Mengukur Pertumbuhan Bisnis

Posted by on Oct 2, 2010 in marketing | 20 comments

Tingkat pertumbuhan sebuah bisnis banyak dipengaruhi oleh faktor faktor pendukung mau pun faktor-faktor penghambat nya. Belum lama ini saya baru saja dari sebuah seminar di Bali mengenai “ Market trend Research di tahun 2011 “. Menarik sekali acara tersebut,saya juga bertemu dengan teman teman baru yang memiliki banyak pengetahuan Bisnis yang lebih “mumpuni” dibandingkan saya.

Setidaknya saya akan membagikannya untuk Anda semua. Mungkin selama ini kita berpendapat kalau bicara pertumbuhan bisnis maka ukurannya hanyalah “growth of profit “, ternyata bukan ini saja satu satunya ukuran sehingga dikatakan sebuah bisnis mengalami pertumbuhan – baik signifikan ataupun pertumbuhan “perlahan” - . Namun,mengukur pertumbuhan bisnis ukurannya cukup beragam yaitu meliputi : Diversifikasi produk,keluasan jaringan bisnis,pengurangan limbah ( pada industry kelas manufacture ),dan salah satunya juga adalah tingkat efesiensi bisnis itu sendiri .

Sebenarnya, ukuran pertumbuhan sebuah bisnis menjadi begitu penting untuk diperhatikan ketika berada dalam persaingan yang sangat ketat  – meskipun saat ini tidak ada bisnis yang tidak punya persaingan ketat- . Sebelum akhirnya,sebuah bisnis tersebut mengevaluasi sejauh mana tingkat pertumbuhannya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan , yaitu :

  • Tingkat Pengambilan Keputusan

Keputusan Bisnis menempati urutan pertama dalam hal yang harus diperhatikan. Hal ini karena ,keputusan merupakan awal sebuah “perjalanan”. Keputusan ada dalam sebuah lingkaran atau siklus yang tidak ada ujungnya. Bukankah ketika kita akan membuat sebuah planning,itu sendiri pun dapat dikategorikan sebagai sebuah pengambilan keputusan ?

  • Planning

Setelah point pertama kita perhatikan seberapa baiknya “performa” nya dalam kaitannya dengan rangkaian kinerja bisnis maka hal selanjutnya yang harus sangat kita perhatikan adalah mengenai “planning “ . Mungkin juga banyak dari para pebisnis pemula yang  mengalami hambatan dalam point kedua ini, atau malah banyak juga yang mengatakan ini adalah sebuah  step  “mudah” yang dapat begitu saja di buat dan di”ikrar”kan.. Sebenarnya, inti dari sebauh perancanaan yang baik adalah mengenai bagaimana meng-eksekusi sebuah strategi pada sebuah kondisi bisnis tertentu. Semakin baik tingkat respons nya terhadap sebuah kondisi bisnis maka dapat pula dikatakan sebagai perencanaan yang baik.

  • Cash Flow

Ini juga mnjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, namun lagi lagi ini bukan di urutan pertama. Mengapa ? karena kedua hal tersebut diatas lah yang bisa “menghasilkan” faktor ketiga ini. Tanpa kedua hal diatas tidak mungkin akan tercipta nya sebuah kondisi keuangan yang baik.Cash Flow yang baik bisa menjadi sebuah “parameter” untuk mengukur bagaimana bagusnya tingkat pertumbuhan bisnis Anda. Sebab hal ini adalah sesuatu yang kita sebut sebagai “out put” yang “kasat mata “ .Selain itu pula, Cash Flow menjadi sebuah faktor pendorong penting yang akan membiayai langak bisnis selanjutnya jika ternyata setelah di evaluasi tingkat pertumbuhannya , termasuk kategori sangat baik.

