Apa Motivasi Bisnis Anda ?

Posted by on Oct 13, 2010 in Bisnis | 20 comments

Lama juga saya berbincang dengan beberapa teman disela-sela kesibukan kami di Bali. Dan saya termasuk yang beruntung karena setidaknya bisa terus menggali pengetahuan dan mendengarkan pengalaman teman teman pebisnis yang sudah lama terjun di tengah semakin dahysatnya persaingan bisnis baik dalam lingkup industry yang sama atau bahkan dalam lingkup yang lebih variatif dan berskala besar. Kali ini perbincangan kami menyoroti mengenai “geliat” pebisnis muda di Indonesia. Dia akui atau tidak,ini merupakan sebuah perkembangan positif dan merupakan angin segar ketika kita mendengar khabar baik dari media cetak ataupun media elektronik lainnya bahwa saat ini banyak tumbuh perguruan tinggi yang berfokus pada penciptaan entrepreneur-entrepreneur baru. Belum lagi kita sudah banyak mendapati para pemuda Indonesia mulai berpikir untuk tidak hanya menjadi “pekerja” tetapi mereka sudah mulai merintis agar menjadi juragan atas diri sendiri. Setidaknya ada beberapa hal kuat  yang bisa mndorong seseorang untuk akhirnya memutuskan untuk menjadi  entrepreneur.

Pengalaman Hidup

Ini sengaja saya tempatkan di point pertama sebab memang nyatanya inilah faktor terbesar yang mendorong seseorang menjadi entrepreneur .Bahkan banyak yang kemudian menjadikan pengalaman hidupnya sebagai sebuah “komoditas tingkat tinggi” yang memang layak untuk dijadikan sebuah pelajaran bagi para peminatnya. Tentu Anda pernah mendengar bahwa sebuah film diangkat dari kisah nyata seseorang yang sangat berharga untuk dipelajari bukan ? belum lagi pengalaman hidup juga bisa sangat kuat mendorong seseorang untuk keluar dari keadaan yang tidak mengenakkan,serba kekurangan dan ingin memperbaiki taraf hidupnya.

Memperbaiki produk yang sudah ada

Ternyata dari riset kecil-kecilan yang saya lakukan beberapa saat lalu,point ini juga menjadi salah satu faktor pendorong kedua yang bisa memotivasi seseorang untuk menjadi entrepreneur baru. Memang tidak ada produk yang sepenuhnya bisa memuaskan para penggunanya secara penuh seratus persen.maka ini pula yang menjadi sebuah peluang emas yang dibaca oleh para entrepreneur baru yang ingin terjun di dunia bisnis.

Alasan ibadah

Beruntung kita hidup ditengah tengah masyarakat yang tergolong mematuhi norma dan ajaran Tuhan. Saya menempatkan ini di point ketiga,sebab memang banyak teman teman atau bahkan puluhan orang yang niat awalnya adalah membangun bisnis karena ibadah,mereka berharap dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan meyerap sebanyak banyaknya tenaga kerja sehinga banyak keluarga yan bisa menikmati hasil bisnisnya dan berharap dicatatkan sebagai sebuah point ibadah kepada Tuhan. Bukankah juga Tuhan adalah sumber ide ide kreatif yang tak pernah kering ?

Faktor Talent

Ini juga memang saya amati secara khusus bahwa sebagian para pebisnis memang memiliki bakat alami sebagai seorang entrepreneur yang baik dan cukup qualified.harus kita akui orang orang dengan talent bisnis yang juga merupakan “hadiah” dari Tuhan cenderung akan mengikuti kata hatinya dan kemudian menjalankan bentuk bisnis secara naluriah nya. Istimewanya,pebisnis dengan talent alamiah seperti ini banyak yang berhasil dengan mudah meski memang bukan tanpa perjuangan yang berat.

Ide kelompok

Ini juga tidak kalah uniknya,saya rasa sudah banyak sebuah bisnis yang hadir dan bertahan hingga sekarang justru karena walnya hasil sebuah “obrolan” ringan biasa antar teman yang kemudian benar benar bisa direalisasikan dan ternyata hasilnya baik sehingga terus berlanjut .

