Pentingkah Mission Statement dalam bisnis ?

Posted by on Sep 8, 2010 in motivational | 28 comments

Ada hal yang menarik lagi yang saya jumpai ketika bertemu beberapa teman teman baru di Bali. Kali ini memang segment yang saya jumpai juga adalah segmen pebisnis yang sudah cukup lama bergelut di bidangnya masing-masing.Pembicaraan kali ini berkisar tentang Pemenang,Pecundang dan yang dianggap sebagai  underdog.

Pada dasarnya setiap manusia bersikap terbuka terhada setiap saran yang disampaikan orang lain.Namun dalam perjalannya, diterima atau tidaknya sebuah saran sangat tergantung oleh darimana saran itu diberikan ( kredibilitas ) ? kedekatan nya dengan pemberi saran ( Urgensi ) serta seberapa menguntungkan kah saran itu  ( Priority ) ?

Dalam lingkungan dunia bisnis,penerimaan terhadap saran seringkali dikaitkan erat dengan kemampuan untuk ber-inovasi. Walaupun mungkin tidak selalu berujung terhadap terciptanya sebuah inovasi baru bahkan sering juga sebagai upaya “penyelamatan” terhadap sebuah bisnis yang terancam resiko kegagalan.

Maka Jika saya boleh mebaginya kedalam tiga kategori sikap pebisnis dalam kaitan penerimaannya denagn pemberian saran adalah sebagai berikut :

Pemenang

Kategori ini jelas ditempati oleh orang orang yang dengan senang hati menerima saran sebagai sebuah wacana baru untuk bisa berpikir besar, maju dan innovative. Kategori ini lebih memandang sebuah saran sebagai bagian dari ” rencana baru “yang belum pernah terpikirkan sebelumnya bahkan oleh dirinya sendiri. Kaitannya dengan pernyataan misi adalah mengenai pentingnya sebuah Flexibilitas dan baik dan tidak terlalu kaku sehingga sebuah bisnis dapat dengan cepat segera menyesuaikan diri dengan tantangan tantangan baru yang menghadang di depan. Masih ingat dengan resiko bisnis di artikel saya sebelumnya ? bisa jadi cara terbaik untuk meminimalisir resiko bisnis dalah dengan mendengarkan saran dan flexibility yang relevan dengan tantangan tantangan bisnis kedepan.

Pecundang

Yang menarik dari kategori ini adalah sebenarnya bisnis dari kalangan ini ber-omzet sangat tinggi namun sangat rendah apresiasi terhadap kepuasan pelanggan,tim yang tidak solid dan pastinya sangat menolak terhadap hadirnya saran-saran baru yang selalu muncul. Kategori ini juga seringkali mencapai tingkat kejayaan yang cepat namun cepat pula runtuhnya.

Underdog

Ini juga termasuk kategori yang sangat unik,saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan  definisi dari kategori ini namun setidaknya ini menjadi seperti sebuah enlightment bagi sebagian pebisnis pemula. Kategori ini di isi oleh para pebisnis pemula yang sangat antusias dan begitu bersemangat untuk masuk kepasar yang sangat heterogen dengan produk yang “lebih baik “. Dalam mission statement mereka sudah terlihat  jelas untuk segera beralih dari under dog menjadi kategori “pemenang’ namun sebenarnya juga adalah piliha mera apakah mereka mau menerima saran saran baru dan meningkatkan flexibilitas bisnis atau hanya memilih untuk menjadi  underdog selamanya.

Setiap Bisnis harus memiliki tujuan yang didefinisikan oleh rasio sehingga  target target yang ditetapkan tidak “ngawur” namun juga tidak terkesan terlalu pesimistis.

PS : Saya turut mengucapkan ” Taqaballahu Minna wa Minkum, “

Selamat Idul Fitri 1431 H, Selamat Berbuka Kembali .

Semoga Puasa kita diterima oleh Allah SWT.

