Pentingnya Membentuk Aliansi Bisnis

Posted by on Oct 15, 2010 in marketing | 31 comments

Pernah mendengar istilah “bersekutu tambah mutu” ? itu adalah semboyan Negara tetangga.Ketika saya berniat menulis artikel ini entah kenapa kalimat tersebut seperti mewakili apa yang hendak saya sampaikan. Di artikel sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai pentingnya membangun community. Kali ini saya akan membahas lebih tajam lagi,sekiranya apa saja manfaat membangun sebuah Aliansi bisnis.Dalam bahasa sederhana Aliansi bisnis dapat diartikan sebagai sebuah “perkongsian” yang melibatkan beberapa bidang bisnis dalam satu “business line” yang masih sama, namun spesifikasi produk atau jasa nya berbeda.

Saya juga sempat sedikit melakukan pengamatan terhadap beberapa Aliansi bisnis yang ternyata dapat bertahan hingga sekarang dan ini sangat menguntungkan konsumen sebab “nilai” produk yang mereka terima bisa lebih besar daripada jumlah yang mereka bayarkan. Setidaknya ada beberapa point manfaat yang bisa diperoleh para Pebisnis jika mereka melakukan Aliansi Bisnis dengan beberapa rekan yang punya integritas yang tinggi dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan .

1. Meningkatkan Kualitas Tenaga Pemasaran

Disadari atau tidak,sebenarnya ketika Aliansi bisnis itu sendiri telah memungkinkan bertambahnya tenaga pemasaran.Bisa saja bukan penambahan personil,tetapi penambahan secara  kualitatif dari pemasar itu sendiri. Ini terkait erat dengan “besaran nilai” produk yang ditawarkan kepada konsumen.Sehingga Investasi yang tertanam bisa lebih efisien dikelola dan tidak dihamburkan di kegiatan promosi dan hard selling saja.

2. Membuka Pasar lebih Luas

Perhatikan,ketika sebuah bisnis Travel  ber-aliansi dengan sebuah maskapai penerbangan,yang memungkinkan konsumennya membeli tiket pesawat sekaligus membeli paket tour dalam satu atap,bukankah ini sekaligus membuka pasar yang lebih luas ? bisa jadi calon konsumen awalnya hanya bermaksud membeli tiket pesawat saja,namun karena penawaran paket tour nya juga menarik maka ia akan membeli keduanya. Ini hanya contoh kecil saja dari kekuatan Aliansi bisnis yang saya maksudkan.

3. Lebih Produktif

Produktifitas sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan . Jika dikatakan bahwa konsumen adalah “ next action” maka produktifitas adalah berbanding lurus dengan next action tersebut. Aliansi bisnis memungkinkan beberapa unit bisnis tersebut tumbuh terus dalam kurva produktifitas yang baik sebab hamier selalu saja ada “next action” yang harus dilakukan.

4. Lebih Mudah Menemukan Solusi

“Dua kepala lebih baik dari pada satu “ saya rasa kalimat tersebut juga sangat relevan bila kita kaitkan dalam penjelasan saya kali ini. Strategi yang sudah dirancang sebelumnya dalam perjalanan waktu pasti akan menemukan masalah masalah yang menuntut solusi cepat dan tepat. Bayangkan jika Anda berbisnis sendiri dan menghadapi persoalan sendirian pula,maka bisa jadi penilaian Anda sudah tidak lagi objektif sebab hanya dari satu sudut pandang Anda saja. Tapi Aliansi bisnis memungkinkan partner bisnis Anda untuk turut serata memberi penilaiannya. Sehingga solusi yang dihasilkan bisa jadi lebih baik dan komprehensif memecahkan masalah – masalah bisnis tersebut.

5. Pertukaran Informasi dan Testimoni

Dewasa ini,testimonial dari pembeli sebuah produk bisa menjadi sebuah “Promosi gratis” yang sangat baik efeknya terhadap psikologi calon pembeli lainnya. Aliansi dalam sebuah bisnis juga memungkinkan Pertukaran Informasi pasar,Perilaku konsumen dan mungkin juga informasi penting mengenai “gerak gerik” pesaing yang bisa kita antisipasi secepatnya. Selalu saya simpulkan bahwa di akhir semua “strategi bisnis “ yang ada adalah diharapkan adanya “long term profitable growth “ yang baik dan berkesinambungan. Bukan hanya kemarin dan hari ini,tapi juga pertumbuhan keuntungan di masa depan. Dan Konsumen pun mendapatkan nilai atau manfaat yang setimpal atas cost yang mereka “tukarkan” dengan nilai produk itu sendiri.

Setelah membaca beberapa manfaat di atas,silakan jika ada yang mau ber-aliansi bisnis dengan saya.maka dengan sangat senang hati saya menyambut kesempatan itu.

