Engagement Marketing

Posted by on Dec 14, 2010 in marketing | 41 comments

Seminggu belakangan ini Saya banyak sekali menerima email dari teman teman yang saya tangkap sebagai bentuk “kegelisahan” dan banyak pertanyaan yang practical dan hanya bisa diselesaikan oleh diri mereka sendiri – bukan oleh orang lain – . Namun ada beberapa teman juga yang dengan semangatnya menceritakan “pencapaian – pencapaian “ besar mereka di tahun 2010 ini. Seorang teman di Jakarta malah sangat menggembirakan Karena bias membeli mobil baru sekaligus sebidang tanah di Depok. Saya jadi seperti merasakan semangat yang membara ketika mendengar berita- berita yang membahagiakan tersebut. Dipenghujung tahun 2010 ini, suka atau tidak suka, kita harus “mengkalkulasi “ apa saja yang telah tercapai dan belum tergapai.Setiap bangun Pagi dan menghirup udara segar Bali, saya selalu meyakini kalau setiap hari adalah sebuah bentuk perjuangan yang baru.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya ketika  berbincang dengan seorang teman lulusan Germany yang sekarang menjadi Pebisnis Restaurant  di beberapa  kota besar di Indonesia.  Ada point menarik yang mengisinsprasi saya untuk menuliskannya di artikel saya kali ini. Intinya adalah mengenai dinamika perkembangan dunia Bisnia dan Pemasaran secara global, setelah kemarin sebagian Negara tekena dampak Global Crisis, ternyata hal ini benar benar telah merubah perilaku konsumen dalam memilih produk atau jasa mana yang akan dia gunakan. Belum lagi perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat,memungkinkan semua konsumen berbagi informasi secara online dan real time. Ada beberapa bisnis yang merasakan manfaat luar biasa dari keadaan ini, meski ada juga yang merasa “menambah” pesaing,sebab peluang pasar terbaca dengan begitu jelasnya dan setiap informasi bias didapat secara murah dan instant.

Konsep Marketing terbaru : Engagement Marketing

Pergeseran Periku konsumen secara seismic  berdampak pada singkat atau panjang nya Product Life Cycle sebuah bisnis. Kalau bisa memberikan “ nilai ” yang sangat besar dan tidak ada produk subtitusi nya, maka ada kemungkinan untuk terus bertahan dan bisa menjunjukkan kurva Cylce yang panjang. Namun, kalau sebuah produk mudah untuk “ tidak diminati “ maka akan bermunculan produk – produk subtitusi yang mungkin lebih murah, lebih accessible dan lebih user friendly . Teknologi informasi benar – benar telah berkonstribusi besar terhadap perkembangan Iilmu Pemasaran di dunia. Engagement yang saya maksud disini adalah bukan hanya tentang “ menarik dan mebangkitkan “ attention dari Konsumen Anda melainkan membuat mereka “ terlibat” secara lebih emsosional dan secara psikis juga benar benar terlibat sehingga sebuah Bisnis benar – benar memenangkan “ Heart Share “ dan bukan hanya sebatas “ Market Share “ nya saja.

Engagement Marketing  Dalam Perspektif Periklanan

Saya juga tidak menyebut Engagement Marketing sebagai sebuah konsep marketing yang benar-benar baru. Sebenarnya konsep ini sudah ada beberapa tahun kebelakang,hanya saja memang baru benar benar terasa “dahsyat” nya dewasa ini ( karena diudkung perkembangan teknologi ). Engagement Marketing memungkinkan Konsumen “memegang kendali” atas sebuah Merk atau Brand tertentu. Sebuah Produk yang baru launching 30 menit yang lalu bisa langsung mendapatkan respon pasar melalui berbagai media informasi yang ada. Perbincangan di Twitter mengenai sebuah brand tertentu bisa menaikkan jumlah penjualan adalam jumlah yang signifikan. Belum lagi slot iklan yang tersedia di facebook, menjadi sebuah metode periklanan yang sangat mengakomodasi konsep Engagement Marketing ini.