Seminar, Pelatihan dan Workshop

Sudah terbukti begitu banyak seminar,pelatihan ataupun workshop yang bagus dan sangat berbobot yang para alumninya benar benar bisa mengambil manfaatnya dan kemudian mempraktekkan ilmu yang sudah diperolehnya tersebut kedalam sebuah bisnis yang nyata. Tentu ini juga sangat baik bagi perkembangan atmosfer bisnis suatau bangsa,selain upaya mencerdaskan bangsa juga para peserta seminar bisa benar benar mendapatkan ide segar dan kreatif sehingga bisa menjadi seorang entrepreneur yang  berkualitas baik dan menghadirkan produk produk yang inspiratif.

Sudah baca point point diatas ? mana yang paling mendorong Anda untuk menjadi entrepreneur ?

Semoga bisa menginspirasi.

20 Comments

  1. Apa yah, kayanya sih point pertama dan ketiga, tp blm kejadian sih..masih planning aja :D

  2. alasan ibadah bagi saya yang paling tepat, semua kalau diniati dengan ibadah saya percaya bakal barokah kak…

  3. Betul gan, sama seperti Reza, saya lebih condong karena alasan ibadah, selain barokah, juga bisa meningkatkan kepedulian sosial jika suatu saat nanti menjadi sukses…

  4. Wah sepertinya faktor ibadah menjadi sebuah motivasi kuat ya. Saya juga setuju seperti itu.

    Jika kita punya banyak uang nanti jadi bisa dibagikan. Akhirnya hidup dunia dan akhirat seimbang (sama-sama nikmat). Tapi perlu juga motivasi lain agar menyeimbangkannya.

  5. kalo saya milih faktor yg keempat sob..itu paling tepat buat saya keknya

  6. Tampaknya semua faktor itu ada pada diri saya.. Niat sudah ada.. Tapi.. Hanya satu yang belum diwujudkan.. KEBERANIAN untuk memulai…

    • Jangan Takut mas…
      Bismillah,lalu mulailah….

  7. Yg paling mendorong saya untuk jd pengusaha adalah banyaknya tantangan dalam berbisnis sehingga ilmu didapat setiap kita menjalankan bisnis.. :)

  8. Wah begitu banyak pelajaran bisnis yang saya dapatkan…saya juga rencana buka bisnis nich…semoga dengan berkunjung kesini, banyk ilmu yang saya serap, terima kasih

    • Terimakasih Bli –
      semoga bermanfaat…dan selamat berjuang…

  9. saya terdorong karena niat beribadah menejahterakan keluarga, dan dorongan yang kuat lainnya untuk memperbaiki penghidupan.

    • Luar Biasa mas…
      saya turut mendo’akan keberhasilan Anda…

  10. Kalo uang di nomer berapa mas? Wah kl gitu saya harus cari motivasi selain uang, apa ya….Ok ibadah..Amiin

    • Sengaja Uang tidak saya cantumkan mas…
      sebab itu adalah “akibat” bukan “sebab”…
      semoga menginspirasi…

  11. Tujuan saya yg utama adalah utk pemenuhan kebutuhan hidup keluarga. InsyaAllah ini termasuk kategori ibadah ya. Setelah kebutuhan keluarga terpenuhi maunya sich bisa memberikan manfaat utk banyak orang. Bgm menurut blih ?

  12. Kalo menurut saya sih, motivasinya yg pertama berawal dari hobi dulu deh, selanjutnya motif ekonomi juga :) pastinya, hehehe… salam kenal gan :)

  13. Motivasi bisnis saya adalah Besok Pasti Lebih Baik

  14. Hmmm.. Kalo saya yang poin pertama, ketiga sama terakhir tuh.. :)

  15. Saya kira pernyataan ini cocok “Do what you like, like what you do”. Kerjakan apa yang Anda suka, dan sukai apa yang Anda kerjakan.

    Saya mengerjakan bisnis yang memang saya benar-benar menyukainya. Walaupun awalnya sempat deg deg serrrr… takut kalau salah.. takut kalau nanti dituntut orang bagaimana… tapi karena prinsipnya SAYA MENYUKAInya, dan saya menyukai sebuah tantangan, maka “hajar bleh!!!”…. dihajar aja…. dan ternyata …

  16. saya mau membangun kerajaan bisnis saya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pentingnya Membentuk Aliansi Bisnis | Sellyoktaviany's Blog - [...] sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan . Jika dikatakan bahwa konsumen adalah “ [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>