Mengapa Saya perlu Strategi?

Posted by on Oct 29, 2010 in marketing | 37 comments

Ditengah kesedihan yang melanda kita karena berbagai bencana mendera tanah air.Banyak ucapan belasungkawa dari berbagai penjuru negeri bahkan sampai ucapan dari berbagai elemen dan Pemimpin dunia.Bantuan juga mulai berdatangan dan mengalir ke tempat tempat bencana.Semoga semua menghadirkan hikmah yang baik untuk bangsa ini. Kebetulan juga dibulan ini disela sela aktivitas,saya masih menyempatkan diri untuk terus “mencerna” pemikiran-pemikiran baru yang sekiranya bisa saya bagikan untuk Anda semua.

Setelah di artikel kemarin kita bicara tentang bagaimana meningkatkan loyalias pelanggan,hari ini kita akan bicara tentang strategi pemasaran secara keseluruhan.Sebenarnya,jika ditanya : bisakah strategi sebuah bisnis bisa di “plagiat” secara brutal oleh bisnis lainnya dan menghasilkan sebuah kesuksesan yang sama besarnya ? maka dengan begitu yakin saya katakan ; Tidak bisa . Banyak sekali hal yang mempengaruhi “hasil” akhir sebuah bisnis. Pertumbuhan volume penjualan bisa jadi malah “menggerus” keuntungan,atau malah menurunnya volume penjualan namun persentase profitnya justru malah meningkat.Investasi yang sudah kita tanamkan baru mencapai “wujud” aslinya jika ia sudah “berproses menghasilkan” jika belum,maka periksa kembali besaran atau kualitas investasi Anda.

Ambil keuntungan strategis

Banyak perang ataupun pertempuran, baik dalam arti harfiah atau sebaliknya, seperti permainan, negosiasi, kompetisi, keberhasilan produk atau jasa, dll hanya dimenangkan oleh orang-orang dengan pikiran yang kuat dan tidak oleh mereka dengan otot yang kuat atau kekuatan fisik. Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita selalu menghadapi banyak ketidakpastian, yang telah menjadi semacam “kutukan” dalam perjalanan bisnis kita. Kalau saya tanya pada anda “apa yang paling penting dari Pemasaran?” kira-kira apa jawaban anda?

Sebagian dari anda mungkin akan menjawab produk. Produk yang mampu mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan konsumen adalah bagian paling penting dari marketing. Sebab dengan produk berkualitas, persoalan yang dihadapi konsumen diharapkan bisa teratasi dengan cepat. Jawaban ini tidak sepenuhnya  keliru. Namun yang penting diperhatikan juga adalah produk yang anda buat harus selalu mampu menjawab kebutuhan konsumen. Produk yang anda luncurkan sekarang mungkin bisa menyelesaikan persoalan hari ini. Tapi besok belum tentu. Oleh karenanya, anda harus terus membuat produk anda selalu “baru”. Dari berbagai teknik marketing yang anda lakukan, teknik apa yang berjalan optimal, teknik apa yang baru berefek setengah optimal, dan apa yang tidak menghasilkan dampak sama sekali. Dengan begitu, proses marketing yang anda jalankan berada di bawah kontrol anda. Anda jadi tahu bagaimana meningkatkan penjualan produk-produk anda.

