Character Building dan mekanismenya

Posted by on Nov 17, 2009 in motivational | 18 comments

character building dan mekanismenyaAda kejadian menarik saat seorang teman , yang notabene adalah pengusaha muda di bidang distibusi alat komunikasi , datang  dan mengeluh pada saya mengenai menurunnya volume penjualan selama  tiga bulan berturut urut . Hal ini jelas mebuat ia terlihat agak depresi dan dihantui oleh kemungkinan gulung tikar.

Setelah sekian lama saya mendengarkan cerita dan keluh kesahnya, akhirnya saya berkesimpulan bahwa menurunnya volume penjualan lebih disebakan oleh masalah komitmen , integritas , motivasi dan kreatifitas serta konsistensi dari para karyawan perusahaan tersebut. Setelah berpikir sejenak, saya menyarankan kepada teman tersebut agar segera mengambil langkah dramatis sebab kemungkinan terburuknya adalah pailit. setiap pagi sebelum dimulainya segala pekerjaan diadakan motivational training yang dikemudian hari diberi nama“Morning briefing “ yang memakan waktu lebih kurang 30 menit selama enam bulan berturut turut.  Materi yang diberikan bukanlah masalah teknis tetapi tentang komitmen, integritas, berpikir merdeka,visi ,arti kerja keras, daya tahan dan juga kreatifitas. Dan ternyata hasilnya menakjubkan , mulai terjadi peningkatan volume penjualan secara signifikan dan tak jarang melebihi target yang telah ditentukan.

Motivasi – hal pertama yang harus ada.

Mengambil hikmah dari pengalaman yang saya alami tersebut, saya berkesimpulan bahwa keberadaan motivasi memang mutlak diperlukan , Ini juga yang kemudian ditangkap oleh seorang sahabat bernama Mas Sumartono , empunya catatansmart.com , dalam sebuah artikel yang beliau tulis secara lugas mengulas mengenai pentingnya motivasi.

Character Building

Saya ingin menjelaskan lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan “ Pembangunan Karakter “ yang kemudian dianggap oleh kebanyakan orang sebagai hal yang sangat menentukan atas keberhasilan seseorang.

Hal ini memang sudah terbukti secara ilmiah bahwa Motivasi merupakan asal muasal atau partikel awal terbentuknya “ karater “ seseorang. Sehingga apabila “ karakter”nya sudah baik maka hampir bisa dipastikan dia akan berhasil atas apa yang ia perjuangkan.

Menurut Robert K. Coper PhD ; “ Hati mengaktifkan nilai nilai kita yang terdalam,mengubahnya dari sesuatu yang kita pikir menjadi sesuatu yang kita jalani.Hati mampu mengetahui hal hal mana yang tidak boleh  atau tidak diketahui oleh pikiran kita.

Hati adalah sumber keberanian dan semangat serta integritas dan komitmen yang utuh.Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yang menuntut kita  terus melakukan pembelajaran,menciptakan peluang ,menciptakan kerjasama, serta keinginan untuk melayani yang terbaik dari diri kita.

Mekanisme Character Building

Banyak contoh disekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdsan otak,gelar yang tinggi, belum tentu menjadi insan yang sukses. Bahkan sebaliknya orang orang yang berpendidikan seadanya namun dengan kemauan hati yang kuat justru mampu menjadi pemenag ditengah persaingan yang sangat berat. Sebab mereka memiliki ketangguhan,inisiatif dan optimisme yang kuat.

Saya akan megambil sebuah pandangan tentang ” Pembangunan Karakter ” dari Stephen R covey :

Taburlah gagasan,petiklah perbuatan,taburlah perbuatan,petiklah kebiasaan,taburlah kebiasaan,petiklah karakter dan taburlah karakter maka petiklah nasibmu …

Artinya, untuk membangun suatu Karakter yang kokoh,baik dan sukses tidaklah cukup hanya dengan mambaca buku,bahkan pelatihan pelatihan yang memakan waktu lama. Namun , dibutuhkan sebuah mekanisme yang terarah dan tiada henti serta berkesinambungan. Karakter pada akhirnya dipandang sebagai sekumpulan kebiasaan yang terkoordinasi dari apa yang kita pikirkan , rasakan dan kerjakan agar seberat apapun tugas yang ada didepan mata kita dapat terselesaikan dengan baik dan sukses.

18 Comments

  1. Pertamax……Terima kasih atas track backlinknya !

  2. Motivasi adalah amunisi yang tiada tara, karena motivasilah bisa membangkitkan seseorang sebelum atau sesudah jatuh disaat seseorang sudah kehilangan daya juangnya.

    Dan untungnya Yang Maha Esa menganugerahkan sifat ini sebagai sifat dasar yang dimiliki oleh manusia, tinggal bagaimana kita memaksimalkan peranannya baik lewat diri sendiri ataupun lewat media orang lain.

    Salam spektakuler Mas Andry

  3. Salah satu kepercayaan seseorang membeli produk kita via internet, karena karakter yang yang telah kita tunjukkan di blog pribadi.

  4. kalo pembangunan karakter bisa ga dari pengaruh lingkungan tempat tinggal dan keluarga..?

  5. kalo penerapan pembangunan karakter dan budaya perusahaan kepada setiap pekerja mana yang lebih penting mas…?

  6. saya kira yang menjadi bahan bakar utama pembentukan karakter diri adalah motivasi.. thanks for sharing mas keep postong

  7. Mas tukeran link youu …

  8. artikel yang mantap sekali mas andry (duh mesti serasa manggil diri sendiri kalo disini) -_-a
    karakter memang menentukan keberhasilan seseorang :)
    bener juga ya… orang yang pintar dalam pendidikan belum tentu berhasil..
    justru yang biasa2 malah banyak yang berhasil…
    saya sempat mikir kok aneh bisa seperti itu..
    ternyata karakter lebih utama :)

  9. Karakter yang tepat akan turut berpengaruh pula dalam kesuksesan kita..
    artikel yang menarik , mas Andry..
    salam sukses :)

  10. I like this … “Taburlah gagasan,petiklah perbuatan,taburlah perbuatan,petiklah kebiasaan,taburlah kebiasaan,petiklah karakter dan taburlah karakter maka petiklah nasibmu” :)

  11. Bagus, bagus…
    Saya suka tulisan sampeyan, halak hita. Salam

  12. I like this … Taburlah gagasan,petiklah perbuatan,taburlah perbuatan,petiklah kebiasaan,taburlah kebiasaan,petiklah karakter dan taburlah karakter maka petiklah nasibmu …

  13. untuk mendapatkan karakter yang bagus tidak sebentar waktunya.
    Dibutuhkan konsitensi akan kebiasaan yang baik
    Setuju dgn yg di katakan Covey :)

  14. karakter itu memang penting, maka janganlah kita menerima semua pendapat orang lain, pilih pilih mana yang cocok dengan karakter kita…

  15. Saya jadi ingat waktu kerja praktek di Telkom beberapa bulan yang lalu. mereka selalu memulai pagi dengan sharing session seperti yang tulang sarankan ke teman tulang.perusahaan besar seperti telkom saja mau melakukannya, tentu perusahaan2 yang sedang berkembang juga tak salah klw mencobanya..

    thx atas artikel nya..

  16. Karakter yang dibangun dengan salah akan menghasilkan kesalahan pula di kemudian hari….

  17. Hmm..jadi hukum tabur tuai ya yang berlaku mas Andry? setuju mas…:D

  18. Hmm.. itu kenapa gaung pendidikan karakter terutama untuk PAUD sedang banyak dibicarakan yah.. Trims mas Andry saya dapat pencerahan nih.. ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>