Marketing Conversation

Posted by on Dec 9, 2010 in marketing | 21 comments

Istilah ini sengaja saya ambil  memang untuk mewakili trend saat ini yang memungkinkan para Pebisnis dan Marketing melakukn percakapan langsung dengan pelanggannya secara langsung meski terpisah oleh zona wilayah dan waktu. Saya tidak mengatakan ini sebagai model Pemasaran terbaru , apa yang saya pahami justru ini adalah sebuah bentuk  bagian dari Inovasi di kehidupan kita dewasa ini. Jika kita sedikit melihat kebelakang, justru Bisnis-bisnis yang berskala kecil  atau dalam lingkup ekonomi mikro justru bisa jadi menjalin conversation yang lebih akrab dengan Pelanggannya dengan biaya marketing yang sedikit atau bahkan nyaris tanpa biaya.

Anda tentu pernah dengar istilah : angkringan,warung tegal atau malah warung lesehan yang selain menyajikan produk utama mereka juga dengan senang hati bercakap – cakap dengan pelanggannya. Kali ini akan kita bahas secara lebih teknikal dalam frame Bisnis dan Pemasaran.

Komunikasi Dua Arah

Merujuk pada definisi conversation itu sendiri maka ini berarti : Interaksi verbal antara dua orang atau lebih, ada yang bertindak sebagai komunikan dan ada yang bertindak sebagai recipient. Sebelumnya definisi tersebut dipatenkan sebagai sebuah define yang benar. Namun,kini semuanya telah mengalami perkembangan yang cukup luas dan baik, sebab conversation bukan lagi hanya terbatas dalam lingkup Verbal saja namun juga Non-Verbal. Pernah bertanya-tanya mengapa Social Media seperti Twitter dan Facebook menjadi begitu populer ? Itu karena orang-orang yang terlibat secara aktif dalam percakapan tersebut. Tidak hanya pelanggan yang mendapatkan kesempatan untuk memberitahu dunia tentang diri mereka sendiri, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk memiliki dan berbagi informasi dalam apa yang orang lain bicarakan. Maka interaksi inilah yang membuat kita terlibat dan ingin kembali untuk kemudian terlibat percakapan secara lebih detail lagi . Disinilah Pebisnis harus melihat secara lebih jeli mengenai siapa saja yang benar benar menjadi “Target Pasar” Anda. Silakan baca kembali Apa motivasi Bisnis Anda supaya bisa lebih merepresntasikan apa yang  dimaksud dengan Marketing conversation dan kemudian bisa mengukur kualitas bisnis Anda.

Bagian dari Marketing Campaign

Buzz marketing menjadi sebuah praktek Pemasaran yang mendongkrak popularitas banyak Produk di dunia.  Bahkan sesuatu yang “negative” sekalipun apabila secara tidak disengaja di “buzz” maka akan menjadi dahsyat popularitasnya. Ini juga yang harus bisa diambil pelajaran, bayangkan kalau produk negative saja bias sedemikian terkenal bagaimana dengan produk yang bernilai dan membuat pelanggan puas , tentu akan lebih baik hasilnya. Kalau di twitter,kita mengenal adanya Trending topic yang menjadi perbincangan orang sedunia maka Anda harus secara kreatif juga melakukan upaya upaya promosi dan Marketing Campaign yang benar benar menghasilkan dan menguntungkan Bisnis yang Anda jalani. Banyak Bisnis di seluruh dunia tahu bahwa berkomunikasi dengan klien mereka adalah lebih dari sekedar mengambil pesan, Komunikasi adalah tentang menempatkan diri sendiri dalam benak konsumen dan melihat apa yang mereka ingin bicarakan. Pemasaran tidak harus berhenti dengan website mencolok dan transaksi luar biasa. Tanyakan diri Anda apa yang Anda bisa pelajar dari pelanggan Anda.Upaya untuk membangun Loyalitas pelanggan adalah jalan dua arah. Tidak ada bisnis bisa terus berkembang jika kebutuhan Pelanggan tidak terpenuhi. Berinteraksilah dengan Pelanggan Anda, Tanyakan kepada mereka tentang  ide-ide  baru yang bisa jadi belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

21 Comments

  1. Kampanye pemasaran biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan raksasa. kalau perusahaan kecil biasanya hanya fokus di periklanan saja.

    • Periklanan konvensiaonal memang masih menjadi pilihan beberapa Bisnis besar didunia, tapi semakin kesini,mereka juga mulai menyadari pentingnya Komunikasi dua arah atau saya lebih senang menyebutnya Marketing Conversation. sebab mereka harus berkompetisi dengan banyak pesaing yang semakin aggressif dalam melakukan strategi strategi marketing nya.

  2. hati hati juga terhadap kekebasa berpendapat di dunia maya. banyak kasus yang bisa kita jadikan pelajaran supaya citra sebuah perusahaan tidak jelek di mata konsumennya.

    • Disinilah perlunya semua Bisnis melakukan praktek praktek marketing yang jujur dan tidak merugikan konsumennya.

  3. pemasaran yang baik tentunya memperhatikan bagaimana kebutuhan pokok dan kepuasan konsumen dari setiap perubahan waktu.