Semoga bermanfaat !

31 Comments

  1. Setuju Bli ,dengan berkelompok pasti Bisnis akan terasa lebih ringan untuk dijalankan,sekaligus juga menambah kepekaan kita jika ada pesaing yang ingin menyalib laju bisnis yang kita sedang jalankan.

    • Terima kasih,semoga bisa menjadi inspirasi Anda..

  2. Sebagai pelaku bisnis pariwisata ,contoh diatas sangatlah relevan. silakan analisa betapa ketatnya bisnis paket tour di Indonesia,jika kita tidak punya rekanan bisnis saya yakin tiga bulan saja sudah bisa gulung tikar.

    • Semoga semakin maju Bisnisnya mas.
      semoga bermanfaat…

  3. Bekerja sama memberikah hasil yang lebih baik daripada bekerja sendirian

    • Betul Bung , two heads better than one…

  4. Penawaran yang menarik, ntar coba dibuat konsepnya dulu Mas,,

    • Saya tunggu khabar baiknya Bung…

  5. makanya saya tertarik bergabung di grup bisnis MLM seperti d’BC Network …kerja sama-sama sukses juga sama-sama…..jd promosi hehe…

    • Thanks Mbak Ratna –
      semoga Bisnis nya lancar…
      Kalau ada yg bisa “dibagikan” silakan share dgn teman teman blogger mbak..

  6. Hmm, tapi seringkali bisa di anggap monopoli mas..

    • Memang bisa juga timbul anggapan seperti itu. Itulah sebab nya ketika kita biacara Bisnis ,bukan hanya bicara tentang kemampuan “mencapai” namun juga kita harus punya kemampuan “merasa”..

  7. harus yang se visi ya bang bli :)

    • Visi yang kuat memang sangat memperngaruhi gerak organisasi.
      semakin Visi itu tertanam dengan kuat,semakin kuat pula upaya -upaya pencapaiannya…

  8. Mangstab bos, dlm bisnis, yg tdk kalah penting adalah Fokus, pasti akan menghasilkan

    • Betul,fokus adalah salah satu senjata utama dalam berbisnis.
      Tidak mungkin berhasil jika kita tidak bisa fokus..

  9. Mantabs mas analisanya sangat tajam, disamping manfaat kelima di atas, aliansi bisnis juga akan memudahkan branding atau goodwill suatu produk.

    • Setuju banget mas,
      Branding yang kuat memang bisa dibangun melalui aliansi yang solid juga…

  10. Networking memang sanagat penting di semua bisnis

    • Betul sekali mas..
      sebab silaturrahim memang berpeluang membuka jalan rezeki…

  11. Dua kepala lebih baik dari pada satu. Empat kaki juga lebih baik dari pada dua ya blih :)

  12. bekerja sama dalam jaringan bisa membentuk kesuksesan yang merata dan menguntungkan ya

  13. aliansi bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat jaringan bisnis, ya kang

  14. aliansi itu dibangun atas dasar kepercayaan ya, mas…
    kalo kita blm saling knl, memangnya bisa aliansi bisnis ya? ;)
    hahahaha

    • Memang kepercayaan menjadi modal utama.silakan temukan artikel tentang Pentingnya Kepercayaan . Semoga Bermanfaat.

  15. aliansi bisnis memang sangat penting untuk memprcepat dan memperlebar kinerja bisnis yang kita geluti

    • Benar sekali mas ,semoga bermanfaat dan menginspirasi ya…

  16. semua karena kerja sama yang baik

  17. yup/.. ” dua kepala memang lebih baik daripada satu” :D

  18. strategi ini mirip dengan joint venture dimana kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

  19. Memang lebih asyik jika semua orang bs saling kerjasama.

    Sama dengan pernyataan ini : “If you want to get aything, finally you got nothing.”

    Jika kita mengerjakan semua hal sendirian, maka pada akhirnya akan capek sendiri.

    Jika kita ingin lebih sukses, bantu orang lain untuk sukses. Atau nebeng (kerjasama) dg orang yg lebih sukses spy kita jg kecipratan suksesnya. :)

    Dalam usaha bisnis internet yg saya jalankan, saya bekerjasama dengan teman-teman bisnis internet yang lain yang berbeda bidangnya. Misalnya nih, kalau ada orang butuh PERSONAL BRANDING BLOG, maka saya arahkan ke andhikawijayakurniawan [dot] com. Kalau ada orang butuh jasa minisite dan product creation, maka saya arahkan ke lulukemaludin [dot] com. Kalau ada orang butuh konsultasi marketing, maka saya arahkan ke andrysianipar [dot]com. He3…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>