam hangat, selamat menikmati akhir tahun 2010;

    • Setuju,Reputasi merupakan “cerminan” diri kita didalam pemikiran orang lain.

  6. Kayanya untuk artikel yang ini memantabkan pemahaman saya mengenai arti kualitas sebuah product yang saya baca kemarin.

    Menjaga kualitas product dan memiliki good attitude dalam pengelolaan bisnisnya, reputasi yang baik nanti sebagai hasilnya.

    Reputasi baik juga di jaga dengan karyawan, karena keluar masuk karyawan dalam sebuah perusahaan saya kira juga membuat reputasi perusahaan itu tak baik.

    • Banyak hal memang yang terkait erat dengan pencapaian sebuah reputasi. karena kompleksitas marketing itu sendiri juga tergolong rumit dan “memenuhi” segala aspek Bisnis.Kalau begitu,tidak ada pilihan lain, selain “menghadirkan” produk yang berkualitas tinggi, dan memberikan pelayanan yang tulus dan mengesankan Pembeli.

  7. Pada saat orang sudah brand minded pada suatu merk maka kualitas produk dan layanan serta value added yang menjadi terpenting untuk mempertahankan customer agar tetap loyal. Karena pada posisi seperti ini marketing lebih berfungsi bagaimana menambah pelanggan baru. Tapi marketing juga perlu untuk mejaganya dan sekaligus memperat hubungan antara penjual dengan konsumen. Mungkin ini sedikit pendapat dari saya, Mas.

    Terima kasih ulasan Anda sangat lengkap, Mas. Selamat tahun baru 2011 juga. Sukses selalu, ya.

    • Terima kasih juga untuk Mas Joko Sutarto. selamat tahun baru 2011,semoga tambah sukses.

  8. Kunjungan balik dari saya. Trims, telah berkunjung ke blog saya!!!

  9. kayak semacam track record seseorang ya atau prestasi, bli?

    • Reputasi secara singkat bisa diartikan sebagai apa yang Mas Andi maskudkan yaitu sebagai : rekam jejak atas seberapa banyaknya prestasi yang terukir. semakin banyak dan semakin berkualitas prestasi yang diukir maka semakin baik pula Reputasinya dimata orang lain. seperti contohnya, Mas Andi sakab yang memiliki reputasi baik sebagai Blogger pendatang baru yang potential dan memiliki peluang untuk menjadi Blogger professional juga.

      • lah kena deh saya :D

        sip. jawabannya memuaskan. oks deh, bli.

        “selamat tahun baru ya, bli”

        • Saya sarankan Mas Andi untuk terus bersemangat dan belajar dari para master blogger ( saya juga masih belajar dari beliau-beliau ). Selamat tahun baru untuk Mas Andi dan keluarga.semoga bisa lebih sukses di 2011.

  10. Hepi nyu yer 2011 sob
    salam

    • Terimakasih,selamat tahun baru juga untuk Anda dan keluarga..semoga tambah sukses di tahun 2011 ini..

  11. keren mas… mas ude memenuhi tuh saya syarat sbgai reputasi baik.. jejej

    • Selamat tahun baru utuk Anda sekeluarga…terimakasih atas supportnya…dan jangan lupa untuk ikuti terus artikel-artikel terbaru dari saya…
      sukses untuk Anda..

  12. Tanpa promosi suatu produk itu akan menjadi gagal dan reputasi tidak bersinar kembali…mantap mas..begitu membacanya, kok jadi semangat tinggi untuk benar-bernar bisnis…terima kasih

    Selamat Tahun Baru juga..isi hari dengan doa dan kerja melalui cinta dan kasih sayang, sukses untuk kita semua

    • Terimakasih Bli, selamat tahun baru juga untuk Anda sekeluarga.

  13. perlu blajar lebih bnyak neh dr bang sianipar…thank sob

  14. Silakan ikuti terus artikel artikel menarik selanjutnya dari saya. Semoga menginspirasi dan bisa diambil manfaatnya…

  15. Moga kedai saya tetap memiliki reputasi yg baik
    Berbagi gak pernah rugi :)

    • Semoga sukses selalu Bung…
      bagaimana kalau miejanda Go International ?

