Kualitas Pribadi bagi Pebisnis

Posted by on Dec 4, 2010 in motivational | 37 comments

Ada beberapa hal menarik yang saya jumpai di penghujung akhir tahun 2010 ini,dari sekian banyak  informasi yang datang dan menghampiri saya atau juga yang memang sengaja saya cari , secara singkat saya menyimpulkan kalau sekarang ini paradigma masyarakat kita sudah mulai bergeser ke-arah yang cukup baik.Yaitu mulai tumbuhnya kesadaran untuk sebisa mungkin membangun lapangan kerja dan menjadi Juragan atas dirinya sendiri.Dan saya dengan senyum yang sangat optimis tentu menyambut baik hal tersebut. Ini merupakan secuil bukti bahwa masyarakat kita sudah lebih sadar dan mandiri mengenai pentingnya “menciptakan” peluang peluang bisnis baru di Indonesia. Tentu saja harapan jangka panjangnya adalah kita sebagai bangsa bisa lebih memiliki nilai jual yang sejajar atau bahkan lebih tinggi dibandingkan Negara Negara lain, sebab kita memiliki sumber daya yang sangat potensial untuk bisa terus berkembang dan menghasilkan produk produk yang sangat berkelas.

Saya juga banyak menerima email yang menanyakan tentang bagaimana menjadi seorang Pebisnis yang tidak hanya mampu bersaing dalam skala  kecil dan waktu yang pendek,namun juga bagaimana membangun “kualitas” diri seorang pebisnis yang mampu bersaing dan memenangkan persaingan dalam skala yang besar dan bersifat berkelanjutan. Maka saya menyimpulkan, setidaknya ada beberapa hal yang patut kita perhatikan dalam kaitannya dengan membangun kualitas entrepreneurship:

Passionate and Self-Motivated

Saya berpikir bahwa kedua hal ini jika kita tingkatkan “volume” nya maka akan benar-benar membentuk kualitas Entrepeneur yang sangat baik. Jika Anda tidak memiliki gairah untuk apa yang Anda lakukan dan perlu kekuatan luar untuk memotivasi anda maka anda hanya menetapkan diri untuk gagal. Gairah dan motivasi diri merupakan inti kualitas dari setiap Pebisnis.

Selalu mencari Peluang Baru

Setiap hari didepan kita – disadari atau tidak- sebenarnya ada ribuan peluang yang hadir. Kita hanya tinggal memilih dan mengkomunikasikan Peluang tersebut kedalam ide – ide nyata yang bias di terapkan sesegera mungkin. Bahkan kegagalan itu sendiri sebenarnya adalah sebuah peluang.


Penuh Ide

Pebisnis yang sudah memahami kedua poin diatas,dia juga harus selalu penuh ide. kreativitas yang tak tergoyahkan. Apakah itu ide besar tunggal atau serangkaian yang kecil, Pebisnis  mengimplementasikan ide-ide ini dengan belajar lebih banyak  dan akhirnya mengambil resiko untuk mencobanya.

Risk Takers

Tidak ada jaminan dalam hidup; tidak ada model bisnis atau jalur karir yang dijamin untuk berhasil 100% dalam waktu yang singkat . Point nya adalah Pebisnis hanya akan mengambil resiko yang bisa diperhitungkan. Kita harus memahami bahwa setiap keputusan yang di buat mungkin baik bagi keuntungan finansial atau malah bisa menimbulkan kerugian.

Bekerja lebih Keras

Saya belum mendengar tentang seorang Pebisnis yang malas. Saya belum pernah mendengar ada orang yang telah menyatakan sebuah bisnis menjadi sukses dan untuk itu bisa dilakukan tanpa kerja keras. Pebisnis  bersedia untuk bekerja berjam-jam untuk mewujudkan ide-ide mereka agar segera terealisasi . Kita harus berpikir bahwa keberhasilan dan kesuksesan itu merupakan sebuah proses panjang dan tidak mudah berhenti,karena ini lah yang kita sebut sebagai proses kreatif itu sendiri.

Fleksibel tetapi Mampu untuk mengatur Batas

Pebisnis harus bisa menerima perubahan yang terjadi secara sporadis dan tidak bersifat konstan. Tidak ada bisnis yang bisa bertahan selamanya. Segala hal bisa berubah dalam sekejap dan bahwa dunia terus berubah. Namun juga Pebisnis  harus tahu kapan untuk mengatur batas-batas untuk resiko yang mereka ambil, maka resiko yang diperhitungkan memang sudah melalui pemikirin dan analisa yang panjang.

Percaya Diri

Ini juga harus menjadi sebuah point penting yang harus ada didalam kualitas kualitas kebaikan dari seorang Pebisnis, Percayalah pada tujuan Anda. Percayalah dalam mengambil lompatan dan segala manuver bisnis Anda merupakan upaya upaya yang bisa membawa keberhasilan dan kesuksesan di hari ini ataupun dikemudian hari.

Semoga beberapa point di atas bisa menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk kemudian memeriksa “kedalam” diri secara jujur dan memperbaiki mana saja yang belum maksimal. Hope it would help !

Apa pun yang Anda lakukan, lakukanlah dengan kebaikan hati. Semua tindakan yang Anda lakukan bagaikan bumerang yang akan kembali kepada Anda. Jika Anda melempar dengan baik, maka ia akan kembali dalam tangkapan. Namun jika anda ceroboh melemparkannya, maka ia akan datang untuk melukai Anda. Tiada yang lebih manis daripada memetik buah atas kebaikan yang Anda lakukan.