Buzz Marketing

Dalam minggu ini saya berkesempatan untuk bertemu seorang jurnalis yang juga merupakan putra Bali asli.Beliau sudah cukup lama bergelut dibidang jurnalistik.Saya berkesmpatan berbincang dengan beliau dan mencoba “menggali” lebih dalam mengenai trend Buzz Marketing. Menciptakan “buzz marketing ” sekarang wajib dilakukan kalau anda ingin bisnis Anda Sukses. Entah anda mau menjual Produk makanan jilbab, mesin, atau apapun, membuat “buzz” merupakan strategi tepat membuat produk anda lekas terkenal. Kalau dilihat dari terminologinya, Istilah buzz marketing sendiri ada yang menyebutnya sebagai grass-roots marketing, centrifugal marketing, guerrilla marketing, atau “word of mouse” (yang diambil dari kata “word of mouth”). Tapi dari berbagai istilah tersebut kurang lebih maksudnya sama. Buzz marketing intinya upaya menciptakan kondisi agar produk, layanan, perusahaan atau apapun yang akan anda launching menjadi perbincangan banyak orang. Bisa mungkin dari produknya sendiri. Artinya produk anda memang beda, bagus, dan tak ada duanya. Atau bisa juga dari cara marketingnya. Contoh seperti yang dilakukan Tung Desem Waringin saat mempromosikan bukunya dengan cara membagikan uang dari pesawat. Kalau sekarang mungkin yang cukup berhasil menciptakan buzz adalah Facebook. Kerap mungkin anda mendapat email yang mengajak bergabung di Facebook. Atau mungkin saat ngobrol dengan teman ditanya punya FB tidak.

Melakukan Market test and Market Review

Anda tidak akan benar-benar tahu bagaimana respon pasar terhadap produk ciptaan anda sebelum anda melemparkannya ke pasar. Walaupun produk belum sempurna sepenuhnya, segera lempar ke pasar dan pantau respon pasar.Ini akan membuat anda segera tahu bagaimana pendapat orang tentang produk baru anda. Jika respon orang bagus, anda akan lebih antusias untuk melanjutkan program ini. Jika kurang mendapat respon, maka anda perlu cari tahu konsep seperti apa yang benar-benar disukai pasar sebelum anda mengalami kerugian yang lebih besar.

Manusia boleh berencana, tetapi Tuhan yang menentukan. !!! ARTINYA !!! Tuhan yang menentukan, bahwaANDA YANG BERENCANA DAN BEKERJA untuk memantaskan diri bagi doa Anda,AKAN MENDAPATKAN YANG ANDA DOAKAN.Maka, marilah kita bersikap lebih positif, dan menjadi jiwa yang membanggakan Tuhan karena kita patuh kepada-Nya,dan bekerja untuk menjadi rahmat bagi sesama.APA PUN TEORI ANDA, SEGERALAH BEKERJA!

Hope it helps !

37 Comments

  1. berbicara mengenai strategi pemasaran kita dapat memanfaatkan Google Insights, dengan alat gratis dari Google ini kita bisa menyusun starategi pemasaran tanpa biaya,

  2. Strategi punya implementasinya masing-masing.. Belum tentu strategi pemasaran produk A sama dengan strategi pemasaran produk B. Meski sama-sama sukses di pasaran..

    • Betul sekali. semua strategi memang pada dasarnya adalah unik..

  3. Benar mas…saya meraskanan sendiri manfaat Facebook lebih banyak ketimbang kerugiannya…jadi ini salah satu Buzz marketing juga yach…wao keren …saya jadi terinspirasi nich

    • Semoga semakin maju dan sukses dengan facebooknya Bli…

  4. Iya Mas, bekerja dan berusaha sekuat tenaga dengan berbagai strategi kreatif sangat perlu, sedangkan hasilnya serahkan kepada Kuasa-NYA…

    • Selamat berjuang Bli…

  5. jangan lupa evaluasi strateginya jika sudah diterapkan bli :)

  6. Jangan hanya memikirkan startegi satu langkah kedepan mas, tetapi kita juga harus memfikirkan sepuluh langkah kedepannya lagi

  7. Kalau saya berpikir bahwa apa yang anda lakukan itulah yang anda dapat, seperti pada hukum LOA. Semua bisa terjadi karena anda melakukannya dan Tuhan tidak pernah tidak mengabulkan doa hambanya kecuali hambanya mau berusaha.

    Sukses atau gagal ? Memang Tuhan yang menentukan tapi gagal itu menurut saya hanya sebagai pemanis agar saat sukses ada cerita yang bisa di share.