    SALAM dari Kendari.

    • Betul sekali,perhatian pokok dari marketing adalah tentang bagaimana memenuhi Needs and Wants nya Konsumen, Periode waktu itu sendiri juga menjadi salah satu kompenen pengukur tentang seberapa kautnay posisi daur hidup produk tersebut dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.

  4. teknik komuniasi dan percakapan bisnis sangat jauh berbeda dengan komunikasi biasa ya..karena targetnya yang berbeda-beda… CMIIW :)

    • Betul Bli , teknik komunikasinya bisa jadi memang berbeda meski teknik tekni dasar yang digunakan sebetulnya sama. Bahkan dewasa ini ada sebuah studi menarik tentang Marketing Politics yang intinya tentang bagaimana berpolitik dengan ilmu dasar komunikasi marketing. semoga bisa saya bahas di artikel artikel selanjutnya.

  5. baru tahu saya istilah-istilah ini. jadi pelajaran buat saya :)

    • Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan berpikir kita semua.

  6. Wah, baru tahu jga neh… makacih.. makacih ya sharenya..

  7. Saya hanya menambahkan bahwa keputusan bisnis kerapkali dipengaruhi oleh kondisi emosional seseorang. Seringkali sebuah kerjasama antar bagian marketing gagal dilaksanakan karena perbedaan cara pandang dan karakter tiap person.

    Oh ya, saya mau kritik nih. Model penulisan yang runtut gini nggak cocok pakai paragraf yang panjang. Kesannya melelahkan mata pembaca. Saya menyarankan mas Andry memisahkan dalam paragraf-paragraf singkat yang terdiri dari 2-4 kalimat. Selebihnya, good job!

    • Mas Agus benar sekali,keputusan keputusan bisnis banyak dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk kondisi psikologis Pebisnis itu sendiri. ada cabang ilmu tersendiri yang secara khusus mendalam mengenai upaya upaya pengambilan keputusan Strategic Marketing. biasanya ini menjadi sisi lemahnya seorang marketer yang kurang paham mengenai teknik teknik formal dan prosedur yang harus diikuti sebelum akhirnya menetapkan sebuah keputusan Bisnis yang berdampak signifikan bagi Bisnis nya.

      Terimakasih juga soal, masukannya mas…ini jadi pelajaran penting buat saya yang harus berkompromi dengan gaya penulisan yang tidak kaku..mohon bantuannya master…

      • Saya masih penasaran dengan tekhnik-tekhnik mempengaruhi orang sehingga dia mau menuruti apa yang kita katakan…..

        Meski ada beberapa orang saya cukup bisa mempengaruhi orang, tapi melihat senior saya jadi merasa tak ada apa-apanya…menurut dia sih “cukup kenali product” …..

  8. Dalam hal apapun, tidak hanya pemasaran saja. Komunikasi adalah ujung tombak kesuksesan dalam bergeraknya lalu lintas kehidupan.

    Btw, Adakah pedoman berkomunikasi yang baik dalan hubungan antar manusia?

    • Tidak ada pedoman khusus dan pasti jitu, semua tergantung flexibilitas Pebisnis tersebut. Tapi semua teknik komunikasi yang baik setidaknya mengacu pada seberapa baiknya ” cara ” menyampaikan pesan.

  9. Selamat malam, bang,,,

    Apa artinya kita memang harus selalu update kabar-kabar pelanggan kita ya Bang??
    Sebenarnya adakah cara-cara yang lebih spesifik membuat pelanggan yan tak pernah kitya temui sama sekali itu bisa merasa dekat dengan kita, merasa kita sangat concern dengan dia selain dengan mengingat kejadian2 istimewah dalam hidupnya seperti itu….

    Jujur ni, makin lama makin tertarik sma dunia marketing…

    • Boleh diartikan sebagai update, tetapi angan membuat mereka terintimidasi, buatlah bahwa Informasi yang akan kita “conversation” kan meruakan sebuah keuntungan bagi mereka jika mereka mengambilnya. Tidak ada cara yang paling khusus dan paling jitu,semua cara bisa jadi jitu jika porsinya tepat. Semoga saya berkesempatan membahas beberapa teknik Marketing Conversation di artikel artikel selanjutnya…

  10. saya jadi ingat pada sebuah artikel yg pernah sy tulis untuk Majalah CAFEZINE. Tentang bagaimana sebaiknya sebuah brand produk melakukan interaksi layaknya personal account dalam layanan soc.networking site.

    Karena yaitu tadi, kita manusia, dasarnya suka berkomunikasi 2 arah. Apalagi di era new wave marketin seperti sekarang ini. Interaksi aktif 2 arah menjadi sangat mutlak.

    Btw, nice artikel. Saya suka blognya.
    *daftar subscriber*

  11. layaknya orang bodoh aku asing banget dengan istilah2 yang mas gunakan, mungkin karena saya tidak berasal dari dunia marketing kali ya

  12. dear b’andry,

    post yang bagus bgt, bisa bantu untuk tehnik closing the sale
    really need your help

    tq

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Marketing Conversation | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Frater Wisanggeni, Agus Siswoyo. Agus Siswoyo said: Marketing Conversation - RT @AndriSianipar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>