Entrepreneur Tips

Posted by on Jul 17, 2010 in marketing | 69 comments

Banyak  atau bahkan  sebagian dari kita,sampai saat ini masih ber-angapan bahwa Jiwa Entrepreneur itu adalah sesuatu yang dibawa sejak lahir.Saya sendiri, mengatakan angapan itu tidak sepenuhnya salah -berarti juga tidak sepenuhnya benar-. Seringkali Saya bertemu dengan para Bisnis Owner yang ternyata memang merintis dan memulai usahanya benar benar dari Nol. Sebut saja , salah seorang teman saya yang memiliki jaringan bisnis alat kesehatan di Bali. Jiwa “ kewirausahaan” yang ada pada dirinya bukan semata mata hasil bentukan alam.Tapi, beliau sendirilah yang meng-usahakan kualitas ini ada dan benar benar bermanfaat bagi dirinya.

Lalu ada juga fenomena menarik ,yaitu mengenai menjamurnya sekolah sekolah “Entrepreneurship “ di Negara kita. Saya pikir ini adalah sebuah “kemajuan” yang cukup baik bagi bangsa ini. Terlepas apakah berhasil atau tidaknya sekolah sekolah ini mencetak para Entrepreneur baru,paling tidak bangsa ini sudah cukup siap untuk bisa menciptakan dan meyerap banyak peluang menjadi sebuah upaya pemenuhan kebutuhan.

Dari hasil beberapa observasi dan juga perbincangan saya dengan teman teman pengusaha, paling tidak ada 4 hal pokok yang harus diperhatikan ketika kita “memprokamirkan” diri menjadi seorang Entrepreneur sejati.

1.Self  Confidence

Kepercayaan diri menjadi hal yang paling signifikan mempengaruhi  keberhasilan, belum lagi kepercayaan diri juga merepresentasikan mengenai seberapa kuatnya tekad seseorang untuk berhasil. Tantangan bisnis yang semakin beragam, bisa saja menjadi “ sesuatu” yang menakutkan pada tahap awal. Kalau tidak ada kepercayaan diri , sama saja dengan tidak ada harapan.

2.Pro-Aktif

Pesaing Anda selalu berusaha untuk  bisa lebih cepat “ berdiri” didepan pintu rumah calon konsumen.Kalau saja Anda tidak bisa Pro-Aktif,rasanya konsumen akan selalu lebih memilih produk lain selain produk Anda. Perkembangan teknologi informasi yang kian hebat, memungkinkan setiap unit bisnis “menjelajah “ pasar secara lebih aktif.Disinilah Anda dituntut untuk bisa terus ber-inovasi dan melihat pasar secara lebih komprehensif dan  Holistic.

3.Self initiative

Entrepeneur sejatinya harus memiliki pandangan sebagai “ self starter “ sesuatu yang tidak “dimulai” pada akhirnya tidak pernah “selesai “. Menghadapi tantangan memang bukan pekerjaan mudah,namun juga tidak akan ada tantangan yang tidak “menghebatkan “ setelah berhasil kita selesaikan.Inisiatif yang tinggi memunculkan lebih  banyak peluang yang bisa kita raih dibandingkan jika kita hanya menunggu.

4.Self Discipline

Hal terpenting dari ketiga point diatas adalah perlunya “disiplin” diri yang kuat dan konsisten sehingga bisa menjadi sebuah formulasi yang baik dan sempurna . Banyak pebisnis yang gagal hanya karena mereka kurang memperhatikan hal yang satu ini.meskipun faktanya hal ini sulit dilakukan,toh banyak juga yang sudah membuktikan betapa pengaruh disiplin membawa dampak postif dalam bisnis dan karier seseorang.

Semoga ke-empat poin diatas bisa menjadi semacam refleksi atas seberapa kuatnya keinginan Anda untuk berhasil dan meraih sukses. Ada satu kalimat yang seringkali saya sampaikan kepada teman teman yang datang dan menanyakan tentang apa pentingnya sebuah perjuangan .

“ Tuhan memberi makan kepada setiap burung, Tapi tidak dengan melemparkan kedalam sangkarnya “.

69 Comments

  1. Indonesia memerlukan banyak wirausahawan baru mas. Makin banyak wirausahawan maka akan semakin banyak juga daya serap tenaga kerja kita. Sehingga tidak perlu masyarakat kita berbondong-bondong mencari nafkah di luar negeri.

    Ane stuju banget dengan statement terakhir mas, bahwasanya Tuhan memberi makan kepada setiap burung tetapi Tuhan tidak melemparkan makanan ke dalam sangkarnya.

    Salam kenal….

    • Semoga kita semua bisa menjadi wirausahawan yang unggul…

  2. saya masih sering angin2an nih masalah ke4 poin tersebut mas…
    berarti belum jadi entrepenuer sejati…
    harus berusaha lebih keras! lebih komitment lagi nih!

  3. saya termasuk entrepreneur sejati gak ya?

  4. “Nice artikel, inspiring ditunggu artikel – artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim’s :)”

  5. Halo, pak kabar?
    Makasih tipsnya, salam sukses!

  6. Saya rasa disiplin dan percaya diri lah yang membuat seseorang menjadi seorang entrepreneur yang handal dan tidak lupa berkat Tuhanlah yang membuat kita semakin handal

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa Motivasi Bisnis Anda ? | Sellyoktaviany's Blog - [...] elektronik lainnya bahwa saat ini banyak tumbuh perguruan tinggi yang berfokus pada penciptaan entrepreneur-entrepreneur baru. Belum lagi kita sudah …
  2. Eat , Pray , Business and Marketing | Sellyoktaviany's Blog - [...] beberapa minggu lalu saya sempat terlibat dalam sebuah obrolan santai dengan para praktisi dan pebisnis yang telah lama berkecimpung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>