Mengatasi Jenuh…

Posted by on Jan 18, 2010 in marketing, Uncategorized | 93 comments

JenuhTentu pernah mendengar istilah ‘bored to death’, ‘kan? Meskipun terdengar sepele, namun rasa jenuh memang seringkali terasa bisa ‘membunuh’. Selain kerja menjadi tidak produktif, pengaruhnya pada tubuh juga buruk, sama halnya seperti saat Anda mengalami stress di tempat kerja. Belum lagi dampak emosional, seperti keinginan untuk ‘lari’ atau resign dari pekerjaan. Namun, jangan kuatir, Anda tidak sendirian. Siapa pun pernah mengalaminya. Rasa jenuh memang hampir tidak terelakkan dalam setiap pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan rutin dan monoton yang bisa menyebabkan kejenuhan, misalnya seperti yang Anda alami saat ini setelah 15 tahun bekerja. Pekerjaan yang kurang menantang, tidak memberikan otonomi dan tanggung jawab yang berarti pun bisa memicu timbulnya jenuh.

Pada dasarnya otak manusia selalu membutuhkan stimulasi dan tantangan. Hal ini yang menjadikan kita bersemangat mengerjakan tugas baru, karena otak bekerja untuk mengatasi tantangan yang diberikan. Setelah kita menguasai tugas baru tersebut, antusiasme kita kerap turun, timbul rasa jenuh karena otak secara otomatis hanya tinggal mengulang saja. Karenanya, jadikan jenuh sebagai alarm/tanda untuk segera mencari stimulasi baru di pekerjaan, memancing kreativitas dan menggali kesempatan pengembangan diri Anda.

Berikut ini beberapa saran hal-hal yang dapat Anda perhatikan, dan dapat coba diterapkan untuk mengatasi Jenuh:

1.Temukan hal-hal yang baru terus menerus.

Bisa mulai dengan hal-hal sederhana seperti merubah lay-out meja kerja, mengganti penampilan dan gaya busana, atau meminta tugas-tugas atau tanggung jawab baru pada atasan. Bertemulah dengan orang-orang baru. Perbanyak senyum, dan berinteraksilah dengan orang-orang di sekitar Anda, baik atasan, rekan kerja maupun bawahan dengan cara dan semangat baru.

2.Terus belajar

Kita perlu memuaskan keinginan otak akan informasi baru dengan mempelajari hal-hal baru. Pelajari hal-hal baru dalam pekerjaan. Jika memungkinkan, ajukan permintaan untuk mengikuti pelatihan atau kursus. Belajar akan meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan kita untuk melakukan tugas yang lebih menantang

3.Kreatif dan Proaktif

Cari ide-ide segar untuk memperindah pekerjaan Anda atau memberikan masukan untuk tim kerja. Buat juga target kerja yang jelas dan menantang, dan jika Anda berhasil mencapai target, beri ‘hadiah’ pada diri Anda sendiri. Selain itu, meskipun ada prosedur dalam bekerja, jangan lupa memberi ‘sentuhan pribadi’ dalam pekerjaan. Jangan menunggu dan merespons hanya saat mendapat penugasan dari atasan.

4.Alokasikan waktu untuk diri sendiri.

Hanya ‘hidup’ untuk pekerjaan akan mudah memicu kebosanan. Lakukan kegiatan yang Anda sukai sebelum berangkat kerja, seperti mendengarkan musik, berolahraga untuk menciptakan mood positif sebelum mulai bekerja. Jika perlu ambil liburan atau cuti untuk memanjakan diri sendiri.

Semoga berhasil memerangi jenuh dan kembali dapat menjalani kehidupan kerja dengan efektif dan bahagia!

93 Comments

  1. mugnkin banyak faktor yang bis membikin orang jenuh, mas andry, bukan semata-mata menghadapi pekerjaan, tapi juga persoalan keluarga atau mikirin hutang, hehe .. bawaannya kalu dah jenuh, kerja apa pun jadi males. untung ada tips-nya. layak dijadikan rujukan nih. makasih infonya.

  2. ngeblog adalah obatku untuk mengatasi kejenuhan..
    tipsnya mantab gan..
    jenuh membutuhkan suasana baru..
    salam kenal ya..

  3. mang harus kita hadapi,nama nya juga konsekuensi pekerjaan

  4. Tips yang bagus,
    salam kenal mas :D

  5. jalan-jalan aja bro
    berwisata ke alam untuk menenangkan pikiran
    supaya kembali fresh lagi

  6. Jenuh, biasanya saya mencari buku bacaan. Segar kembali mendapat ilmu-ilmu baru. Tak harus buku baru, buku lama juga menyenangkan.
    Poin-poin di atas menawarkan alternatif yang lebih beragam lagi. Boleh niy, untuk diingat jikalau suatu saat kejenuhan menghampiri saya.