37 Comments

  1. Apa kabar Bli ? senang sekali bisa dapat inspirasi menarik, saya suka tentang point percaya diri. Sebab dimasyarakat kita perasaan minder maupun takut akan kegagagalm merupakan faktor penghambat yang paling utama.

    • Sebagian masyarakat kita memang masih ada rasa mindernya,apa karena ini hasil penjajahan selama 350 tahun ya ?

      • Saya rasa anggapan ini tidak sepenuhnya benar,penjajahan selama itu bukanlah jadi satu satu nya alasan mengapa kita “lamban” namun,solusi yang terbaiknya adalah dengan memeperbaiki secara dini,sistem kerja dan paradigma kita dalam melakukan aktivitas aktivitas kehidupan…

  2. Thanks membuat saya lebih percaya diri

    • Semoga bisa bermanfaat juga untuk keluarga dan teman teman Blogger lainnya…

  3. Ah,saya tidak setuju dengan kedua pendapat ini. Justru para remaja kita sudah bisa mulai percaya diri kok…buktinya,lihat saja di akun facebooknya…he he he..

  4. tentang resiko mungkin juga benar , kalau ini menjadi salah satu yang menyebabkan kita sulit sekali untuk berkembang.

    • Mungkin ada benarnya juga,untuk sebagian oarng,Resiko kerugian masih menjadi sebuah momok yang menakutkan dan membelenggu orang untuk berbisnis. hanya pendidikan dan pengalaman yang panjang yang bisa membentuk mental dan kualitas kejiwaan seseorang sehinga ia menjadi santai dan pandai dalam menghitung resiko kerugian yang mungkin muncul….

  5. Bli , ada tips khusus tenytang bagaimana menemukan ide-ide bisnis baru ?

    • Ide ide baru atau inspirasi inspirasi baru mungkin terkadang bisa datang tanpa diduga. saran saya cobalah perbanyak membaca artikel artikel baru dan bertemulah dengan orang orang baru yang memang ahli dibidangnya. secara khusus,semoga saya bisa membahas pertanyaan Anda di postigan saya selanjutnya..

  6. Sayangnya, saya sejak kecil kok nggak punya minat untuk bisnis barang ya mas? Sukaku bisni jasa. Tip pribadi yang lain : perlunya kejujuran dan tanggung jawab. Betul mas?

    • Selamat berbisnis dibidang Jasa , mas…. saya juga percaya kalau kejujuran dan tanggung jawab merupakan point paling dasar dan paling utama diatas point point tersebut. tapi kedepannya kualitas kualitas yang saya sebutkan diatas juga harus ada,supaya Bisnis berthana lebih lama dan mencapai kesuksesan..

  7. Pesan moralnya itu, saya suka banget!!!
    Makasih Mas sudah mengingatkan :)

    • Semoga pesan moral nya tidak hanya dibaca saja,tetapi juga bisa dipraktekkan…

  8. OOT: Ganti theme nih Mas, asyik, yang ini lebih ringan loadingnya, cepet :D

    • Betul Kang, semoga theme yang ini bisa menjadi awal yang baik. Sekaligus sebagai upaya pencerahan menjelang pergantian tahun neeh…

  9. Pesannya saya terkesan sekali, makasih ya? Semoga bisnisnya lancar.

    • Semoga Anda juga sukses selalu…

  10. Saya bukan pebisnis, tapi suka bacaan kaya’ ini.

    • Terima kasih Bung , semoga bisa menginspirasi Anda…

  11. wahh bagus.. bisa jadi inspirasi juga buat yg udah baca..
    :)

  12. Bli , Kualitas pribadinya terkait juga dengan prinsip hidup yang di pegang oleh orang tersebut kan ?

  13. Kalau begitu,kualitas pribadi sangat berpengaruh terhadap hasil bisnis seseorang ya…

  14. OOT : Headernya baru ya Bang….di Uluwatu kayanya..

    • Iya,sengaja berganti “kulit” supaya tidak membosankan, dan memang betul itu saya ambil sewaktu melali ke Pura Uluwatu…

  15. Seperti biasa Bang…saya suka dengan artikel2 di sini..it does really help untuk rang2 yang masih belajar dan dipenuhi rasa ingin tahu dan ingin coba-coba…keberanian bisa terkumpul.

    Asal niatnya baik dan sungguh-sungguh pastinya hasil yang kita dapat akan hebat….ada yang bilang orang yang bersemangat rejekinya akan banyak :)

    Makasih artikelnya Bang…

  16. Untuk menjadi seorang yang berani mengambil resiko,sepertinya bukanlah hal mudah, Mas.

  17. terkadang saya selalu bertanya bagaimana saya bisa menjadi sosok seperti yang pa’e jabarkan di atas

  18. Selamat pagi
    Salam persohiblogan :)

  19. wah mantap sob
    salam kenal ya sob
    ditunggu kunjungan baliknya

  20. mas, mau gak tukeran link dengan blog saya?

  21. Membaca artikel di Blog ini saya sangat mendapatkan ilmu bisnis yang luar biasa, terima kasih mas..artikelnya selalu mantap

  22. mantabss…tipsnya. terima kasih sudah dishare…kalo saya sih masih tergolong orang yang belum berani ambil resiko…alias cari aman. hehe

  23. memang harus menjadi pribadi tangguh luar dalam ya..agar bisa sukses menekuni dunia bisnis.

    SALAM hangat dan sukses selalu dari Kendari… 8)

  24. Tipsnya mangtabs…
    Salam Sukses Dari Semarang… :)

  25. tipsnya bagus salam kenal dr aq

  26. Saya baca-baca lagi dan refresh pengetahuan…
    Yup, sebagai risk taker saya masih cenderung kurang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>