Dua arah komunikasi

Engagement Marketing, membuat para Merketer  “ mendengar ” lebih banyak dan berusaha “menangkap ” feedback serta respon pasar tentang performa produk nya di Pasar. Ini menjadi sumber informasi yang penting dan terkait dengan kebijakan – kebijakan besar seperti Pricing Policy,Distribution Channel, Product Development sampai pada keputusan tentang harus bagaimana melakukan re-investasi atas pertumbuhan profit yang diterima. Selain itu juga Engagement marketing,benar benar menempatkan konsumen sebagai  “personal” market yang unik dan perlu diperhatikan secara lebih dekat. Tidak heran kalau saat ini, database email pelanggan merupakan sebuah “ keharusan “ yang dimiliki sebuah Bisnis, sebab Pelanggan yang kembali lagi membeli dari kita itulah yang akan kita sebut sebagai keberhasilan dari Engagement Marketing.

41 Comments

  1. Ternyata semakin dipelajari, semakin luas juga ilmu marketing itu.

    • Semoga menginspirasi dan membuat banyak orang semakin tertarik dengan ilmu marketing.salam sukses untuk Anda !

  2. Wah,baru tahu neeh ternyata bukan cuma manusia yang bisa engaged , ilmu pemasaran juga bisa..

    • Betul,ilmu Marketing juga banyak sekali meng-adopsi istilah istilah ilmiah lainnya.

  3. dengan produk unik yg kita hasilkan, menjadikannya ekslusif ya Andry.
    jadi, tdk ada atau kurang saingan kita ,krn tdk adanya subtitusi dr produk tsb.

    dengan makin mudahnya internet di akses , lebih memudahkan pula konsumen dlm memilih, juga produsen dlm beriklan .
    salam

    • Ekslusifitas sebuah produk bisa jadi membawa nya pada Life Cycle yang singkat atau justru kalau digabungkan dengan Pricing Policy yang affordable malah bisa bertahan lama di tengah Market Life Cycle yang begitu kompleks..

  4. ada seni tantangan tersendiri ketika berupaya membangkitkan kepercayaan pelanggan membeli produk yang dipromosikan…. :)

    • Produk yang hebat adalah yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, namun juga yang memiliki “cerita” hebat dibaliknya dan juga yang menginspirasi tentunya. produk semacam ini meski langka dan harganya mahal. pasti tetap dinanti konsumen.

  5. kalau dulu sistemnya door to door berarti sekarang mekanismenya heart to heart ya …

    • Betul Bli , siapa cepat “merebut” hati konsumen,semakin cepat pula dia menguasai pasar (dengan produk yang baik tentunya ).

  6. setidaknya saya bs menyerap ilmu marketing dari blog sobat…trims

    • Semoga bisa membawa manfaat dan bisa menginspirasi Anda.

  7. Nambah ilmu tentang marketing nih..
    Pengelolaan pasar emang mutlak perlu adanya, jangan sampai konsumen memutuskan untuk mencari produk dan jasa selain punya kita.

    • Silakan di ambil point-point nya. semoga bisa melengkapi pemahaman Anda tentang marketing dari pada sebelumnya…

  8. jadi nyambung banget ama dunia social media sekarang nih ya?

    bagi saya sendiri pernah membandingkan respon dari subcriber dengan teman yang ada di social media, mereka lebih cepat respon yang dari social media, karena lebih mengenal kita dengan lebih mudah juga

    • Memang kita bisa terhubung dengan teman teman dari berbagai negara dan benua yang berbeda. ini saatnya ” meng-expose” kemampuan positif para Pebisnis Indonesia..

  9. banyak mendengar dan banyak berkreasi. saya pikir itulah point utamanya.
    nice sharing!

    • Menjadi Marketer dan Pebisnis handal memang harus Kreatif,Mas…itu adalah modal utamanya…

  10. menarik, mas, sy paling seneng baca blog-marketers.hemm, temanya menarik2,,,salut2

    • Silakan di ambil pelajaran nya. semoga bermanfaat untuk Anda dan pembaca lainnya.

  11. Ternyata dalam marketing juga ada sisi “manusiawi” ya :)

    Makasih ilmunya nih :)

    • Silakan di resapi,Mas..semoga bisa sedikit memberi tambahan semangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari…

  12. Saya sebagai pelaku marketing, renyah membaca di sini
    Moga saya bisa dengan baik memajukan bisnis2 yang saya miliki :)

    • Semoga semakin sukses saja dengan Bisnisnya,semoga akan ada terus artikel artikel yang inspiratif lainnya…

  13. sebenarnya point yang saya tangkap masih kabur karena pemakaian kata Engagement di atas? bukannya arti harfiahnya perjanjian ya?