  7. Tips nomor 4 atau yang lebih dikenal dengan refreshing memang sangat efektif mas.

  8. wah aku banget tu, sedang jenuh. sedang miskin ide ni.

  9. tips yg bermanfaat sekali, mas..
    kebetulan saya lagi butuh tips seperti itu :)

  10. hi,, salam kenal ya…
    mudah2an tdk jenuh sbg blogger & ttp aktif mengirimkan posting2 :)

  11. kalau jenuh sih biasanya lihat langit….

  12. gak jenuh kan didatangi? :)

  13. Saat jenuh, curhat ke temen ato Orang yang kita sayangi…
    :D

  14. makasih postingannya, bermanfaat untuk saya (_ _)

  15. hehehehe… coba deh keliling kota sambil menghilangkan komputer di depan mata

  16. Tips yang sangat bermanfaat mas…karena memang sering kali kita lupa dengan kejenuhan kita yang terus kita paksakan untuk mendapatkan hasil apa yang kita inginkan..padahal seperti mas andry sebutkan, bahwa perlu mengalokasikan waktu untuk diri kita sendiri, santai, istirahat, dan tenang…

    terima kasih mas andry..Salam Hangat..

  17. Kalau jenuh dgn pekerjaan, biasanya sy tinggal dulu trs cari kegiatan lain menurut kata hati. Atau duduk diam, rilek aja ga mikir apa2. Energi cepat kembali lagi. Semangat ^_^

  18. kalo jenuh biasanya saya tidur, bangun tidur kalau masih jenuh saya makan heheh trus tidur lagi, parahhhh

  19. Jenuh itu kue apa ya…? belinya di mana?

  20. Emang susah ngilangi kejenuhan..slam kenal….

  21. Mas Andry kalau komen-komen dari rekan dibalas, tentu lebih interaktif dan lebih dekat dengan para pengunjung.

    Salam spektakuler !

  22. Kalo jenuh? yaaa.. liburan n do whatever we wanna do.. asyik kalee boss.. tnx dah mampir yaah..

  23. jenuh???
    jalan2 aja mas

  24. Wah yg komen dah berjibun nich! Blog anda ramai ya! Salam knal dr Mas Paidi!

  25. Mantep broo, blog agan rame sekali ya, yang komen udah menumpuk nich!
    Oya salam knal aja buat agan!

  26. TErima kasih artikelnya, terima kasih juga sudah mampir ke ‘rumah’ saya.
    Minggu kemaren saya hujan-hujanan demi menemukan ide baru, dan tidak jenuh. Hasilnya not bad… plus flu sampai hari ini, hehe

  27. capek n jenuh…makanya saya mampir keblog ini….bagus banget bro postingnya.

  28. thanks bgt buat kunjunganya..sorii ke tangkep akismet sob^^
    klo jenuh dengerin musik aja…

  29. kreatif dan produktif… itulah yang baru dpat saya pahami dari pemaparn diatas ;)

  30. nice post,, oke,, ntar dech dicoba

  31. Saya pernah minta tambahan tanggung jawab ke Bos. Tapi dijawab mau nambah kerja apa lagi, wong perusahaan sudah sangat kepadatan karya … gitu. hehheh

    Mas Ben
    http://bentoelisan.blog.com

  32. makasih tipzna smoga kejenuhan dan kepenatan akan menjauhhh dari ku hehhee

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

  33. thx tipsnya. dan terima kasih atas kunjungannya

  34. salah satu cara saya untuk mengatasi rasa jenuh pada antrian panjang objek wisata atau dokter adalah: Memainkan gitar atau seruling.

    Saya tak peduli orang lain pada lihatin semua. Yang penting, rasa jenuh sangat-sangat terusir.

    Sejauh ini untunglah belum ada yang protes. Malah pernah ada yang puji saya :lol: :lol:

  35. Yg nomor empat yg jarang kulakukan, Mas. Udah nyadar sih. Tp tetep aja nggak sempet. Suatu hari lah, suatu hari …..

  36. sesuai yang anda bilang, saya sering sekali terserang rasa jenuh dengan pekerjaan saya. dan saran2 nya, akan saya coba. semoga saja bisa membantu menghilangkan kejenuhan saya

  37. blogwalking…
    wah kiat2 berbisnis, gud luck sll ea…

    btw, lam kenal n salam sayank….

  38. TErima kasih banyak mas andry atas tipsnya.kebetulan saya terkadang jenuh menghadapi situasi pekerjaan.Saya akan mencobanya sebisa mungkin untuk mengatasinya.

  39. makasih pencerahannya.. perlu banget nih motivasi.. :)

  40. ane ga nyesel dapet info menarik dari website ini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>