6 Langkah Jitu dalam proses penciptaan produk

Posted by on Aug 28, 2009 in marketing | 3 comments

images123

Dalam Pemasaran istilah produk berarti Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada Pasar untuk dikonsumsi,dinikmati

atau dihabiskan nilai guna nya. Tetapi semudah itukah

menciptakan sebuah produk ?


Saya berkesimpulan bahwa ada enam langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang marketer sebelum ia benar benar menciptakan sebuah produk yang bernilai bagi konsumennya, enam langkah tersebut adalah :

  • Lakukan Riset

Untuk mengetahui produk apa yang benar benar dibutuhkan oleh pasar ,

Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang saya maksud disini tidak melulu merupakan proses yang rumit dan berbiaya besar. Anda dapat memanfaatkan berbagai media yang menyajikan berbagai hasil observasi maupun yang sudah merupakan data valid yang menggambarkan kecendrungan pasar menyerap produk , bahkan Anda juga dapat memanfaatkan beberapa situs , baik yang secara langsung ataupun tidak langsung menyajikan beberapa keterangan mengenai opini dan atau juga harapan dari pasar mengenai lahirnya sebuah produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.

  • Gunakan Jasa Ahli

Meskipun hal ini ber- biaya lumayan besar namun tidak ada salahnya menggunakan jasa pihak ketiga yang lebih ahli dan lebih berpengalaman dalam bidang perancangan produk yang akan kita pasarkan.

Pihak ketiga juga dapat memberikan kita bahan pertimbangan lain , yang pada akhirnya meningkatkan Efisiensi juga secara keseluruhan.

  • Ciptakan Produk yang Anda Menaruh Hati padanya

Meski terdengar agak mellow, tapi hal ini akan sangat mempengaruhi performa dan kinerja Produk Anda secara signifikan. Hati yang baik akan membuka jalan bagi datangnya keberuntungan dan kesuksesan. Bukankah kita mempercayai bahwa keberuntungan turut berperan penting bagi hidup kita?

  • Pertanyakan apakah produk Anda Saleable ?

Langkah yang satu ini juga tak kalah pentig dari langkah – langkah sebelumnya. Banyak produk yang sudah lama di-launch tapi margin penjualannya belum meningkat secara signifikan , hal ini bisa jadi karena produknya tidak Saleable .

Pebisnis harus melihat secara jeli relung pasar mana yang akan dimasuki ?

Apasajakah subtistusi dari produk yang akan kita ciptakan?

Bagaimana karateristik pasar yang kita tuju?

Pertanyaan tersebut harus segera mendapatkan jawaban yang pada akhirnya akan mempengaruhi proses mencipta atau merancang sebuah produk .

  • Lakukan Analisa Pesaing

Untuk bisa menang di belantara persaingan yang sangat keras. Pebisnis di tuntut untuk dapat segera memberikan respons yang cepat terhadap manuver – manuver yang dilakukan oleh pesaing . Maka penting bagi para pebisnis untuk secara dini megetahui dan mengenal karateristik pesaing pesaing nya.

  • Berikan Nilai Tambah yang Lebih Besar dibandingkan Harga yang ditawarkan

Harga , untuk beberapa relung pasar bukanlah masalah yang besar. Namun satu hal yang pasti mereka berharap akan mendapatkan nilai yang memuaskan kebutuhan mereka. Maka pebisnis sebisa mungkin harus menciptakan sebuah produk yang tidak hanya berkualitas , tapi juga memiliki Nilai Guna yang lebih besar daripada harga yang mereka tawarkan

3 Comments

  1. Terimakasih atas materinya, sekarang saya jadi punya keberanian untuk memcoba membuat produk.
    Keep blogging mas !!!

  2. pas banget langkah – langkahnya efektif banget mas…

    selalu semangat!

  3. Good tutorial Sob…
    Salam kenal juga….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>