28 Comments

  1. NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM.

  2. NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM

  3. Misi ku dalam ngeblog ini cuman sekedar unjuk eksis dan berbagi :lol: masalah yang lain cuman sebagai pelengkap.
    Salam hangat serat jabat erat selalu dari Tabanan

  4. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

  5. melihat sekilas jelas pemenang bisnisnya akan lebih mudah berkembang karena dapat menerima saran dari orang lain.. sedangkan kalo underdog mungkin belum terlalu bisa menerima saran dari orang lain.

    padahal sebenarnya bisnis itu harus yang sesuai dengan keinginan orang lain bukan sang pemilik bisnis.. kalau mau se enaknya sendiri tapi yang lain gak mau kan gak bakal terjadi jual beli hehehe

    • arief wrote:
      padahal sebenarnya bisnis itu harus yang sesuai dengan keinginan orang lain bukan sang pemilik bisnis.. kalau mau se enaknya sendiri tapi yang lain gak mau kan gak bakal terjadi jual beli hehehe
      =====================

      ???
      bisnis itu yah harus sesuai dengan keinginan kita dan bagaimana keinginan itu merefleksikan market. tentu saja costumer satisfaction adalah prioritas, tapi the way-nya adalah way kita dooong :P

  6. sepertinya semua akan memilih untuk menjadi pemenang, artinya tinggal memilih ingin menjadi pemenang yang seperti apa :)
    Mohon maaf lahir batin ya mas :)

  7. Saya dari Realodix.com ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H
    Mohon Maaf lahir dan batin..

  8. selamat hari raya idul fitri 1431 H, mohon maaf lahir batin sahabat

  9. Dari Tabanan aku meminta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata serta tulisan yang kurang berkenan semua itu karena kekhilafan saya sebagai manusia yang masih jauh dari sempurna.
    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  10. Assalamu’alaikum,

    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri. Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala hal yang barangkali kurang nyaman di hati.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam hangat dari Cianjur

  11. Benar sekali target yang ada harus benar2 realistis

  12. underdog? kalo saya suka underbed alias di bawah tempat tidur, kadang suka nemu duit di sana hahaha

  13. Mohon maaf lahir dan batin untuk semua. salam

  14. mmhh..mision statement..menurut saya lumayan penting sob..

  15. Seorang pemenang sejati lebih mengutamakan kepuasan teman setim, karena anggapannya tanpa teman setim yang handal dia tidak akan pernah mencapai kemenangan tersebut…..

  16. kita semua adalah sang pemenang semenjak alam rahim karena kita adalah hasil kemenangan sperma yg luar biasa gigih mengalahkan jutaan sperma lainnya :) maka kenapa harus menjadi pecundang di alam dunia ini? :)

  17. mas di kasih salam tuh sama si handoko udah lama ga ketemu katanya

  18. Walaupun saya blum menjalankan bisnis secara serius, tapi saya sedang dan akan belajar menjadi orang di kategori pertama dalam banyak hal/bidang kehidupan.

  19. trims buat postingani ini, mampir juga ke blog saya ya.

  20. Salam aidil fitri dari Indahkasihku.
    Salam kenal dan maafi Indah kalau lewat menyapa salam sahabat baru.
    Indah tertarik dengan tulisan anda di atas. Bermakna bagi mereka yang mahu berjuang dan maju dalam dunia bisnis atau apa juga bidang yang diceburi.

    Untuk berjaya, harus berani dan bersedia menerima kritikan yang membina. hanya mereka yang berpemikiran besar sahaja mampu menjadikan kritikan sebuah kebaikan yang bermakna.

    salam indah dari Indahkasihku.

  21. Datang mengunjungi sahabat, sekedar meyimak ilmuna dan mohon maaf jika selama ini banyak salah dan dosa yang tergores lewat setiap tulisan :)

  22. menarik sekali Mas
    pembagian katagori sikap pebisnis yang merujuk kepada “kata benda”
    bagaimana jika merujuk kepada kata sifat?
    saya mengenal orang termasuk katagori Pemenang seperti diatas
    selama proses kedalam
    tetapi ketika proses keluar, jarang sekali ada orang lain yang dilibatkan
    dalam pemikiran saya hal ini membuat kepuasan kerja menjadi menggantung

    bisa jadi ini menyangkut sifat seseorang, begitu khan ya :)

  23. ini baru postingan berkualitas namanya :)

  24. Dai penjelasanmu berari penting lae..
    salam kenal

  25. klo mau objektif, visi dan misi semua perusahaan selalu dibuat baik dan bombastis, meskipun mayoritas mereka yang membuat statement itu kagak ngerti maksudnya apa ataupun tidak mau bayar harga / effort untuk menjalankan statement mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>