    • Semoga tambah semangat Rif…

  8. strategi yang tepat adalah kunci keberhasilan, bahkan utnuk membuat dan memasarkan produk pun perlu strategi jitu

    • Setuju banget mas..
      semoga bermanfaat..

  9. pemasaran tanpa strategi, ibarat berjalan dihutan…..tanpa ada petunjuk, kita pasti akan tersesat dijalan

    • Setuju bung,strategi merupakan “kompas dinamis” sebuah bisnis..

  10. Pagi mas….

    Wah, saya selalu antusias membaca artikel Mas Andry, Om Andry apa Pak Andry, yah??

    kalau boleh tahu profesinya apa yah? waduh saya lagi ingin sekali mulai belajar bisnis yang nanti ingin saya jadikan bekal dan saya ingin sekali kalau ada masalah consult sama Anda ?

    :d

    Yang kemarin saya sudah keep in mind!

    Bolehkah saya taruh link do blog saya?

    Salam hangat dan penuh kasih!

    • Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kita semua.

  11. muantab motivasinya…. makasih sudah mau berbagi informasi dan tips..

  12. makasih tipsnya…

  13. ini yang harus disadari bahwa Tuhanlah yang akhirnya menentukan hasilnya. Segala rencana dan kerja keras akan sia-sia kalau kita malah makin jauh dari Tuhan.

    terima kasih blih sudah diingatkan bli :)

    • Semoga setelah mengetahui hal ini, kita bisa lebih semangat dan Ikhlas dalam ber-upaya…

  14. bener banget sobat, kita emang harus terus berusaha untuk mencapai keberhasilan, dan itu tentunya diperlukan strategi yang jitu. salam dan sukses selalu

  15. masih tahap belajar bli :)

  16. Manusia boleh berencana, tetapi Tuhan yang menentukan. !!! Walaupun Tuhan yang menentukan tetapi kita harus tetap merencanakan dengan baik, walaupun gagal toh kita sudah memiliki nilai plus dalam berusaha.

  17. Muanteb tenan tips bisnisnya bli… :D

  18. kalo industri rumah tangga, guerilla marekting juga sangat efektif untuk mencapai sasaran, tentunya jika terjadi word of mouth untuk kualitas itu sendiri…

  19. apa khabar Bli..,
    Artikel anda membuat saya merenung lagi tentang prospek bisnis saya kedepan.

    terima kasih atas latar pemikiran yang sudah menggoyang kreatifitas saya untuk berfikir lebih mantap. :)

  20. yang penting action gan. . :D

  21. tertarik dg tulisan mas mengenai buzz marketing… hal yang sangat sulit untuk menjadikan produk kita dibicarakan banyak orang…

  22. Artikel anda sangat memberi pencarahan dan inspirasi. Dalam melakukan action, memang perlu stategi yang jitu. Salam kenal Bang Andry

  23. manusia hanya bisa berbuat dan dengan strategi paling tidak bisa berbuat lebih baik, termasuk dalam hal memasarkan sebuah produk
    Walau endingnya kadang tidak sesuai dengan plan yang kita buat
    Tetap semangat bung!

    • Benar strategi adalah sebuah organisasi atau tahapan-tahapan dalam berwirausaha, meskipun tidak cocok dengan planing kita. Kembali lagi tuhanlah yang hanya bisa menentukan menusia hanya bisa berusaha dan berdoa kepadanya.
      Terima kasih informasinya, salam kenal :)

  24. berarti bnget ni mas buat saya

  25. wah info yang bermafaat tentang strategi, nice info !

  26. Buzz Marketing sangat baik untuk meningkatkan penjualan sehingga profit pun akan meningkat dengan tajam.

  27. banyak hal2 di atas yang tdk saya ketahui.
    maklumlah newbie..
    Horas lae.
    Salam kenal dari blogger Medan.
    Salam hangat dari saya.

  28. infonya menariiiiiikkkkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>