  14. Maksud utamanya buka hanya “perjanjian” ,Mas.. tetapi lebih menggambarkan “kedekatan” hubungan antara Marketer dan Pelanggannya, dan karena kedekatan ini lebih bersifat “memberi keuntungan” jangka panjang, maka para Marketer sepakat dengan menyebutnya sebagai : Engagement marketing…

    • ooo begitu. sip jadi paham sekarang :)

      • Semoga bisa dipahami dengan baik dan bisa diambil manfaatnya. Thanks Mas Andi..

  15. Semakin lama belajar pemasaran dari blog ini semakin seru juga, qu ijin print , Bli Bagus .

    • Silakan saja, boleh di print out kok…

  16. Butuh ketlatenan agar konsumen terawat..
    setuju kalau e-mail konsumen mejadi database wajib yang kita punyai, saya sebagai seorang staff marketing juga memiliki data base yang lumayan, dan seperti mempunyai kewajiban mengupdated mereka setiap kami mengadakan promo dan atau mengingat hal2 kecil yang pernah dia ceritakan….ini yang mendekatkan pelanggan dan pelaku marketer….

    Saya banyak belajar dari blog ini :)

    Salam saya!

    • Database email hanya salah satu dari sekina banyak contoh mengenai upaya Engaged Marketing. semakin kita update kedekatan dengan pelanggan,maka semakin besar pula peluang “produk baru ” kita akan dibeli kembali mereka.

  17. mendapatkan ilmu baru, walaupun belum sepenuhnya memahami karena belum terjun secara serius didunia marketing. Tapi bisa jadi tambahan ilmu ketika suatu waktu terjun ke dunia bisnis n marketing
    sepertinya saya harus mencoba serius ditahun 2011 nanti

    • Silakan ikuti terus perkembangan ilmu dan strategi pemasaran terbaru yang akan saya bahas secara berkala di blog ini. semoga menginspirasi dan bisa bermanfaat , salam sukses untuk Mas Tony.

  18. Dengan konsep engagement marketing diharapkan akan menciptakan pelanggan yang loyal. Sehingga RO akan terus mengalir, dengan demikian tim marketing tinggal fokus untuk menciptakan pelanggan yang baru.

    Salam Mas Andry

    • Thats the Point , Mas.. Long Term Profitable growth baru akan tercapai kalau akan ada pelanggan yang loyal dengan produk -produk yang di luncurkan.

  19. Sepertinya kita satu niche ne mas…

    Marketing saya jadikan fokus utama dalam mengembangkan bisnis saya.. tapi saya lebih condong pada marketing online.

    • Selamat datang ,Mas Ismail. semoga Bisnis Online nya makin sukses. sering sering berkunjung ke Blog ini ya, semoga bermanfaat..

  20. yang saya heran itu bli, banyak opsel yang aktif di dunia maya sebagai ajang marketingnya tapi kok reaksi ketika pelanggan komplain sangat kurang, apa mereka ngga paham ilmu ini ya???

    • Kalau mengenai yang satu ini memang masih menjadi sisi lemah nya para Pebisnis kita, harusnya yang diubah adalah paradigma mereka. Infrastruktur itu harus dinomorsatukan, baru setelah itu bisa menyampaikan Marketing Campaign,kalau belum siap infrastrukturnya malah bisa jadi boomerang dikemudian hari.

  21. makin keliatan realiasi dari New Wave Marketing & Connectnya Hermawan Kartajaya :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tweets that mention Engagement Marketing | Blog Bisnis dan Pemasaran | Andrysianipar.com -- Topsy.com - [...] This post was mentioned on Twitter by Frater Wisanggeni and Frater Wisanggeni, Frater Wisanggeni. Frater Wisanggeni said: RT @Andry_Sianipar: …
  2. Kunci Sukses : Belajar dari Yang Terbaik | ADAbisnis.com - [...] bisnis yang bisa Long Term Profitable Growth. Artinya Anda bisa panen terus dalam jangka panjang. Bisnis apakah itu ??? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>