  16. happy new year ..

    smoga di tahun yg baru makin sukses .. :)

    • Terimakasih..selamat tahun baru juga untuk Anda dan keluarga.
      semoga tambah sukses di tahun kelinci ini..

  17. sip gan, butuh kerja keras membangun reputasi. btw blog nya bagus :)

    • Betul sekali, kerja keras masih harus terus berlanjut.
      hidup itu sendiri adalah perjuangan tanpa henti-henti…

  18. Reputasi yang baik, itu tentunya yang harus kita bangun

    • Betul sekali. comment nya hema sangat ya ? tenang aja, tidak makan pulsa koq…

  19. wah sangat berhubungan ini buat artikel terbaru saya.

    banyak sekali ini unek2 yang harus dikeluarkan terkait produk2 para internet marketer kita di indonesia, ada yang bener2 bagus ada jg yang nyampah.

    tapi yang saya perhatikan akhir2 ini, cukup banyak para pemula sudah memulai produknya sendiri, ini positif, namun tidak di tunjang dengan isi yang berbobot.

    saya harap para blogger di atas juga membantu para junior2nya unutk menciptakan produk2 yang lebih berkualitas

    • Selamat datang untuk rekan Will Merdiansyah di Blog saya yang sederhana ini. semoga bisa banyak belajar dan berbagi pengalaman berharga disini. Saya juga cukup concern terhadap produk produk yang ditawarkan teman teman Internet Marketer, saran saya, sebelum membeli, Anda harus memperhatikan dulu testimonial orang lain dan jangan lupa juga perhaikan apakah sang pembuat produk sudah mempunyai reputasi yang cukup baik selama ini, atau jangan-jangan malah punya trackrecord yang buruk dan hanya mengambil keuntungan semata tanpa menghadirkan produk yang senilai.

      • wah, merendah mas andry ini, blognya sederhana, ownernya anti sederhana :D…salam kenal mas

  20. kadangkala reputasi nggak pernah diminta tapi datang dengan sendirinya. konsumen menilai dari layanan yang diberikan tanpa pernah kita minta promo ulang.

    • Hello sir – menurut saya memang bukan nya kadangkala…tapi memang selalu datang sendiri tanpa diminta. tapi kita juga berhak dan harus berusaha “mendatangkan” reputasi baik terhadap diri dan bisnis yang kita kelola..
      sampai ketemu nanti malam di #bloggermalam

  21. saya belum paham kalau masalah bisnis dan pemasaran mas.. maklum baca skripsi aja dah pusing..
    jadi saya ucapkan selamat tahun baru 2011 ya mas.. sampe jumpa di #bloggermalam Hehehe

  22. bagaimana dengan “TRUST” ?
    Sepertinya mirip2 deg dengan sebuah reputasi…
    cmiiw

  23. sip sip sipppp… jadi gak bisa ngemeng apa2 nih :(

  24. reputasi memang penting..
    jangan sampai tidak diperhatikan, bisa gak maju-maju ntar bisnisannya. :D

  25. Wah..berat nih bahasannya :D
    Kalo bicara soal reputasi, masih harus banyak belajar mas.
    Mau tidak mau, reputasi itu sangat penting.
    Membangun reputasi pun sangat tidak mudah.
    Kalo menjatuhkan reputasi, itu sangat mudah :D

  26. Although i’m a bit confused, its a nice writing. Reputasi emang penting, terutama untuk usaha.

  27. Artikel Reputation Managementnya mantap Bung,

    tapi menurut saya, saat pertama terjun ke bisnis, mungkin market share dulu yang kita tentukan.
    Setelah punya market share walaupun masih kecil, baru konsep reputation management bisa full diterapkan biar kredibilitas semakin naik. karena side efect nya akan lebih mendongkrak penjualan dan lebih besar market sharenya.

    Thanks infonya Bung
    Good Article, Nice to meet you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>