  • Akuntabilitas

Sebuah bisnis yang tidak Akuntabel maka bisa dikategorikan sebagai sebuah bisnis yang “pincang” . Tingkat akuntability sebuah bisnis menjamin  “kekuatan” keuangan yang menopang bisnis tersebut. Akuntabel atau tidak nya sebuah bisnis juga diyakini dapat dijadikan “cerminan” mengenai anomali- anomali yang munkin saja ada karena faktor Cash Flow yang tidak di atur sedemikian rupa.

Setidaknya hal hal tersebut diatas lah yang harus menjadi titik focus ketika Anda bermaksud untuk mengukur sejauh mana tingakt pertumbuhan bisnis Anda. Ingat bahwa bisnis yang baik bukanlah yang memberikan keuntungan dalam jumlah yang banyak namun dalam jangka yang pendek,tujuan bisnis sesungguhnya adalah “long term profitable growth” . Selain itu juga bisnis Anda haruslah “mendamaikan” hati dan perasaan Anda, jika bisnis Anda justru membuat Anda “berperang” dengan suara hati maka saran saya adalah “periksa” kembali apakah bisnis Anda layak dipertahankan  ?

20 Comments

  1. kunjungan pertama jadi pertamax…
    wuih…

    :D

  2. Terimakasih oleh oleh seminarnya, ‘Market trend Research di tahun 2011′
    Saya jadi tambah wawasan,, Ohya, salam kenal dan salam hangat;

  3. weh baca pelan2 dulu kak, saya belum terlalu paham :D

  4. Materi seminar itu berlaku untuk semua kalangan usaha gak mas? Dari UKM hingga yang besar.

    • Saya sendiri justru beranggapan kalau ini lebih bisa diterapkan oleh bisnis yang ” skala kecil dan menengah ” kalau bicara tentang corporate, mungkin tidak cukup hanya materi diatas, karena banyak faktor terkaitnya…
      semoga bermanfaat…

  5. Suatu planing seperti sudah kita rencanakan dengan matang kadang meleset juga. pengin tahu juga nih bagaimana merencanakan bisnis yang disusun secara akurat..

    • Sebenarnya tidak ada formula yang menjamin Pastinya sebuah keberhasilan.Planning hanya salah satu dari sekian banyak “tools” yang bisa digunakan untuk menjalankan roda bisnis. Belum lagi bicara tentang strategi dan hambatan…
      semoga saya berkesempatan membahasnya satu persatu dikemudian hari…

  6. wah keren ni, izin save mas buat bahan sidang saya :D

    • Sidang apa to Mas ?
      semoga bermanfaat ya….

  7. hemm saya tertarik dengan point pertama mas..tingkat pengambilan keputusan.. coba buat artikel yang menjelaskan hal tersebut mas hehe..

  8. Kalo dah bicara bisnis, saya perlu peras otak nih :D
    Tapi ini tambahan ilmu buat saya Mas. Makasih dah berbagi ya!
    Sukses selalu!

  9. bisnis Anda haruslah “mendamaikan” hati dan perasaan Anda, saya suka pernyataan anda yang ini

  10. isi seminar seperti yg disebutkan diatas, sepertinya sangat cocok bila diterapkan dlm bisnis dengan skala kecil dan menengah ya Andry?
    salam

  11. hehehe… jujur saya masih bingung pak.. apa karena blm mendalami dunia bisnis yaa?

  12. wahhh terima kasih atas sharingnya..
    info beginian sangat lia perlukan ..
    maklum lg bisnis juga hehhehe

    makasih

  13. Iya…saya pernah berbisnis, tapi efeknya malah ribut ma istri, trus saya hentikan, karena tidak mendamaikan hati, dan beralih ke bisnis lainnya

  14. bagus sekali pak informasinya..sangat bermanfaat

  15. bah….
    mantap kali infonya lae……
    mauliate da….

  16. Kita perlu sekali-kali mengukur pertumbuhan bisnis dalam bisnis yang kita geluti.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengukur Pertumbuhan Bisnis » ARUNALS - [...] hati maka saran saya adalah “periksa” kembali apakah bisnis Anda layak dipertahankan  ?   Sumber :   Munandar/FE Unsyiah/ [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>